Cara Mengatur Sensitif Layar Samsung

Masalah sensitivitas layar hp termasuk kendala yang kerap terjadi, jika layar hp Samsung terkena oleh percikan air, bahakn terjatuh tanpa sengaja. Saat hp tergores dan terjatuh, komponen yang dilihat pertama kali adalah layar hp. Jika hp Samsung mengalami penurunan sensitivitas, kalian bisa coba cara mengatur sensitif layar Samsung.

Kerusakan pada layar hp sebenarnya bukan dikarenakan masalah terjatuh atau tergores. Ada beberapa permasalahan lainnya yang memicu kerusakan pada layar hp. Jika kalian ingin mengatur sensitivitas pada layar Samsung, sebaiknya ketahui dulu apa saja penyebab yang membuat layar Samsung kurang sensitif.

Penyebab Sensitivitas Layar Hp Samsung Menurun

Sebelum membahas bagaimana cara mengatur sensitive layar Samsung, ketahui dulu penyebab layar Samsung menjadi kurang sensitive saat disentuh. Simak penyebabnya berikut :

1. Terkena percikan air

Ketika air langsung mengenai layar Samsung, maka sensitivitas layar akan berkurang. Terkadang layar hp Samsung seperti bergerak sendiri walaupun kita tidak menyentuhnya sama sekali. Kecuali jika layarnya sudah dilengkapi dengan teknologi anti air, maka bukan masalah besar lagi.

2. Terkena Debu

Debu berbentuk seperti partikel-partikel kecil, karena itu biasanya jarang terlihat. Jika layar dipenuhi oleh debu, maka layar menjadi kurang responsif saat menyentuhnya akibat terhalang partikel debu.

3. Hp Terjatuh

Hp terjatuh dan menimpa benda keras, bisa mengakibatkan komponen hp mengalami kerusakan. Sehingga bisa saja mengurangi tingkat sensitivitas pada layar hp. Apalagi jika terkena komponen khusus yang berkaitan dengan layar, selain membuat layar kurang responsive, juga bisa membuatnya tidak dapat dioperasikan sama sekali.

4. Overhead

Overhead atau panas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan layar menjadi kurang sensitive. Hal ini terjadi karena layar langsung menempel ke dalam berbagai perangkat di dalamnya. Hal inilah yang membuat panas dari bagian dalam komponen dihantarkan ke layar, sehingga membuat sensitivitas pada layar berkurang.

4. Layar Hp Samsung Harus Diganti

Seiring lamanya penggunaan hp Samsung, bisa membuat komponen-komponen perangkat menjadi berkurang kinerjanya. Begitu pula pada layar hp Samsung, yang memungkinkan tingkat sensitivitas pada layar semakin berkurang. Bahkan bisa saja mengalami kerusakan.

5. Radiasi Signal

Terlalu sering terkena radiasi signal bisa menyebabkan layar Samsung kurang sensitive. Oleh karena itu, apabila hp tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama lebih baik dimatikan saja. Terutama ketika kalian sedang tidur atau beristirahat.

6. Goresan Pada Layar

Jangan anggap goresan pada layar tidak mengurangi tingkat sensitivitas layar hp Samsung. Sebab seringkali masalah masalah sensitiitas layar yang berkurang timbul karena adanya gesekan antara benda lain dengan layar, yang menyebabkan munculnya goresan.

Cara Mengatur Sensitif Layar Samsung

Cara Mengatur Sensitif Layar Samsung
Mengatasi Layar Samsung yang Kurang Sensitif

Jika sudah mengetahui penyebab kenapa layar hp Samsung kurang sensitive, tentu saja kalian harus mencegah hal-hal di atas agar performa layar Samsung tetap baik. Akan tetapi, jika ternyata performa layar hp Samsung yang menurun sudah tidak dapat dihindari, kalian bisa coba cara mengatus sensitif layar Samsung.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatur sensitivitas pada layar Samsung? Begini panduannya :

1. Pengaturan Sensititivitas Layar

Metode 1 : Pengaturan Sensitivitas Layar Pada Samsung Lama

Kalian bisa mencoba cara mengatur sensitif layar pada hp samsung dengan mengakses menu pengaturan di perangkat Samsung. Caranya cukup mudah, kalian bisa mempraktekannya sendiri pada perangkat hp kalian.

Metode ini berlaku bagi seri Samsung lama, diantaranya pada Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy J7 Pro, dan seri Samsung lainnya. Cek tutorialnya berikut :

  • Buka menu settings terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, pilih menu Display & Wallpaper.
  • Silahkan buka menunya.
  • Cari pilihan increase touch sensitivity.
  • Tekan pilihan tersebut, selanjutnya atur menyesuaikan keinginan.

Metode 2 : Mengatur Sensitif Pada Hp Samsung Seri Terbaru

Mengingat tampilan pada hp Samsung seri terbaru dan seri lama berbeda, maka cara mengatur sensitif layar Samsung pada kedua seri ini tentu saja berbeda.

Bagi pemilik hp Samsung seri terbaru, kalian bisa mengakses menu pengaturan dengan langkah-langkah berikut :

  • Pada hp Samsung seri terbaru, buka menu settings terlebih dahulu.
  • Selanjutnya silakan klik pada Display atau Tampilan.
  • Masuk ke opsi Touch Sensitivity atau Sensitivitas Setuhan.
  • Kini kalian dapat mengatur tingkat sensitivitasnya.

Inti dari pengaturan sensitivitas layar Samsung baik seri lama maupun seri terbaru sebenarnya sama saja. Hanya saja perbedaannya adalah dari segi tampilan menunya.

2. Membersihkan Layar Hp

Jika masalah layar hp kurang sensitif dikarenakan layarnya yang terkena debu, kotoran atau sedikit percikan air, kalian bisa membersihkannya.

Cara mengatur sensitif layar Samsung dengan membersihkan layar hanya membutuhkan lap halus dan bersih untuk mencegah terjadinya goresan pada layar. Berikut tutorialnya :

Membersihkan Layar Hp Samsung dengan Lap
  • Siapkan lap halus terlebih dahulu.
  • Selanjutnya usapkan lap tersebut pada layar hp secara pelan-pelan jangan.
  • Agar hasil yang maksimal, sebaiknya lap layar menggunakan pola searah jarum jam. Bisa juga di usap dengan menggunakan lap mulai dari bagian atas hingga ke bawah layar.

Sebagai catatan, jika ingin melakukan proses pembersihan layar hp dengan menggunakan lap, sebelumnya hp harus dimatikan terlebih dahulu.

Kalian juga bisa memakai tisu untuk membersihkan layar hp samsung. Apabila kotorannya sulit dibersihkan, kalian bisa memakai kain dengan sedikit air atau tisu basah yang digosok perlahan.

3. Memakai Pelindung Layar

Ketika membeli hp Samsung baru, biasanya pelindung layar dijual terpisah, jangan lupakan untuk memasang pelindung layar saat baru pertama kali membelinya.

Memasang Pelindung Layar

Hal ini dikarenakan, jika tidak menggunakan pelindung layar, maka goresan atau kotoran akan langusng menempel pada layar hp Samsung kalian.

Untuk harganya cukup bervariasi, ada yang belasan ribu hingga mencapai puluhan ribu rupiah.

Sebagai saran, sebaiknya pakai pelindung original untuk memaksimalkan perlindungan agar layar hp Samsung lebih awet.

4.Ganti Pelindung Layar

Pelindung layar  sendiri agar bisa terlindungi dari goresan oleh penggunanya. Biasanya jika sudah menggunakan hp dalam waktu yang cukup lama, goresan pada layar akan nampak jelas, sehingga bisa mengurangi sensitifitas layar.

Oleh karena itu, sebaiknya ganti pelindung pada layar hp Samsung kalian dengan yang baru.

5. Melakukan Kalibrasi Layar Hp samsung

Cara mengatur sensitif layar Samsung yang selanjutnya adalah dengan mengkalibrasi layar hp. Melalui kalibrasi layar ini, maka tingkat sensitivitas pada layar dapat disesuaikan berdasarkan sentuhan yang telah ditawarkan developer di perangkat Samsung.

Berikut cara kalibrasi pada layar hp Samsung :

  • Buka Pengaturan.
  • Tekan opsi Pengaturan ponsel.
  • Silahkan tekan opsi kalibrasi.
  • Selanjutnya ikuti instruksi untuk kalibrasi.

Proses ini sama seperti kalibrasi ulang perangkat hp. Kalian bisa mengikuti langkah di atas untuk mengatur ulang proses kalibrasi di hp samsung.

Kesimpulan

Jika sensitivitas pada layar hp Samsung menurun, secara otomatis aktiivitas mobile di perangkat Samsung menjadi terhambat. Namun jangan khawatir, karena kalian bisa mengatasinya dengan cara mengatur sensitif layar hp Samsung.

 

Related posts