Cara Tambah Daya PLN

Cara Tambah Daya PLN
Cara Tambah Daya PLN

Bagaimana cara tambah daya PLN? Ya, kondisi listrik yang sering mati akibat banyaknya penggunaan alat elektronik di rumah, tentu saja memungkinkan kita harus menambah daya PLN. Hal ini bertujuan, agar listrik di rumah tetap stabil meskipun kamu menggunakan beberapa peralatan elektronik.

Cara Tambah Daya PLN

Cara Tambah Daya PLN
Cara Tambah Daya PLN

Daya listrik cukup penting diperhatikan terutama jika kamu memiliki banyak peralatan listrik yang membutuhkan daya lebih seperti AC, kulkas, oven, dan lainnya. Begini cara menambah daya PLN :

Read More

1. Periksa Kebutuhan Daya Listrik

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan sebelum memutuskan akan menambah daya listrik atau tidak adalah dengan memperkirakan kebutuhan daya listrik yang Kamu butuhkan setiap harinya.

Kamu dapat memperkirakan kebutuhan daya dengan mengetahui daya masing-masing peralatan listrik yang terpasang di rumah kemudian menjumlahkannya.

Daya listrik dapat dihitung dalam satuan Watt (W). Setelah Kamu mengetahui jumlah daya total yang dibutuhkan, sekarang kamu dapat memutuskan berapa daya listrik yang akan Kamu tambah dari daya listrik sebelumnya.

2. Hubungi PLN

Setelah memperkirakan kebutuhan daya listrik di rumah, Langkah selanjutnya adalah dengan menghubungi PLN setempat. Kamu dapat menghubungi PLN dengan cara datang langsung ke kantor cabang terdekat atau bisa juga melalui telepon.

Nantinya PLN akan mengirimkan petugas ke rumah kamu untuk pemeriksaan lanjutan terkait instalasi listrik dan memperkirakan biaya jika ingin menambah daya listrik.

3. Bayar Biaya

Pemasangan akan dilakukan oleh petugas apabila pemeriksaan instalasi listrik Kamu sudah selesai. Nantinya petugas PLN akan memberi tahu berapa estimasi biaya untuk menambah daya listrik.

Adapun untuk biaya pemasangan tergantung pada kebutuhan daya listrik dan kondisi instalasi listrik di rumah. Jika setuju dengan biaya tersebut, segera dibayarkan dan kamu tinggal menunggu pemasangan penambahan daya listrik di rumah.

4. Tunggu Pemasangan

Setelah membayar biaya pemasangan, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menunggu sampai petugas PLN memasang alat listrik baru di rumah Kamu.

Proses pemasangan akan memakan waktu beberapa hari berdasarkan dari kepadatan jaringan PLN dan kondisi instalasi listrik di rumah Kamu. Oleh karena itu, pastikan estimasi waktu pemasangan kepada petugas PLN jangan sampai aktivitas yang dilakukan sehari-hari di rumah terganggu.

5. Uji Coba dan Konfirmasi

Setelah instalasi listrik baru selesai dipasang, selanjutnya petugas PLN akan menguji sistem listrik yang sudah terpasang tersebut. Jika semuanya berjalan lancar, maka kamu akan segera menerima konfirmasi bahwa daya listrik di rumah telah ditingkatkan.

6. Pasang Alat Penghemat Energi

Agar dipastikan juga memasang alat penghemat energi di rumah Kamu. Penting sekali pemasangan alat ini karena dapat membantu mengurangi penggunaan daya listrik berlebih dan tentunya dapat menghemat tagihan listrik Kamu setiap periode tertentu.

7. Periksa Instalasi Listrik

Setelah pemasangan, Kamu hanya perlu memastikan pemeriksaan instalasi listrik di rumah dengan teratur. Pastikan agar tidak ada kabel yang terkelupas atau terbuka. Selain itu, pastikan juga instalasi listrik Kamu aman dan terawat dengan sangat baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Melakukan Pemasangan Baru

Ini adalah alternatif terakhir untuk menambah daya listrik apabila daya listrik di rumah atau gedung masih sangat kecil sehingga harus memasang daya yang lebih besar. Pemasangan baru ini tentunya harus mengikuti prosedur yang ada terutama persyaratan yang telah ditentukan oleh PLN.

Itulah beberapa cara tambah daya PLN yang dapat Kamu lakukan. Pilihlah salah satu cara di atas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing.

Related posts