Cara Memperbaiki Listrik Konslet (Sendiri) 7 Metode!

Cara Memperbaiki Listrik Konslet
Cara Memperbaiki Listrik Konslet

Masalah listrik konslet tentu sangat mengganggu, bahkan jika dibiarkan bisa sangat berbahaya. Saat konsleting listrik terjadi, maka yang harus dilakukan adalah dengan memperbaikinya segera, agar terhindar dari risiko kerusakan atau kebakaran. Lantas, bagaimana cara memperbaiki listrik konslet?

Kamu harus tahu bahwa untuk mengatasi listrik yang konslet membutuhkan keahlian teknis yang memadai. Jadi, jika tidak merasa yakin melakukannya sendiri, alangkah baiknya untuk menghubungi teknisi listrik yang berlisensi agar mereka membantumu memperbaikinya. Bisa juga dengan memanggil salah satu pegawai PLN.

Cara Memperbaiki Listrik Konslet

Cara Memperbaiki Listrik Konslet
Cara Memperbaiki Listrik Konslet

Jika ingin mencoba memperbaiki korsleting listrik, ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan berikut ini :

1. Cara Memperbaiki Listrik Koslet dengan Matikan Sumber Listrik

Pertama yang harus dilakukan adalah mematikan sumber listrik untuk area yang terkena konsleting. Temukan kotak pemutus sirkuit (circuit breaker) atau kotak saklar (fuse box) lalu matikan aliran listrik ke area yang terkena masalah. Pastikan mematikan seluruh sirkuit yang terkait dengan area tersebut.

2. Cara Memperbaiki Listrik Konslet dengan Mengidentifikasi Kerusakan

Setelah mematikan listrik, cek area yang terkena konsleting. Pemeriksaan visual dapat membantu kamu dalam melakukan identifikasi kabel yang terbakar, korsleting, atau perangkat elektronik yang rusak. Perhatikan apakah ada bau hangus atau tanda-tanda kebakaran. Jika ada bau hangus yang kuat atau api, segera keluar dari rumah dan hubungi pemadam kebakaran.

3. Perbaiki Kabel Terbakar atau Rusak

Jika telah menemukan kabel yang terbakar atau rusak, cara memperbaiki listrik konslet selanjutnya pastikan untuk mematikan listrik dari sumbernya. Gunakan alat pemotong kabel atau pengupas kabel yang tepat untuk menghilangkan bagian yang terbakar atau rusak dari kabel.

Setelah itu, pasang kembali terminal kabel atau konektor dengan hati-hati. Pastikan kabel terpasang dengan aman dan tidak ada kontak antara kabel yang terbungkus dengan kabel lainnya.

4. Ganti Sekring atau Fuse yang Terbakar

Jika kerusakan terjadi pada sekering atau fuse, segera lepaskan fuse yang terbakar dari kotak saklar atau kotak pemutus sirkuit. Gantilah dengan fuse yang baru dengan kapasitas yang sama. Pastikan untuk menggunakan fuse yang sesuai dengan kebutuhan listrik pada peralatan yang terhubung pada sirkuit tersebut.

5. Periksa Stop Kontak atau Saklar yang Rusak

Seringkali masalah konsleting disebabkan oleh stop kontak atau saklar yang rusak. Periksa dengan cermat stop kontak atau saklar yang terlibat dalam konsleting di setiap sudut ruangan yang terhubung dengan kelistrikan. Jika melihat tanda-tanda kerusakan fisik atau bekas terbakar, sebaiknya ganti dengan yang baru. Pastikan untuk mengikuti petunjuk instalasi yang benar.

6. Tes Kembali Sistem Listrik

Setelah melakukan perbaikan dan penggantian yang diperlukan, hidupkan kembali sumber listrik dari kotak pemutus sirkuit atau kotak saklar. Periksa apakah semua peralatan dan sirkuit berfungsi dengan baik. Pastikan tidak ada lagi gejala korsleting, seperti lonjakan atau redupnya cahaya lampu, percikan atau suara aneh, atau bau hangus.

7. Panggil Teknisi Listrik

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, namun masih mengalami masalah listrik konslet, sebaiknya memanggil teknisi listrik berlisensi. Mereka memiliki pengetahuan dan alat yang tepat untuk mengatasi masalah yang lebih kompleks. Selain itu juga, dapat membantu memastikan keselamatan sistem kelistrikan yang bermasalah.

Kamu dapat mecoba 7 cara memperbaiki listrik koslet di atas. Namun sebelumnya, penting untuk mematikan sumber listrik terlebih dahulu, mengidentifikasi kerusakan, dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Namun, jika tidak yakin memperbaikinya sendiri, disarankan untuk memanggil teknisi listrik berpegalaman karena keselamatan adalah hal yang paling utama.

Related posts