Cara Save Google Docs

Cara Save Google Docs
Cara Save Google Docs

Bagaimana cara save Google Docs? Google Docs adalah layanan pengolah data atau kata yang dapat digunakan oleh setiap orang secara gratis. Platform ini sendiri di operasikan secara online, sehingga siapapun dapat dengan mudah melakukan editing di mana saja. Disamping itu kamu tidak perlu melakukan Save manual karena Google Docs sudah secara otomatis tersimpan ketika kamu selesai mengedit atau menambahkan kata maupun data pada layanan Google Docs.

Cara Save Google Docs

Cara Save Google Docs
Cara Save Google Docs

Karena Google Docs bersifat online, pertanyaannya apakah data pada Google Docs bisa disimpan secara offline? Jawabannya tentu saja bisa, untuk lebih jelasnya simak pembahasannya di bawah ini :

Read More

1. Menyimpan Dokumen Pribadi

Untuk menyimpan halaman, gambar, maupun dokumen yang kamu lihat pada Google Drive, silakan ikuti Langkah-langkahnya berikut ini :

Langkah 1. Buat Dokumen Google Docs

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi laman resmi Google Docs terlebih dahulu di alamat : https://docs.google.com/document/ pada browser. Saran jika kamu ingin mengedit Google Docs lebih baik menggunakan perangkat komputer atau laptop ketimbang Hp agar lebih leluasa dalam melakukan editingnya.

Untuk Langkah selanjutnya, kamu cukup masukkan alamat email berikut password akun pada saat pertama kali membuka Google Docs sebelum masuk ke dalam tahapan pembuatan dokumen online.

Langkah 2. Membuat Dokumen Online

Sebelumnya, buat dokumen terlebih dahulu dengan klik tombol Blank yang berada di sebelah pojok kiri atas halaman. Namun bila sudah memiliki dokumen sebelumnya, cukup klik dua kali pada dokumen tersebut untuk melanjutkan editing kembali.

Langkah 3. Menyimpan Google Docs

Sebelum menyimpan secara offline, kamu bisa menambahkan judul dokumen yang berada di sebelah pojok kiri atas halaman dengan cara mengetikkan judul sesuai dokumen yang dibuat.

Selanjutnya ketika ingin menyimpan dokumen tersebut, tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan pesan informasi yang menyatakan bahwa perubahan telah disimpan secara otomatis.

Carilah frasa All Changes saved in Drive yang berada di bagian atas halaman, dengan begitu maka dokumen sudah tersimpan secara otomatis.

Sekarang, untuk menyimpan dokumen secara offline, klik ikon Folder yang berada di pojok kiri atas halaman. Pilihlah folder tujuan penyimpanan berkas pada File Explorer dengan cara klik dua kali pada Folder tujuan, lalu klik Move Here pada bagian bawah menu.

2. Menyimpan Dokumen Bersama

Langkah 1. Buka Google Docs

Sama seperti petunjuk pembuatan Google Docs untuk pribadi, yaitu buka terlebih dahulu situs https://docs.google.com/document/ pada browser kamu. Selanjutnya masukan alamat email berikut password yang akan diminta pada halaman Google Docs sebelum melanjutkan.

Langkah 2. Pilih Dokumen Bersama

Sekarang silakan klik dua kali dokumen yang ingin kamu simpan pada akun Drive sendiri. Caranya adalah klik menu File yang berada di bagian kiri atas lalu opsi lainnya akan ditampilkan dalam menu drop-down.

Selanjutnya silakan klik Make a Copy lalu masukanlah nama baru file tersebut. Ketikanlah nama file yang kamu inginkan pada kolom teks bagian atas, maka nama berkas akan muncul dan tersimpan ke dalam akun Drive kamu.

Langkah 3. Download Dokumen

Buka menu File kembali lalu pilih opsi Download As, selanjutnya pilih jenis file yang diinginkan, misalnya docx. Tunggu hingga berkas selesai di download dan Selesai. Dokumen secara otomatis tersimpan pada Folder Documents File Explorer.

Dengan cara save Google Docs di atas, maka kamu bisa menyimpan dokumen yang sudah dibuat di Google Docs, meskipun sebenarnya dokumen tersebut biasanya tersimpan otomatis pada Google Docs.

Related posts