Cara Enter di Google Sheet

Lakukan analisis data yang kamu butuhkan, dengan cepat dan akurat. Semua pengerjaan, bisa dilakukan secara online. Salah satunya, dengan cara enter di Google Sheet. Fasilitasnya gratis, serta peralatan yang tersedia di dalamnya lengkap. Akses selama 24 jam nonstop. Didukung oleh berbagai macam perangkat, seperti laptop, PC, tab, smartphone, hingga iPod.

Basis yang digunakan oleh fitur Google Sheet ini, yaitu Cloud. Definisi dari layanan tersebut, dapat kalian artikan sebagai software yang digunakan untuk keperluan perhitungan data yang dilakukan secara sederhana. Bisa dikatakan, Google Sheet merupakan hasil perpaduan antara Microsoft Excel dan Numbers (Apple). Menariknya, proses editing dapat dilakukan bersama.

Dokumen yang akan kalian sunting (edit), bisa dikerjakan secara langsung oleh lebih dari 1 pemilik data asli. Artinya, satu dokumen tersebut, di waktu yang bersamaan diolah juga oleh pemilik akun Google Sheet lainnya. Hal ini, memungkinkan untuk dilakukan. Apabila, owner dari file aslinya telah memberikan izin kepada orang yang ia bagikan tautannya. Real time.

Cara Enter di Google Sheet

Cara Enter di Google Sheet
Cara Enter di Google Sheet

Cara Buat Lembar Kerja di Google Sheet

Tutorial yang akan disampaikan di bawah ini, berisikan informasi seputar cara memanfaatkan fitur Google Sheet yang telah disediakan oleh pihak Google. Berikut beberapa tahapan yang harus kalian lakukan:

  1. Install aplikasi Google Sheet pada perangkat
  2. Klik pilihan “Go to Google Sheets” untuk memulai pengerjaan
  3. Beranda Google Sheet, pilih “Blank” atau dokumen baru
  4. Isi lembar kosong tersebut, dengan “data” yang akan diolah
  5. Ketuk tombol “Enter” untuk penyimpanan datanya
  6. Impor file atau salin dokumen ke G-Sheet dengan cara copy-paste
  7. Tentukan “format” sesuai kebutuhan (nomor, persentase, dll)
  8. Lanjutkan dengan memilih apakah file ingin di-share atau tidak
  9. Kalau iya, klik piliihan “Bagikan File” di samping akun
  10. Pilih format file penyimpanan > klik “simpan atau save”.
Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

Cara Enter di Google Sheet HP

Google Sheet menawarkan, pengolahan data yang dilakukan dengan bantuan perangkat, dan sudah terhubung oleh jaringan internet (Online). Proses pengerjaannya, tidak jauh berbeda seperti ketika kalian menggunakan Microsoft Excel. Deretan angka, nantinya dimasukkan ke dalam file atau spreadsheet, diolah dengan bantuan formula tertentu. Proses editing juga sama.

Cara enter di Google Sheet hp. Apakah mungkin dapat dilakukan? Tentu saja. Asalkan ponsel kalian sudah diposisikan ke mode online. Entah itu melalui jaringan mobile data, atau koneksi Wi-Fi. Supaya kalian tidak bingung lagi saat operasional fiturnya. Berikut penjelasan lengkap yang bisa kalian adaptasikan dari Ms. Excel ke Google Spreadsheet:

1. Manfaatkan Formula atau Rumus MS. Excel

Konsep dari pengolahan data melalui Google Sheet ini, tidak jauh berbeda dengan apa yang tersaji di dalam Microsoft Excel. Oleh sebab itu, kamu bisa lakukan tahapannya dengan cara:

  • Buat lembar kerja baru atau pilih file yang sudah terisi dengan data yang akan kalian olah
  • Klik “cell” atau baris dengan mengarahkan kursor ke posisi yang diinginkan > “Enter”
  • Ketik pada cell pilihanmu, rumus berikut: “=Char(10)” (tidak perlu pakai tanda kutip)
  • Berhasil melengkapi rumus pada cell tersebut, klik “Enter”.

2. Buat Baris Via Keyboard

Metode lain yang dapat kalian manfaatkan untuk menerapkan cara enter di Google Sheet, yakni dengan menggunakan keyboard. Shortcut kali ini, tidak membutuhkan penulisan rumus seperti sebelumnya. Hanya saja, penerapan dari cara satu ini, akan ada sedikit kesulitan untuk dilakukan melalui smartphone.

  • Masuk ke aplikasi Google Sheet melalui perangkat
  • Pilih lembar kerja yang baru. Bisa juga membuka file yang telah berisikan data
  • Tetntukan “cell” yang akan kalian terapkan enter
  • Tekan secara bersamaan, tombol “ALT+Enter”
Terkait:  Cara Melacak Nomor Handphone Lewat Internet

Aplikasi Google Spreadsheet, dapat kalian unduh secara gratis melalui Google Play Store untuk kamu para pengguna hp android. Sedangkan pengguna iPhone, bisa menemukannya di App Store. Proses editing dokumen bisa dikerjakan secara offline. Berlaku juga untuk Google Dokumen, dan Slide.

Cara Enter di Google Sheet iPad

Perangkat iPad, biasanya memiliki tampilan menu yang sedikit berbeda dengan jenis android. Hal ini, dikarenakan semua produk dari Apple memang dirancang sedemikian rupa. Inilah, yang membuat sebagian besar pengguna android dibuat bingung ketika pindah ke device dari Apple tersebut. Tenang, semuanya bisa kalian pelajari terlebih dahulu. Termasuk G-Sheet.

Cara enter di Google Sheet iPad. Kali ini, penjelasan tutorialnya datang dari channel Youtube bernama Buzzkeil Tech. Berikut adalah tahapan-tahapan penggunaan G-Sheet di iPad:

  1. Buka aplikasi Google Sheet di iPad
  2. Klik ikon “tanda plus (+)”, lalu pilih “dokumen kosong”
  3. Mulai tambahkan data ke beberapa “cell” tertentu
  4. Lakukan editing dokumen sesuai kebutuhan
  5. Gunakan opsi “Cut, Copy, Comment, Clear, atau Note” pada cell pilihanmu
  6. Tambahkan cell, dengan cara tap, drag, dan hold pada baris atau kolom
  7. Penulisan formula atau rumus, dilakukan pada panel bawah “Enter Formula”
  8. Kalian dapat menambahkan gambar ke dalam spreadsheet
  9. Tap ikon “+”, pilih “Image” (in cell atau over cell)
  10. Ketuk “All” untuk menemukan opsi editing lainnya
  11. Kemudian, ketuk ikon titik tiga di paling bawah
  12. Pop-up windows, menampilkan pilihan “Share, Copy Link, Send a Copy, etc”
  13. Tindakan di nomor 12, tidak dapat dikerjakan secara offline
  14. File diubah pengaturannya ke mode “bagikan dengan”, jangan di-private
  15. Google Sheet di iPad selesai.

Fitur-fitur Utama di Google Sheet

Ini dia, beberapa fitur andalan yang dapat kalian temukan secara gratis dan mudah di dalam layanan Google Sheet. Pengerjaan dokumen, bisa dilakukan melalui android ataupun iPhone. Simak disini:

  • Pengguna dapat lakukan kolaborasi hasil pengerjaan file dengan tim
  • Memiliki history atau riwayat dari proses revisi dokumen
  • Proses editing berlangsung real-time, tanpa harus disimpan terlebih dahulu
  • Google Sheet saling berintegrasi dengan layanan Google Form
Terkait:  Cara Google Docs Voice Typing

Akan tetapi, tools yang muncul di dalam aplikasi Google Sheet ini, masih belum lengkap dari Microsoft Excel. Dimana, software keluaran Microsoft cenderung digunakan oleh para ahli dengan tujuan pengolahan data secara profesional. Sedangkan kalau melirik Google Sheet ini, kalian bisa memanfaatkannya untuk perhitungan data sederhana.

Kelebihan dari Aplikasi Google Sheet

Keunggulan yang dimiliki oleh perangkat lunak Google Sheet, tidak hanya terlihat dari fitur utamanya saja. Ada kelebihan lainnya yang bisa kalian temukan. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Akses gratis, dan fleksibilitas. Kemudahan pengerjaan yang bisa kamu lakukan via smarphone maupun desktop, membuat sebagian besar lebih sering menggunakan G-Sheet. Terutama, bagi mereka yang memiliki pergerakan aktivitas tinggi
  • Ukuran aplikasinya ringan. Meskipun memori perangkat kalian hampir penuh. Hal tersebut tidak menjadi kendala. Karena, ukuran filenya hanya sebesar 26 MB saja
  • Penyimpanan secara online. Ruang memori yang digunakan untuk menyimpan file atau dokumen hasil pengerjaan, semuanya dimasukkan ke dalam sistem cloud. Oleh sebab itu, data kalian dijamin keamanannya.

Itulah cara enter di Google Sheet yang perlu kalian ketahui. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next topics. Have a good rest, and bye bye.

Related posts