Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Link WhatsApp kini menjadi populer dan sudah banyak digunakan oleh para pengguna WhatsApp saat ini, terutama bagi yang memiliki bisnis online. Cara membuat link WhatsApp di Instagram sebenarnya sangat penting bagi pebisnis online. Ketika link WA tersebut diklik, maka orang yang telah mengkliknya secara otomatis langsung menuju ke halaman chat ke akun WhatsApp-mu. Selain link ke chat pribadi WhatsApp, ada pula link grup WA, yang mana ketika link tersebut diklik langsung membawa orang tersebut ke grup chat WhatsApp.

Instagram sendiri adalah platform media sosial yang biasanya lebih fokus terhadap konten visual. Karena itulah, Instagram menjadi platform yang cocok bagi pebisnis online untuk mempromosikan barang jualannya. Sedangkan WhatsApp sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan kemudahan komunikasi dan banyak diinstal oleh sebagian besar pengguna smartphone. Hal tersebut tentusaja membuat WhatsApp paling efektif untuk media komunikasi bersama calon pembeli.

Kedua aplikasi ini untungnya dapat Kamu gabungkan. Jika Kamu memasang link chat WhatsApp di IG, maka calon pembeli dapat menghubungimu secara langsung tanpa harus memasukan nomor hp secara manual. Kamu juga bisa membuat teks pesan kustom secara otomatis yang langsung tertulis ketika pelanggan/customer menghubungimu.

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram
Membuat Link WhatsApp di Instagram

Tutorial Buat Link WhatsApp di Instagram

Jika Kamu ingin menggunakan Instagram dan WhatsApp untuk mempromosikan produkmu atau memudahkanmu berkomunikasi bersama pelanggan, Kamu bisa mencoba cara ini. Cara membuat link WhatsApp di Instagram sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini :

1. Membuat Link WhatsApp di Instagram

Bagi pengguna WA Business, Kamu dapat membuat link WA lebih mudah lewat fitur bawaan pada aplikasi tersebut. Akan tetapi, jika Kamu masih belum memilikinya maka Kamu dapat memakai cara manual saat ingin membaut link WhatsApp tersebut. Sebenarnya untuk membuat url link WA di IG, Kamu hanya memerlukan format berikut :

https://api.whatsapp.com/send?phone=Nomortelepon

Apabila Kamu ingin menambahkan teks secara default, maka Kamu dapat memakai format linki di bawah ini :

https://api.whatsapp.com/send?phone=nomortelepon&text=Isi%20pesan%20default

Untuk memakai link tersebut di atas sebenarnya cukup mudah, berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, silahkan ubah nomo hp dengan nomor WA Kamu. Silahkan tulis berikut kode negara, contohnya seperti 6281212345678.
  • Untuk mengisi teks pesan, Kamu cukup memakai tulisan yang telah di encode berbentuk URL. Contohnya untuk spasi Kamu dapat memakai 20, untuk titik dua Kamu bisa menuliskannya dengan kode %3A, sedangkan tanda koma dapat ditulis %2C, dan lainnya.

Setelah itu, link WhatsAppmu akan terlihat seperti berikut :

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281212345678&text=saya%20mau%20order%20sist

Jika kesulitan membuat pesan teks lebih panjang, silahkan pakai situs online misalnya seperti Urlencoder.io jika ingin mengubah pesanmu ke dalam format tertentu.  Misalnya saja, Kamu ingin membuat teks pesan kompleks dengan contoh di bawah ini :

Saya mau order barang!

Nama :

Kode :

Alamat :

Nomor Hp :

Kamu pun tinggal masuk saja ke situs web tersebut, dan salin teks pesan di atas kemudian tunggu sampai tulisan diubah. Lalu Kamu tinggal menyalin kembali tulisan tersebut ke link WhatsAppmu.

2. Memendekkan Link WhatsApp

Cara membuat link Whatsapp di Instagram lainnya ialah memendekkan link. Sebagai tambahan, Kamu dapat membuat link WA yang awalnya terlalu panjang jadi dipersingkat atau lebih pendek. Adapun salah satu fitur gratis yang cukup populer digunakan ialah bit.ly.

Selain membuat link WA Kamu menjadi lebih ringkat, bit.ly juga menawarkan fitur menarik lainnya, berupa :

  • Analytic, Kamu dapat mengetahui banyaknya jumlah orang atau pengguna yang mengklik url link tersebut. Sehingga Kamu dapat mengetahui jumlah konversi yang dapat dihasilkan melalui Instagram Marketing.
  • Custom domain, Kamu dapat membuat link menggunakan nama kustom dengan lebih menarik, contohnya : bit.ly/OrderLangsungSist.

Jika ingin memendekkan link menggunakan bit.ly, ada beberapa langkah yang harus Kamu ikuti di bawah ini :

  • Buat akun di Bit.ly yang baru.
  • Ketuk tombol Create, kemudian masuk  Bitlink di samping kanan bagian atas.
  • Inputkan link WA yang Kamu buat.
  • Ketuk tombol create

Sudah sampai pada langkah ini, Kamu telah berhasil mempersingkat link WA. Untuk membuatnya gampang dibaca, Kamu dapat memakai custom link di dalam pilihan Customize Back Half.

3. Memasang Link WhatsApp di Instagram

Jika ingin memasang link URL WA di Instagram, Kamu bisa mengikuti cara di bawah ini :

  • Silahkan login terlebih dahulu ke akun IG.
  • Masuk menuju halaman profil dan cari edit profile.
  • Di kolom WEBSITE, silahkan inputkan link WA yang telah Kamu buat.
  • Selanjutnya, link URL WhatsApp akan langsung muncul pada Bio.

Itulah tahapan cara membuat link WhatsApp di Instagram dengan mudah yang bisa Kamu ikuti. Kamu bisa mencoba panduan ini untuk membantumu membuat link untuk chat WhatsApp secara otomatis dengan mudah.

Alasan Memilih Instagram Untuk Berpromosi?

Setelah membahas cara membuat link WhatsApp di Instagram seperti di atas, Kamu juga perlu mengetahui kelebihan menggunakan Instagram sebagai media promosi berikut ini :

1. Instagram Mempunyai Banyak Pengguna

Instagram adalah platform sosial media yang banyak dipakai oleh masyarakat khususnya bagi anak muda. Mengingat banyaknya pengguna IG, tentu saja bisa menjadi ajang promosi yang paling efektif. Karena kemungkinan produk yang Kamu promosikan akan banyak dilihat. Melalui banyaknya pengguna IG membuatmu mendapatkan konsumen hingga di seluruh pelosok dengan mudah.

2. Ada Tools Unutk Mengecek Pengunjungmu

Platform IG juga menawarkan tools mengenai wawasan dasar tentang data postingan beserta data follower-mu. Dengan memakai wawasan yang didapatkan dari tools ini, Kamu bisa menganalisa konten sekaligus perkembangan brand di Instagram.

3. Memungkinkanmu untuk Memasukkan Contact Person dan Link WA

Fasilitas IG memang sangat membantumu berbisnis online. Hal ini dikarenakan Instagram memungkinkanmu memasukkan nomor hp, alamat toko fisik usahamu, alamat email hingga link WhatsApp. Dengan link WhatsApp yang ditampilkan di Bio, maka calon pelangganmu bisa langsung menghubungimu untuk menanyakan terkait produk atau langsung order.

Sekali lagi, dengan cara membuat link WhatsApp di Instagram yang ditampilkan di Bio Instagram, Kamu bisa lebih mudah berkomunikasi dengan pelangganmu. Semoga bermanfaat!

Related posts