Cara Belanja di Shopee Bayar Ditempat

Cara Belanja di Shopee Bayar Ditempat
Belanja di Shopee Bayar Ditempat

Bagaimana cara belanja di Shopee Bayar ditempat? Dimana saya dapat menemukan pilihan Bayar ditempat pada Shopee? apakah semua produk di shopee bisa Bayar ditempat?

Jika kita berbicara soal layanan e-commerce atau toko online, mungkin sebagian dari kita sudah banyak menemukan beragam pilihan online shop yang saat ini bisa kita gunakan untuk melakukan pembelian produk.

Read More

Selain itu, saat ini juga toko online di Indonesia sudah tak hanya berguna untuk membeli produk yang mungkin tidak ditemukan pada toko konvensional saja, melainkan juga untuk melakukan pembayaran tagihan harian mereka. Seperti misalnya Pulsa dan paket data, Tagihan listrik, tagihan BPJS, Vocuher Game, Tiket Perjalanan, dan masih banyak lagi.

Salah satu e-commerce yang banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya adalah Shopee. sebagaimana kita tau juga, Shopee sendiri memang dikenal dengan beragam penawaran menarik yang sangat menguntungkan untuk penggunanya. Mulai dari potongan harga, promo gratis ongkir, cashback, shopeepay, shopee paylater, koin shopee, dan masih banyak lagi.

Gak cuma itu aja, Shopee juga kerap mengadakan promo flash sale gila gilaan yang biasanya dilakukan pada tiap tanggal cantik, semisal 10.10, 11.11, atau bahkan 12.12 (tergantung dengan event yang ada).

Nah pada saat saat seperti itulah banyak para pengguna shopee yang berloma untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga yang super duper murah.

Selain itu, Shopee juga tak jauh berbeda dengan layanan e-commerce lain seperti bukalapak, JD ID, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya yang mana shopee juga memiliki beragam pilihan metode pembayaran yang bisa digunakan pengguna. Baik untuk mereka yang memiliki ATM, Dompet Digital, atau bahkan sekedar menggunakan Shopeepay.

Dan yang paling menguntungkan lagi, saat ini Shopee juga memiliki metode pembayaran Bayar ditempat / COD, yang mana sangat membantu para pengguna ketika mereka ingin membeli produk di Shopee, tanpa harus memiliki ATM ataupun saldo Shopee.

Karena dengan metode pembayaran ini, pengguna hanya perlu duduk manis dan melakukan pemesanan seperti biasa, dan kemudian memberikan uang tunai kepada kurir, pada saat mengantarkan barang.

Itulah mengapa, cara belanja di Shopee bayar ditempat sangat menjadi pilihan bagi pengguna, terlebih jika mungkin kamu agak malas untuk berkunjung ke mesin ATM, Indomaret, ataupun Alfamart.

Cukup lakukan pemesanan, pilh metode pembayaran ditempat, dan ketika barang tiba, lakukan pembayaran seperti biasa.

Dan untuk kamu yang mungkin belum mengetahui cara belanja di Shopee bayar ditempat, kamu bisa membaca ulasan artikel berikut ini, untuk penjelasan yang lebih lanjut.

Cara Belanja di Shopee Bayar Ditempat

Cara Belanja di Shopee Bayar Ditempat
Belanja di Shopee Bayar Ditempat

Buat Akun Shopee terlebih dahulu

Sama seperti cara belanja di shopee bagi pemula, kalian harus terlebih dahulu memiliki akun shopee. untuk pendaftarannya sendiri, kalian bisa melakukannya melalui situs shopee itu sendiri, ataupun melalui aplikasi shopee yang bisa kamu unduh di play store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS.

Dalam prosess pendaftaran, kalian bisa menggunakan beragam metode, mulai dari menggunakan nomor telfon, email, atau bahkan melakukan login secara otomatis dengan menggunakan akun Google ataupun akun sosial media kalian.

Setelah prosess pendaftaran selesai dilakukan, kalian bisa langsung ke laman profil untuk melengkapi semua data yang diperlukan, seperti nama, konfirmasi email, konfirmasi nomor telpon, Alamat lengkap, metode pembayaran dan lain sebagainya.

Adapun tujuan dari melengkapi profil pada aplikasi Shopee sendiri bertujuan untuk memudahkan kalian ketika ingin membeli produk di shopee, tanpa harus menuliskan alamat lagi. Nah, disini kamu bisa menambahkan alamat alternatif sebagai opsi pengiriman, misalnya alamat kantor, atau alamat lain selain alamat rumah.

Untuk nama akun pada Shopee, usahakan kamu menggunakan nama asli dan yang juga sesuai dengan identitas kalian. Ini bertujuan agar memudahkan pengiriman paket ketika membeli produk, atau mungkin kalian ingin mengajukan Shopeepay di Shopee.

Pilih Produk yang akan dibeli

Setelah prosess pendaftaran berhasil dilakukan dan semua data sudah dilengkapi, maka selanjutnya kalian bisa mengklik atau menuju halaman utama dari Shopee untuk mencari produk yang akan dibeli. Kalian bisa menggunakan fitur pencarian untuk mencari produk yang lebih spesifik, atau kalian juga bisa kok mencari produk yang akan dibeli dengan memilih kategori yang tersedia di shopee.

Karena disini kita menggunakan sistem bayar ditempat, maka pastikan dulu produk yang kalian pilih memiliki label ‘bayar ditempat’ atau ‘cash on delivery (COD)’. Jika produk yang diinginkan tidak memiliki label ‘bayar ditempat’, kamu juga bisa kok menanyakan kepada seller dengan fitur chat, apakah produk yang dijual bisa dibeli dengan metode bayar ditempat. Sebab tidak semua seller di shopee, menjual produk mereka dengan sistem bayar ditempat.

Jika sudah yakin, maka selanjutnya adalah kalian bisa mengklik produk tersebut, dan kemudian memilih beli sekarang atau tambahkan ke keranjang apabila masih ingin membeli produk lain. Setelah itu, barulah kamu bsia masuk kedalam menu pembayaran, untuk memprosess pembayaran produk kalian.

Periksa Data dan Pilih Metode Pembayaran

Pada laman atau tampilan Checkout, kalian wajib untuk memeriksa data pengiriman yang tertera pada produk. Pastikan Nama serta Alamat pengiriman sudah benar dan tepat. Hal ini berguna untuk mempermudah kurir dalam mengantarkan paket kalian. Jangan lupa untuk menyertakan nomor telpon yang aktif, agar kurir bisa dengan mudah menghubungimu ketika sudah berada di alamat pengantaran.

Scroll lagi kebawah, dan jangan lupa untuk mengklik pada pilihan ‘metode pembayaran’. Nah, disini kamu akan melihat beragam metode pembayaran yang bisa kamu gunakan. Seperti misalnya

  • Bank Transfer (virtual account)
  • Indomaret
  • Alfamart
  • Shopeepay
  • Bayar ditempat
  • Dll

Pada opsi inilah kalian bisa memilih metode pembayaran dengan ‘bayar ditempat’ dan setelah itu klik pada tombol Konfirmasi, dan barulah kita bisa melakukan checkout dengan menekan tombol ‘bayar sekarang’.

Konfirmasi Pembayaran

Setelah pesanan dikonfirmasi, maka selanjutnya kalian tinggal menunggu balasan dari pihak shopee, untuk mengetahui status pembayaran kalian. Berbeda dengan sistem pembayaran lewat virtual account atau indomaret dan lain sebagainya, pembayaran dengan metode bayar ditempat lebih mudah dan juga efisien.

Hanya saja, pembeli atau pengguna harus siap berada dirumah atau menitipkan uang untuk membayar produk yang dibeli tadi, kepada orang rumah apabila kalian mungkin sedang harus keluar rumah dalam waktu yang lama.

Untuk lebih menghemat pengeluaran pada saat memilih metode pembayaran bayar ditempat, kalian bisa menggunakan promo gratis ongkir, ataupun memilih opsi pengiriman paket, yang mana biasanya mendapatkan gratis ongkir. Tapi tentunya, untuk waktu pengirimannya tidak secepat menggunakan jasa kurir Instant atau Same day, karena biasanya waktu pengiriman berkisar antara 2 – 3 hari.

Nah, itulah tadi beberapa cara belanja di Shopee Bayar ditempat yang bisa kamu coba. semoga artikel ini bsia menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Related posts