Cara Beli Bagasi Lion Air

Bagaimana cara beli bagasi Lion Air? Seperti apa cara membeli bagasi lion air? Apakah bisa membeli bagasi lion air ketika sudah berada di bandara? Apakah bisa membeli bagasi lion air setelah melakukan pemesanan tiket?

Berbicara soal berpergian menggunakan pesawat, tentu sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa saat ini kita bisa menemukan beragam pilihan maskapai penerbangan, yang bisa kita gunakan untuk berpergian ke suatu daerah, kota, ataupun luar negeri selain indonesia. Penerbangan jenis ini biasanya disebut dengan penerbangan domestik, dan juga penerbangan internasional.

Nah, salah satu maskapai penerbangan yang cukup terkenal adalah Lion Air. Selain karena sudah lama berada di Indonesia, maskapai lion air sendiri juga melayani rute penerbangan domestik (dalam negeri) dan juga internasional (luar negeri) dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, tentu tak lupa juga ketika kita akan berpergian menggunakan pesawat, kita harus melakukan pemesanan bagasi terlebih dahulu, untuk menaruh barang bawaan yang kita miliki.

Untuk kapasitas bagasi sendiri, biasanya memiliki tarif yang berbeda tiap jam nya. Sebenarnya, maskapai Lion Air sendiri sempat memberikan penawaran ‘bagasi gratis’ bagi para penumpang untuk semua rute penerbangan. Namun pada 2019 lalu, lion air menghapuskan jatah bagais gratis tersebut, dan membuat kebijakan baru jika penumpang harus melakukan pembayaran atau membeli bagasi untuk menaruh barang bawaan mereka.

Adapun pembelian bagasi tambahan pada lion air sendiri memiliki syarat dan ketentuan yang harus diketahui oleh para penumpang, salah satunya adalah pemesanan bagasi tambahan tidak bisa dilakukan secara mendadak, setidaknya penumpang harus melakukan pemesanan bagasi tambahan paling minimal 6 jam sebelum keberangakatan.

Walaupun begitu, pembelian bagasi tambahan dari lion air sendiri tidak begitu sulit kok. Sebab, pengguna bisa melakukan pembelian dengan menggunakan beragam metode pembayaran dan juga cara yang cukup mudah. Namun apabila batas pembayaran sudah habis atau lewat batas, maka pembelian tersebut dianggap tidak valid.

Adapun untuk dimensi atau ukuran besar dari bagasi yang bisa dibeli di lion air sendiri memiliki ukuran 40 cm x 30 cm x 20 cm dengan berat barang bawaan tidak lebih dari 7 kg. bagasi inilah yang nantinya bisa berguna untuk penumpang menyimpan barang bawaan mereka ketika berpergian menggunakan pesawat.

Cara Beli Bagasi Lion Air

Cara Beli Bagasi Lion Air
Beli Bagasi Lion Air

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang cara beli bagasi Lion Air terlebih untuk kamu yang mungkin ingin membeli bagasi tambahan ketika berpergian dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion Air. Seperti

Cara Beli Bagasi Lion Air lewat Situs Lion Air

Pertama kita bisa menggunakan bantuan atau layanan dari situs resmi lion air itu sendiri. Umumnya, situs pada maskapai penerbangan biasanya digunakan untuk menampilkan informasi atau bahkan melihat penawaran penawaran yang diberikan oleh pihak maskapai. Tapi siapa sangka, bahwa situs resmi dari Lion Air juga bisa kok digunakan untuk membeli bagasi tambahan. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi situs resmi dari lion air di https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/bagasi-prabayar baik melalui perangkat smartphone ataupun desktop seperti komputer dan laptop
  • Kemudian, kalian akan diminta untuk mengisikan form yang tersedia untuk melakukan atau membuat pesanan bagasi tambahan
  • Pada saat mengisi form, pastikan juga kamu mengisi kode booking atau kode penerbangan yang sudah kalian miliki sebelumnya. Kalian bisa melihat kode booking / penerbangan pada tiket pesawat kalian masing-masing.
  • Isi data sesuai dengan data yang terdaftar (pada tiket) baik dari nama depan, nama belakang, alamat, dan lain lain. Pastikan juga semua data cocok, dan juga lupa untuk memasukkan data penerbangan seperti tanggal penerbangan, dan sebagainya.
  • Terakhir, jika semua data sudah diisi, maka kalian tinggal mengklik pada tombol lanjut.

Nah, setelahnya kalian akan diarahkan untuk memilih metode pembayaran. Disini, kami menyarankan kalian menggunakan layanan transfer bank ataupun virtual account untuk mempermudah pembayaran dengan menggunakan layanan mobile banking atau internet banking yang bisa kamu aksess melalui smartphone kalian.

Atau, kalian juga bisa kok meminta bantuan kepada petugas yang ada disana, apabila terjadi kesulitan pada saat pengisian form dan pembayaran.

Cara Beli Bagasi Lion Air langsung di Bandara

Kemudian, cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk membeli bagasi di lion air adalah ketika sudah ada dibandara. Memang, kadang kala pembelian bagasi sendiri bisa dikarenakan oleh beberapa hal, mungkin karena keterlupaan, atau bahkan tetiba ada penambahan barang yang mengharuskan penumpang menambah atau membeli bagasi baru.

Oleh karena itu, jika mungkin kalian sudah terlanjur berada di bandara dan tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk melakukan pembelian bagasi lion air secara online, kalian bisa kok membeli bagasi lion air ketika sudah berada di bandara.

Untuk itu, kalian bisa mengunjungi kantor mitra penerbangan dari lion air, atau menanyakan kepada petugas yang ada disana untuk membeli bagasi tambahan untuk penerbangan kalian. Perlu untuk diingat dan dicatat, untuk pembelian bagasi lion air ketika berada di bandara (secara dadakan) hanya bisa dilakukan dalam kurun waktu 6 jam sebelum keberangkatan atau take off. Dan karena pembelian bagasi dilakukan dibandara, maka jangan heran apabila ternyata harga yang tertera untuk pembelian bagasi akan lebih mahal daripada harga wajar.

Atau, kalian juga bisa kok mengunujungi kantor pusat bantuan lion air yang biasanya berada didalam bandara, untuk melakukan pemesanan atau pembelian bagasi lion Air.

Cara Beli Bagasi Lion Air lewat Traveloka

Cara ketiga yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan layanan jasa dari Traveloka. Tentunya ktia semua sudah mengetahui ya, jika traveloka kerap digunakan untuk kebutuhan traveling atau bahkan membeli tiket pesawat, nah ternyata traveloka juga bisa kok digunakan untuk kamu yang ingin membeli bagasi tambahan, ketika akan melakukan penerbangan melalui traveloka. Dengan cara.

  • Kunjungi situs traveloka.com atau kamu juga bisa menggunakan mobile apps dari traveloka
  • Setelah itu, kalian bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan otomatis login dengan menggunakan akun sosial media ataupun akun google
  • Setelah itu, klik pada menu ‘cari tiket’ untuk memesan tiket baru, dan silahkan isi data diri (calon penumpang) setelah itu klik pada tombol ‘lanjutkan pemesanan’
  • Nah, disini kamu bsa membeli bagasi dengan mengklik pada menu ‘bagasi’ untuk memilih kapasitas bagasi yang tersedia untuk calon penumpang
  • Barulah setelah semua data dirasa sudah lengkap (termasuk pembelian bagasi), maka kalian tinggal melanjutkan pembayaran, dengan memilih metode pembayaran yang tersedia
  • Terakhir, kalian tinggal menyimpan e-tiket yang diterbitkan oleh pihak traveloka, sesuai dengan data yang sudah kalian isi sebelumnya.

Nah, pertanyaan yang sering muncul adalah, Bagaimana membeli bagasi ketika e-tiket sudah diterbitkan namun penumpang belum membeli bagasi? Caranya gampang banget kok.

  • Buka kembali aplikasi traveloka ataupun situs traveloka.com
  • Setelah itu, klik pada menu ‘bagasi tambahan’
  • Nantinya, kamu akan diminta untuk memilih kapasitas bagasi yang akan dibeli
  • Jika sudah memilih, klik saja tombol ‘lanjutkan’ dan lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang kalian pilih
  • Tunggu beberapa saat setelah pembayaran selesai, dan nantinya pihak traveloka akan menerbitkan e-tiket baru, yang mana sudah tertera bagasi tambahan pada e-tiket pada penumpang, untuk bisa ditunjukkan kepada petugas penerbangan di bandara.

Gimana? Gampang banget bukan?

Dan itulah tadi beberapa cara beli bagasi Lion Air yang bisa kamu coba, baik ketika akan melakukan penerbangan, ataupun sesudah melakukan pemesanan tiket penerbangan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi