Cara Sewa Apartemen Harian

Cara Sewa Apartemen Harian
Cara Sewa Apartemen Harian

Bagi yang sering bepergian ke luar kota, ada baiknya mengetahui cara sewa apartemen harian. Pasalnya, apartemen dapat menjadi tempat beristirahat yang lebih nyaman.

Tinggal di apartemen memberikan suasana yang lebih santai, berbeda dari hotel yang dapat terasa canggung. Selain itu, apartemen memasang harga sewa yang lebih hemat daripada hotel.

Cara Sewa Apartemen Harian

Cara Sewa Apartemen Harian
Cara Sewa Apartemen Harian

Menyewa apartemen yang berada di lokasi strategis tentu akan mempermudah selama melakukan pekerjaan di luar kota. Selain terletak di tengah kota, apartemen memungkinkan kamu untuk beristirahat dengan lebih nyaman karena privasi yang lebih terjaga dibandingkan hotel.

Cara untuk menyewa apartemen hampir sama dengan prosedur untuk menginap di hotel maupun villa. Berikut caranya:

1. Menghubungi Pemilik atau Pengelola

Pertama, kamu bisa menghubungi pemilik atau pihak pengelola apartemen. Kamu bisa menemukan kontak pemilik saat mencaritahu lokasi dan informasi mengenai apartemen yang ingin disewa. Sekarang kamu juga bisa menhubungi pengelola melalui website seperti taveloka.com dan tavelio.com.

2. Menanyakan Ketersediaan Unit

Selanjutnya, kamu perlu menanyakan apakah masih ada unit yang tersedia untuk disewa pada tanggal yang kamu ingin. Beritahukan secara lengkap tanggal kamu berencana menginap dan berapa hari.

3. Membayarkan Down Payment (DP)

Sebagai tanda jadi kesepakatan, biasanya sewa apartemen mengharuskan pembayaran DP atau uang muka. Besar DP umumnya 50% dari tarif sewa, atau tergantung kesepakatan. Sebelum membayarkan DP, pastikan bahwa apartemen sudah sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Memberikan Dokumen Identitas

Untuk menyewa apartemen, terdapat standar prosedur seperti halnya di tempat penginapan lain, yaitu memberikan dokumen identiitas. Siapkan salinan dari KTP atau paspor yang masih berlaku.

5. Membayar Pelunasan Sewa

Sisa pembayaran uang sewa perlu dilunasi saat serah terima kunci dari unit apartemen. Pada beberapa apartemen, penyewa perlu membayar biaya deposit untuk jaminan kerusakan.

Biaya deposit ini berfungsi sebagai dana cadangan apabila penyewa melakukan perusakan pada apartemen, baik secara sengaja maupun tidak. Deposit akan dikembalikan ke penyewa apabila tidak ada kerusakan pada apartemen yang disewa.

Sebaiknya kamu memastikan ada tidaknya kerusakan pada apartemen saat serah terima kunci supaya tidak membayar biaya kerusakan yang tidak kamu sebabkan.

6. Menandatangani Kesepakatan

Sebaiknya memilih sewa apartemen yang disertai dengan surat perjanjian sewa menyewa. Surat ini berisi peraturan dan ketentuan yang disepakati kedua pihak. Adanya surat dapat menjadi bukti pegangan apabila terjadi kesalahaphaman.

7. Mematuhi Peraturan

Selama menyewa, pastikan untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Meski hanya menginap beberapa hari, kamu tetap perlu menjaga kesopanan dan tidak mengganggu hak dan privasi pengguna lain.

Cara Membatalkan Booking Apartemen Harian

Terkadang, meski telah merencanakan dan menyiapkan segala kebutuhan, perjalanan luar kota dapat tiba-tiba dibatalkan. Sehingga kamu terpaksa membatalkan booking apartemen yang sudah dibuuat.

Berikut cara membatalkan booking apartemen harian:

  • Hubungi kontak pemilik atau agen pengelola apartemen
  • Sampaikan bahwa kamu mau membatalkan booking karena adanya kendala. Kamu bisa memberitahukan bahwa terjadi pembatalan pekerjaan luar kota

Tergantung dari kebijakan pihak pengelola apartemen, DP yang dibayarkan dapat dikembalikan sebagian atau seluruhnya 100%. Beberapa apartemen memotong sekitar 50% dari DP sesuai kesepakatan yang telah dibuat.

Sementara ada juga yang tidak mengembalikan DP sama sekali. Biasanya, aturan mengenai pengembalian DP tertera pada kesepakatan yang dibuat saat pemesanan.

Itulah cara sewa apartemen harian. Supaya tidak kecewa mengenai kebijakan pengelola, sebaiknya kamu memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku sebelum menandatangani kesepakatan sewa.

Related posts