Cara Nat Keramik

Cara Nat Keramik
Cara Nat Keramik

Cara nat keramik sangatlah wajib untuk kamu ketahui. Hal ini dikarenakan jika sewaktu-waktu kamu ingin memasang keramik baik untuk lantai ataupun bak mandi serta lantai rumah. Nat keramik ini harus kamu pasang atau isi dengan baik dan benar agar keramik mu tidak cepat mengalami kerusakan ataupun pecah.

Mungkin beberapa orang sudah tahu bagaimana cara melakukannya, namun kebanyakan dari mereka yang melakukan secara asal-asalan. Jika kamu tidak tahu dan penasaran dengan bagaimana cara melakukan hal ini, maka tenang saja sebab kamu bisa membaca penjelasan singkat pada artikel kali ini.

Cara Nat Keramik

Cara Nat Keramik
Cara Nat Keramik

Barangkali kamu sedang mencari bagaimana cara nat keramik agar tidak dapat bocor, maka sebaiknya kamu ikuti semua panduan yang ada pada artikel ini secara seksama. Di sini, kami sudah merangkum berbagai informasi lengkapnya agar kamu bisa mengatasi berbagai macam penyebab nat keramik bocor yang sudah kami singgung tadi.

Apabila kamu sampai lali hingga mengabaikan hal tersebut, maka bisa terjadi rembes atau kerusakan pada lantai keramik rumahmu. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut ini adalah penjelasan lengka terkait panduan tersebut.

Cara Nat Keramik Agar Tidak Bocor

Metode ini bisa kamu lakukan ketika ingin memperbaiki atau mencegah terjadinya kebocoran.pada nat keramik sehingga menjadi jauh lebih awet. Metode ini terdiri dari beberapa langkah yang sangat penting untuk kamu perhatikan dan lakukan. Berikut ini adalah penjelasannya.

Langkah 1: Bersihkan Nat Keramik Secara Rutin

Setelah kamu melakukan perbaikan nat keramik sudah selesai dilakukan, bukan berarti kamu tidak mempunyai tugas dan berhenti sampai di situ saja. Sebab setelah itu kamu harus mencegah terjadinya kebocoran, maka kamu harus membersihkan natbkeramik secara rutin.

Kamu bisa membersihkan nat keramik dengan menggunakan cairan desinfektan seperti hidrogen peroksida. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan yang ada di dapur seperti cuka dan soda kue. Jangan lupa kamu menggunakan bahan pembersih yang tepat seperti karet atau sikat gigi.

Langkah 2: Usahakan Menghindari Kelembapan Yang Terlalu Tinggi

Perlu kamu ketahui, bahwa nat keramik bisa mengalami kebocoran ataupun retak yang diakibatkan oleh tingkat kelembapan yang terlalu tinggi. Tentu hal ini sudah wajar terjadi sebab terdapat beberapa area yang sangat familiar dengan air sehingga sangat rentan akan kelembapan. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengatasi kondisi ini sehingga kamu mempunyai ruangan yang mempunyai sirkulasi yang baik.

Langkah 3: Gunakan Bahan Yang Aman

Jika kamu melakukan pembersihan pada nat keramik, maka alangkah baiknya jika kamu memilih pembersih yang tidak mengandung bahan kimia yang terlalu keras. Mengapa demikian? Sebab jika kamu menggunakan bahan pembersih yang bersifat keras, maka justru akan membuat nat keramik mu cepat mengalami kerusakan.

Langkah 4: Pakai Pengisi Nat Keramik Yang Berkualitas Baik

Banyak sekali orang yang lebih memilih material Nat dengan harga yang mudah dengan alasan ingin menghemat dan meminimalisir pengeluaran. Padahal, justru material seperti inilah yang akan membuat kualitas keramik menjadi tidak baik sehingga lebih cepat mengalami kerusakan yang tentunya akan membutuhkan banyak perbaikan di kemudian hari. Jadi, alangkah baiknya jika kamu memilih bahan pengisi nat yang mempunyai kualitas yang baik.

Langkah 5: Isi Nat Keramik Dengan Tali Dan Teliti

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada nat keramik adalah kamu harus mengisinya dengan rapi dan teliti. Sebelum kamu memasukkan perekat ke dalamnya, maka alangkah baiknya jika kamu membersihkan terlebih dahulu dan pastikan tidak ada pasir di dalammya. Setelah itu, barulah kamu mengaplikasikan nat dengan menggunakan karet dan tekan untuk memastikan bahwa bidang sudah terisi dengan merata.

Lakukanlah hal ini beberapa kali dengan tujuan untuk memastikan bahwa kamu sudah mengisi nat dengan baik. Jika sudah melakukannya, maka kamu tinggal menunggu sampai kering dan cek kembali bahwa semua bagian sudah kamu isi.

Jikalau semuanya sudah terisi dengan baik, maka kamu harus memperhatikan pula perawatan keramik lantai agar tidak ada kotoran yang menumpuk. Berikut penjelasanya.

  • Pertama,  kamu pastikan selalu rutin membersihkan lantai dengan menyapu dan mengepel sehingga tidak ada kotoran
  • Gunakan pembersih yang memang ditujukan untuk membuat keramik
  • Hindari pemakaian bahan kimia pada pembersih agar tidak merusak keramik dan menyebabkan keramik pecah
  • Hindari lantai dari kekeringan atau kelembapan tinggi karena bisa menyebabkan kerusakan pada permukaannya

Cara Nat Keramik Dengan Cara Menambal Kebocorannya

Metode kedua ini bisa kamu gunakan ketika ingin menambah kebocoran. Metode ini hanya mengharuskanmu untuk menyiapkan peralatan seperti lap, scraper, luas, rosmam karet, dan tentunya pengisi nat keramik. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Langkah 1: Periksa Celah Yang Bocor

Hak pertama yang harus kamu lakukan adalah periksa dan menemukan di mana letak kebocoran terjadi. Cara memeriksanya kebocoran ini sangat mudah, kamu tidak menyiram atau meneteskan air ke lantai lalu teliti dengan baik-baik. Adakah sumber kebocoran yang muncul? Jika ada, maka silahkan kamu tandai setiap sumber kebocoran yang kamu temukan.

Langkah 2: Pastikan Keramik Selalu Ada Dalam Kondisi Kering

Setelah kamu memeriksanya dan menemukan sumber kebocoran pada nat, maka Langkan selanjutnya kamu harus memastikan bahwa keadaan keramik menjadi kering kembali. Hal ini akan bermanfaat untuk memperlancar proses tambal nat keramik yang bocor.

Langkah 3: Bongkar Bagian Nat Yang Bocor

Keretakan pada lantai, juga bisa menyebabkan kebocoran. Untuk mengatasinya, maka kamu harus membersihkan sisa nat yang masih menempel dengan menggunakan kape. Jika hanya ada sedikit area nat yang bocor, maka titi kebocoran tersebut lebih lebar agar mempermudah proses penambalan.

Langkah 4: Siapkan Isi Nat Dan Tambah Celah Yang Bocor

Tahap terakhir yang harus kamu lakukan untuk menambal kebocoran adalah menggunakan pengisi nat keramik. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu menyiapkan pengisi yang baik sehingga cela kebocoran bisa tertutup dengan sempurna. Kamu juga bisa memilih pengisis yang tahan lama, tidak mudah terkikis, mudah dibersihkan, dan tidak mudah retak.

Setelah kamu mempersiapkan Nat keramik, maka kamu harus membersihkan nat lama dan sisa-sisa semen. Jika sudah, maka tambahkan pengisi dan campurkan dengan air dengan perbandingan volume 3:1. Kamu juga harus memastikan bahwa kedua bahan tersebut sudah tercampur dengan rata dan tidak menggumpal.

Kemudian kamu masukkan material pengisi nat ke area yang akan kamu isi dengan menggunakan roskam. Jika sudah, bersihkan kembali sisa nat kerami dengan menggunakan lapnyang basah. Jangan lupa untuk merapikan hasil tambalan dengan menggunakan group finisher.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara nat keramik yang bisa kamu lakukan ketika ingin mencegah kebocoran ataupun ingin menambal bagian yang bocor dan rusak. Silahkan kamu mengikuti semua panduan di atas agar keramik kamu tetap aman dan mempunyai kualitas yang baik serta awet dan tidak mengalami kerusakan sama sekali. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related posts