Cara Bersihkan Cache Hp Samsung

Cara Bersihkan Cache Hp Samsung

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh sebagian besar hp, termasuk hp Samsung adalah kadang lemot, berselancar di internet jadi kurang leluasa. Tapi ternyata ini bukan tanpa alasan lho, karena bisa saja faktor utamanya disebabkan oleh menumpuknya cache di hp Samsungmu. Biasanya ini terjadi jika Kamu sering-sering browsing di internet atau sering buka aplikasi. Lalu, gimana cara bersihkan cache hp Samsung?

Samsung sendiri sebenernya punya banyak metode untuk mempermudah para penggunanya membersihkan cache. Tapi, cache itu apa sih? Kok bisa memperberat kerja hp ya? Oke, sebelum beranjak mari kita bahas satu per satu terlebih dulu.

Read More

Apa Saja Pengaruh Cache Pada Hp?

File cache sering disebut juga sebagai file sampah, nah biasanya file ini diperoleh dari sistem yang ada dalam processor maupun memori perangkat saat beroperasi. Baik itu saat menjalankan OS android atau ketika Kamu membuka banyak aplikasi. Setiap Kamu membuka aplikasi atau file sistem, dari sinilah muncul file cache. 

Hampir seluruh perangkat teknologi memiliki file cache. Lalu, fungsi file cache sendiri, itu apa? Ya, file cache sebenarnya bisa mempercepat proses pengaksesan ketika membuka aplikasi. Tapi sayangnya, terlalu banyak cache di perangkat juga bisa membuat memori penuh hingga memberatkan kinerja android.

Misalnya, ketika membuka web browser, aplikasi web browser yang Kamu pakai akan mengunduh atau menyimpan informasi web tersebut ke smartphone-mu, seperti cache, cookies, audio, file statis, video, maupun yang lainnya. Kenapa informasi pada aplikasi ini disimpan berbentuk cache? Ini bertujuan untuk mempercepat dan memudahkan akses loading aplikasi atau laman, saat Kamu membuka laman tersebut kembali.

Bagaimana Jika Cache Tidak Dibersihkan?

Memakai perangkat android terus menerus, tentu tak terlepas dari yang namanya cache alias file sampai aplikasi. Nah, file cache jika dibiarkan seiring waktu akan semakin menumpuk, jadi harus dibersihkan secara rutin dan real time. Jadi, sudah terbayang kan gimana jika cache di hpmu tidak dibersihkan?

Walaupun perangkatmu sudah dibekali memori atau penyimpanan yang lega, aktivitas membersihkan cache ini wajib dilakukan agar kinerja sistem perangkat android dapat berjalan lancar. Menumpuknya file cache dalam memori eksternal dan internel bisa menyebabkan terjaidnya konflik antar setiap file.

Biar Kamu lebih paham, ada beberapa kendala yang bisa Kamu alami saat mengakses perangkatmu jika tidak membersihkan cache secara rutin. Misalnya saja, membuat aplikasi jadi error, tidak responsif, force close, dan memperberat kinerja aplikasi. Kalau tidak bisa membersihkan cache secara rutin, setidaknya Kamu bisa membersihannya minimal 2 minggu atau 1 bulan sekali. Dengan membersihkan cache, membuatmu lebih leluasa berselancar di hp.

Cara Bersihkan Cache Hp Samsung

Cara Bersihkan Cache Hp Samsung
Tutorial Cara Membersihkan Cache Hp Samsung

Panduan Cara Menghapus Cache di Hp Samsung

Jika ingin menghapus sampai di hp Samsung, Kamu bisa melakukan beberapa metode yang paling tepat dan bisa dibilih berikut ini :

1. Membersihkan Cache di Hp Samsung Lewat Pengaturan

Cara bersihkan cache hp Samsung yang pertama ini bisa dilakukan lewat menu Setelan atau Pengaturan. Biasanya metode ini sering dilakukan seseorang saat aplikasi yang terinstal bermasalah. Di hp Samsung, Kamu bisa mengakses fitur ‘Aplikasi’ atau ‘Kelola Aplikasi’ dan hapus file sampah satu per satu di aplikasi yang Kamu inginkan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan masuk ke menu ‘Pengaturan’ di hp Samsung.
  • Scroll layar ke bawah, dan pilih ‘Aplikasi’.
  • Kamu bisa temukan, kemudian pilih aplikasi di hp Samsung sesuai keinginan.
  • Kemudian pilih ‘Penyimpanan’ dan klik ‘Hapus Memori’ agar cache di aplikasi tersebut terhapus.
  • Selesai.

2. Memakai Aplikasi ‘Perawatan Perangkat’

Cara membersihkan cache di hp Samsung berikutnya ialah Kamu bisa memanfaatkan aplikasi default dari Samsung, yakni ‘Perawatan Perangkat’ atau Device Care.  Tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja hp sekaligus dapat menghapus cache dengan cepat. Ketika Kamu menekan tombol bertuliskan ‘Optimalkan Sekarang’, dengan begitu bisa memaksimalkan kinerja perangkat. Caranya dengan membersihkan memori, cache, menutup aplikasi di hp yang berjalan pada layar belakang, dan melindungi perangkat terhadap serangan yang tak diinginkan.

Aplikasi default dari Samsung ini, memiliki fitur beragam yang mempermudahmu dapat mengontrol pemakaian memori, baterai, juga penyimpanan. Di samping itu, Kamu juga bisa menambahkan aplikasi pada beranda hp sebagai widget, tujuannya untuk mempermudah mengoptimalkan kerja perangkat. Berikut panduan cara bersihkan cache hp Samsung :

  • Masuk ke menu Pengaturan di hp Samsung.
  • Scroll layar ke bawah, dan pilih opsi ‘Perawatan perangkat dan baterai’.
  • Di halaman tersebut, Kamu bisa melihat tampilan informasi pemakaian sumber daya di perangkat.
  • Kemudian klik ‘Optimalkan Sekarang’ jika ingin mengoptimalkan perangkat milikmu.
  • Silahkan tunggu sampai selesai.

3. Memakai Aplikasi CCleaner

Cara membersihkan cache hp Samsung berikutnya ialah menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang salah satunya bernama CCleaner. Biasanya aplikasi pihak ketiga ini mempunyai fitur utilitas lebih banyak lagi dibandingkan aplikasi bawaan. Seperti CCleaner yang bisa mengoptimalkan penggunaan perangkat. Kamu dapat memakai aplikasi ini untuk membersihkan browser history, membersihkan cache, menonaktifkan aplikasi, menghapus aplikasi dan lainnya. Apabila Kamu memilih memakai CCleaner.

  • Silahkan unduh dan pasang lebih dulu aplikasi CCleaner.
  • Kamu cukup ikuti instruksi yang tersedia pada aplikasi, hingga mengizinkan aplikasi mengakses berbagai data di perangkatmu.
  • Klik ‘Pembersih Cepat’ tujuannya untuk proses peminadian.
  • Silahkan tunggu sampai pemindaian selesai.
  • Kamu bisa memilih file cache untuk dibersihkan, bisa juga memilih file lainnya.
  • Klik ‘Selesaikan Pembersihkan’ jika ingin membersihkannya.

Itulah 3 metode cara bersihkan cache hp Samsung yang dapat Kamu lakukan agar hp Samsung dapat bekerja secara optimal.

Kapan Harus Menghapus File Cache?

Kamu bisa membersihkan cache di hp Samsungmu, saat ada aplikasi di hpmu yang bermasalah atau ketika terjadi penurunan performa. Namun sebaiknya,bersihkan file cache paling tidak dilakukan 1 minggu atau 1 bulan sekali, jadi jangan sampai menunggu perangkatmu lemot dulu.

Selain Cache, Apa Saja Faktor yang Membuat Hp Samsung Nge-Lag?

Selain cache, ada beberapa fitur di bawah ini yang membuat hp Samsungmu nge-hang atau nge-lag, diantaranya :

1. Banyak Aplikasi di Hp yang Berjalan

Apabila ada banyak aplikasi di hpmu yang berjalan, biasanya membuat perangkatmu menjadi penuh. Hal inilah yang menyebabkan hp sering nge-hang atau nge-lag, sebab RAM tak bisa memberikan ruang yang cukup untuk hp Samsung itu sendiri.

2. Banyak Aplikasi Terinstal di Perangkat

Walaupun perangkat hpmu mempunyai memori internal maupun eksternal dengan kapasitas yang besar, tentu bukan berarti bisa leluasa memasang banyak aplikasi. Sebab jika semakin banyak Kamu memasang aplikasi, bisa membuat hpmu lemot.

3. Kapasitas Memori RAM yang Penuh

Salah satu faktor penyebab RAM yang penuh ialah ada banyak aplikasi berjalan di latar belakang atau beberapa aplikasi dibuka bersamaan. Sebaiknya tutup aplikasi yang tak digunakan agar kapasitas RAM hpmu menjadi leluasa.

Itulah beberapa penyebab kinerja hp Samsung menjadi berkurang atau sering nge-lag, selain akibat cache yang menumpuk. Tak hanya itu, cara bersihkan cache hp Samsung di atas bisa berguna untuk ponsel android lainnya, karena caranya kurang lebih sama. Tapi jangan lupa, metode di atas tidak berlaku bagi iPhone karena perangkat tersebut memiliki cara clear cache iphone yang tentunya berbeda dari android.

 

 

Related posts