Cara Pasang ACP Seven

Cara Pasang ACP Seven
Cara Pasang ACP Seven

Cara pasang ACP seven memang sedikit rumit sebab dibutuhkan keterampilan dan kesabaran yang memadahi. Namun kamu jangan bingung ketika melakukannya, sebab kami sudah menyediakan panduan lengkap yang akan memudahkanmu ketika memasangnya. Bahkan kamu hanya perlu mengeluarkan budget yang tidak terlalu banyak.

Apakah kamu mulai penasaran dengan bagaimana cara pasanganya? Tunggu apalagi, langsung saja simak penjelasan lengkap yang ada di bawah ini.

Cara Pasang ACP Seven

Cara Pasang ACP Seven
Cara Pasang ACP Seven

Apabila kamu masih bingung atau belum tahu bagaimana tata cara pasang ACP seven, maka kamu akan mengetahuinya melalui artikel kali ini. ACP seven merupakan salah satu hal uang penting sebab mempunyai peran yang sangat berpengaruh dalam hal membuat tampilan arsitektur menjadi lebih bagus dan indah, meskipun bobotnya yang ringan dan kerap berbahan dasar aluminium.

Untuk pemasangan ACP seven, bisa dibilang sangat cepat dan mudah untuk menjaga ketahanan dinding bangunan tertentu yang kamu inginkan. Memang benar, pemakaian ACP ini mampu mencegah dinding gendung atau rumahmu agar terhindar dari kerusakan, sehingga tampilannya menjadi lebih rapi dan sempurna.

Jika kamu sudah tidak sabar dan penasaran dengan bagaimana cara pasangnya, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Lakukan Persiapan Kerja

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika proses pemasangan ACP adalah lakukan persiapan kerja. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyiapkan semua hal baik secara teknis dan non teknis terhadap pekerjaan tersebut. Pekerjaan non teknis terdiri dari persiapan administrasi seperti survey lokasi, gambar, desai, rab, dan lain sebagainya.

Hal tersebut memang wajib kamu lakukan agar data yang sudah diperoleh bisa memudahkanmu untuk menyiapkan budget dan material lainnya sesuai dengan kebutuhamu. Selain itu, hal tersebut juga bisa membuat pekerjaanmu menjadi lebih mudah dan tidak akan ad hal lain yang bisa menghambat ketika proses pengerjaan berlangsung.

Sedangkan dalam hal persiapan teknis, kamu menyiapkan mulai dari demob alat, material pengerjaan, hingga menyiapkan alat bantu dalam menunjang pekerjaan. Dalam hal ini juga, kamu harus melakukan persiapan yang benar dan terliti, apalagi dalam hal menyediakan material ACP.

Kami sangat menyarankan, bahwa jangan sampai kamu salah memilih dan menentukan material yang akan digunakan nantinya. Apalagi dalam hal kode warna. Jika sampai kamu teledor atau melakukan kesalahan sedikitpun, maka bisa membuang-buang budget dan waktu. Apalagi harga ACP saat ini terbilang cukup mahal.

Langkah 2: Kerjakan Rangka ACP

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan semua struktur yang dibutuhkan dan harus sudah memenuhi pekerjaan rangka ACP sesuai dengan lokasi dan spek pekerjaan yang dibutuhkan. Dalam hal ini, kamu tidak bisa mengaturnya secara sembarangan bahkan kamu harus menyiapkan semuanya dari hal yang sederhana. Berikut adalah modul rangka ACP yang bisa kamu jadikan sebagai panduan.

  • Hollow Aluminiun cenderung banyak digunakan karena harganya yang masih tergolong lebih murah dan cara pemasangannyapun sangat mudah dan cepat. Namun untuk hal ini, kamu bisa memasangnya dengan cara las atau memakai skrup bajaringan
  • Hollow Galvanis merupakan bahan yang cenderung lebih kuat dan tahan ketika kamu memasangkannya untuk dinding gedung atapun rumah
  • Braket siku akan sangat berguna saat pemasangan ACP sebab bisa memperkuat dudukan rangka Hollow. Sedangkan bagiannya bisa kamu potong per 10 atau 20 cm sesuai dengan kebutuhanmu. Pemasangannya bisa menggunakan dilas atau skup pasang besar dengan fiser sehingga bisa menempel di dinding secara sempurna. Namun jika ingin terpasang menempel pada rangka, maka bisa dilas

Langkah 3: Lakukan Pengerjaan ACP

Langkah selanjutnya adalah kamu harus melakukan pengukuran kepada modul yang sudah ditentukan. Secara umum, modul akan sesuai dengan rangka yang baru saja dibut. Alat-alat yang digunakan untuk febrikasi ACP antara lain adalah router kecil, router cnc, dan hard router besar.

Kamu juga bisa langsung melakukan pemotongan untuk bisa membandingkannya dengan ukuran. Jika kamu menggunakan hard router kecil, maka ukurannya harus ditambah 4,5 meter berdasarkan dengan routernya. Contohnya jika kamu membuat bendingan 2 cm, maka bisa menghasilkan ukuran untuk profil sebesar 6,5 cm.

Jika modul ACP sudah dibending, maka kamu harus menekan bendingan tersebut agar bisa memudahkanmu untuk menambahkan barekt aluminium. Braket yang harus kamu gunakan adalah spigot atau stiffener. Profil spigot berbentuk siku aluminium dengan profilnnya menyerupai angka 2. Braket ini sangat berguna untuk mengunci ACP di dalam tangka dengan menggunakan sskrup.

Selain itu, standarnya bagi modul kotak berukuran 118 x118 cm, maka bisa memakai barket di setiap sisinya, yakni di bagian atas dan bawah total satu modul yang memakai 8 barket. Model tersebut, kamu bisa langsung pakai pada angka yang sudah dibuat.

Kami sangat menganjurkan kepadamu pada saat proses pemasangan modul ACP ini, maka gunakanlah benar agar bisa lurus dari ujung satu ke ujung lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memastikan bahwa level setiap permukaan ACP akan tetap sama rata. Pemasangan ACP ini sebaiknya kamu lakukan searah sehingga bisa memberikanmu hasil estetika yang lebih bagus.

Langkah 4: Selesaikan Tahap Akhir Atau Finishing

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan saat pemasangan ACP adalah memilih tukang yang mempunyai banyak pengalaman dan sudah professional dalam hal menyilen. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan beberapa material dan peralatan seperti lakban kertas, sealent, dan backup atau kertas busa spons. Apabila kamu sudah menyiapkan semua hal tersebut, maka simak sistem pengerjaannya berikut ini.

  • Pertama, sobek sedikit pelindung ACP yang ada di bagian sisi nat
  • Lalu ganjal permukaan dasar nat anatar ACP dengan backup
  • Pasanglah lakban kertas di serupa sisi nat untuk digunakan sebagai marking
  • Kemudian, kuncurkan sealent melalui celah permukaan nat yang sudah diganjal backup tadi
  • Tarik dan ratakan sealent melalui celah permukaan nat yang sudah diganjak backup tadi
  • Jika permukaan sealent sudah rata, maka lakban kertasnya bisa langsung kamu copot

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas dan sudah yakin dengan semuanya, maka kamu bisa langsung membuka proteksi ACP nya. Kamu juga harus pastikan sesuah membuka bagian tersebut dilepas, maka tidak memehang permukaan ACP. Hal ini dikarenakan ceceran sealent atau bekas tangan bisa meninggalkan bekas dan bisa membuat ACP menjadi tampak kotor dan tidak rapi.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara pasang ACP seven dengan baik dan benar. Jika kamu menggunakan ACP seven ini pada dinding atau rangka bangunanmu, maka dipastikan bangunan akan menjadi lebih kokok dan tahan lama sebab terlindungi dengan sempurna.

Demikian yang bisa kami sampaikan terkait bagaimana cara memasangnya. Semoga informasi di atas dapat membantu dan menambah wawasanmu. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel kami selanjutnya, ya.

 

Related posts