Cara Hemat Uang

Cara Hemat Uang
Cara Hemat Uang

Bang bing bung yok, kita nabung. Itulah sepenggal lirik yang pas untuk memulai cara hemat uang. Dengan menyisihkan sebagian penghasilan yang kalian miliki. Maka, pengeluaran akan lebih terkendali. Karena, semua kebutuhan utama sudah terperinci dengan jelas apa saja yang sekiranya kalian butuhkan untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Terutama kategori primer.

Apalagi, kalau bukan sandang atau makanan. Selayaknya makhluk hidup pada umumnya, ya pasti ada energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas harian. Mulai dari bangun tidur, bekerja, hingga beristirahat saja butuh adanya karbohidrat yang diolah oleh tubuh. Maka dari itu, jangan lewatkan memasukkan makanan ke dalam tubuh kalian setiap harinya. Biar sehat!

Tips Hemat Uang Untuk Pelajar

Tips hemat uang untuk pelajar sebenarnya sangat mudah. Tetapi terkadang, kalian masih saja melontarkan pertanyaan bagaimana cara hemat uang yang benar? Pastinya, bukan dengan mengorbankan tidak makan selama seharian. Karena, cara hemat uang makan anak kos dapat dibilang cukup ekstrim. Ada saja yang bahkan menanggalkan kesehatannya demi hemat uang.

Padahal, cara agar kita hemat uang dengan menerapkan cara hemat uang jajan bisa dilakukan dengan mudah. Kalau begini, tentu artinya kalian tetap harus makan secara teratur ya.. Hanya saja, untuk keperluan jajannya sedikit dikurangi. Mudahnya, kalian tidak boleh lapar mata. Sulit pastinya, tetapi hanya dengan prinsip itulah kalian dapat mempertahankan pengeluaran.

Cara Hemat Uang

Cara Hemat Uang
Cara Hemat Uang

Cara hemat uang dengan mudah yang dapat mengantarkan kalian menuju kebebasan finansial mandiri di masa depan. Ingat loh, bukan pelit tetapi hemat! Meski diantara kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang sangat tipis. Namun, tetap saja cara menghemat uang jajan pastinya butuh tekad yang kuat. Simak penjelasan berikut ini:

1. Catat Kebutuhan Pokok Harian Hingga Bulanan

Kiat hemat rumah tangga, salah satunya dapat kalian lakukan dengan mencatat rincian bahan yang sekiranya dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari kategori makanan, hingga peralatan untuk kebutuhan mandi dan lain sebagainya. Tentu saja, hal tersebut perlu kalian pikirkan secara matang. Terutama, saat kalian menjalani kehidupan di lingkungan yang baru.

Pastikan semua barang yang kalian butuhkan masuk ke dalam daftar belanja harian atau bisa saja kebutuhan hingga jangka waktu 1 bulan. Selain itu, perhatikan juga jumlah nominal dari pengeluaran yang dikeluarkan setelah berbelanja. Ini penting! Supaya kalian dapat menyikapi cara mengatur uang bulanan dengan benar.

2. Hindari Keseringan Jajan Saat Berpergian

Langkah berikutnya, juga tidak kalah penting. Karena, terkadang kalian menyepelekan hal-hal yang dianggap receh. Ya, terlalu sering mengeluarkan uang untuk jajan di pinggir jalanan bukanlah kebiasaan yang baik. Meskipun uang yang dikeluarkannya tidak sampai puluhan atau bahkan ratusan ribu rupiah. Namun, kalau diakumulasikan secara keseluruhan jadi boros.

Cara menghemat uang gaji, salah satunya ya dengan ini. Menekan hasrat keinginan diri yang sifatnya sementara. Sebab, keinginan untuk memiliki barang atau makan makanan jajanan itu tuh datangnya karena adanya dorongan perasaan khawatir ketinggalan dengan tren yang ada. Padahal, sudah jelas kalian tidak membutuhkan barang atau ingin memakan makanan tersebut.

3. Lakukan Perbandingan Harga Beli Produk

Poin kali ini, kalian diajak untuk menyadari terkait adanya perbedaan harga jual yang biasa ditawarkan oleh para penjual. Tidak perlu jauh-jauh, kalau kalian membeli produk via online. Pastinya akan menemukan barang serupa dengan harga yang berbeda-beda. Mulai dari yang murah, sampai dengan paling mahal. Ada harga, ada kualitas pastinya. Namun, bisa diakalin.

Cara hidup hemat dalam Islam contohnya. Kalian diperbolehkan untuk menawar harga dalam kisaran yang masih terbilang wajar. Akan tetapi, hal tersebut hanya dapat kalian lakukan ketika belanjanya di tempat seperti pasar. Selain itu, tentu harga yang tercantum di etalase itu ya sudah tidak bisa ditawar kembali alias saklek. Cari yang harganya murah tapi berkualitas.

4. Manfaatkan Voucher Promo

Beberapa e-commerce yang sedang gencar melakukan promo, dapat menjadi kesempatanmu untuk bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya voucher yang dimiliki. Biasanya, beberapa brand juga memperbolehkan customer untuk menambahkan voucher tersebut saat melakukan pembelian secara offline di toko resmi mereka. Apalagi, kalau produknya sudah didiskon.

5. Pakai Fasilitas Umum Saat di Tempat Publik

Kemudian, cara agar kita bisa hemat uang lainnya bisa dengan mengikuti tips cara hemat uang satu ini. Kalian cukup pergi ke tempat-tempat umum yang ada di dekat tempat tinggal. Setelah itu, bawa perangkat laptop atau tabmu untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dari sekolah yang harus dikerjakan secara online. Supaya kalian tetap aman, coba ke stasiun saja.

Cara hemat uang agar tidak boros, tentu dengan menekan sebesar mungkin rupiah yang akan kalian keluarkan untuk kebutuhan tersier. Contohnya, kuota data internet. Sebenarnya, di era modern seperti saat ini kebutuhan internet bisa dikatakan sebagai bagian dari primer. Tetapi, dengan cara belajar hemat uang tersebut kalian dapat menghemat uang lebih banyak.

Cara Menghemat Uang Gaji

Cara menghemat uang gaji ini cukup unik. Apalagi, buat kalian yang masih sering bertanya gimana cara hemat. Nah, dengan mengikuti tips hemat uang bagi pelajar. Kalian juga bisa loh, merealisasikan cara hemat uang gaji bulanan. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Kurangi Nongkrong Sama Teman atau Kerabat Kalian

Cara menghemat uang bagi pelajar yang pertama, yaitu dengan mengurangi intensitas kalian nongkrong di tempat-tempat tongkrongan. Apalagi, ajakan dari teman atau kerabat ini biasa datang di kondisi yang tepat. Sulit untuk menghindarinya. Maka dari itu, coba sebisa mungkin kalian segera kembali ke kosan atau rumah setelah menyelesaikan urusan di luar.

2. Alihkan Tabungan Menjadi Bentuk Investasi

Berikutnya, ada juga cara supaya hemat uang melalui uang tabungan. Kalian bisa saja simpan sebagian uang dari penghasilan di bank lain untuk menghindari pemakaian di luar kebutuhan. Akan tetapi, hal tersebut tidak terlalu worth it. Justru, malah merugikan diri kalian. Coba pilih jenis investasi yang cocok sesuai pendapatan dan keinginan. Ada saham, emas, obligasi, dll.

3. Hindari Penggunaan Paylater atau Pinjol

Bagaimana cara hemat uang? Sudah tidak perlu lagi kalian bingung untuk menjawabnya. Ya, hindari pemakaian atau menjadi salah satu pengguna aktif Paylater ataupun pinjaman online lainnya. Dengan begini, kalian jadi bisa praktekan cara menghemat uang belanja. Pokoknya, hidupmu jadi terasa lebih damai dan tenang.

4. Cari Cara Agar Dapat Promo

Cara agar kita bisa hemat uang selanjutnya, bisa diperoleh dengan mencari promo di berbagai merchant. Misalnya, saja McDonald. Kalian ada yang sudah tahu dong, cukup menyimpan struk hasil pembelian makanan bisa membantu menambahkan kesempatanmu beli burger atau makanan lainnya dengan harga yang sangat murah. Isi surveynya, dan voila! voucher muncul.

5. Kurangi Pemakaian Listrik Saat Siang Hari

Pemakaian listrik yang cukup sesuai kebutuhan, mampu meringankan beban pengeluaranmu di setiap bulannya. Kalian bisa coba dengan cara menghemat air. Kalau air di rumah masih cukup, tentuk kalian tidak perlu lagi sering-sering menyalakan jet pam atau sanyo.

Sekian pembahasan cara hemat uang kali ini. Baca juga informasi terkait, seputar cara hemat listrik AC. See you on the next topics, and have a nice days!

Related posts