Cara Ngelacak HP Oppo

Cara Ngelacak HP Oppo
Cara Ngelacak HP Oppo

Cara ngelacak HP Oppo yang hilang, bisa kamu jadikan sebagai solusi terbaik untuk mengatasi kondisi kamu takut kehilangan data-data penting atau dimarahi orang tuamu ketika mengalami keadaan tersebut. Ketika mengalaminya, kamu jangan panik dan tetaplah tenang sambil memikirkan metode apa yang tepat untuk bisa ngelacak posisi terakhir HP Oppomu.

Jika kamu sudah memikirkannya dan bingung ingin melakukan apa, maka kamu bisa memahami dan mengikuti beberapa panduan yang ada di artikel kali ini.

Tips Untuk Mengurangi Risiko Ketika Kehilangan Oppo

Ketika kamu kehilangan HP Oppomu, tentu akan menimbulkan kerugian yang tidak diduga. Selain kerugian secara fisik, kamu juga akan mengalami kerugian secara sentimental seperti kamu akan kehilangan momen-moemn penting yang sudah kamu abadikan di smartphone Oppomu. Tentu hal ini akan menyakitkan hatimu. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi risiko ketika kamu kehilangan Oppomu yang bisa kamu jadikan sebagai langkah pertama mengatasi kehilangan Oppo

  • Pertama, silahkan kamu gunakan fitur sync yang ada pada google photos. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menyimpan foto-foto atau berkas-berkas yang menurutmu bersifat sentimental pada penyimpanan awan google photos. Dengan melakukan hal ini, foto-foto yang kamu sembunyikan tersebut akan tetap utuh sekalipun ponsel Oppomu hilang. Kamu juga bisa menggunakan fitur ini ketika kamu ingin mengganti atau menjual ponsel Oppomu.
  • Selanjutnya, ungguh berkas-berkas yang penting pada Oppomu di google Drive. Kamu bisa mengunggah file-file penting pada layanan ini seperti surat digital, laporan penelitian, ataupun file-file lainnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu merasa khawatir akan kehilangan data penting saat HP Oppomu hilang atau dicuri.

Syarat Penting Ketika Kamu Melakukan Penglacakan HP Oppo

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama terkait bagaimana cara ngelacak HP Oppo, kamu harus mengetahui terlebih dahulu syaratnya. Sebelum kamu melacak HP Oppomu yang hilang, alangkag baiknya jika kamu mengingat-ingat bahwa ponselmu masih dalam keadaan hidup. Hal ini dikarenakan kamu bisa ngelacak HP Oppo ketika smarphonemu masih hidup saja. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa HP Oppomu yang hilang sudah dalam keadaan terhubung dengan jaringan GPS-nya. Dan yang paling penting adalah kamu pastikan bahwa ponselmu sudah terhubung dengan akun Googlenya, ya.

Cara Ngelacak HP Oppo

Cara Ngelacak HP Oppo
Cara Ngelacak HP Oppo

Selanjutnya, kamu akan memberintahumu terkait bagaimana cara ngelacak HP Oppomu yang hilang dengan mengikuti beberapa metode berikut. Tapi perlu kamu ingat, bahwa mengikuti semua syarat-syarat di atas adalah hal yang harus kamu penuhi untuk bisa memanfaatkan fitur My Device Oppo. Ya, fitur ini merupakan sebuah fitur yang memang disediakan untuk digunakan ketika kamu kehilangan HP Oppomu. Hal ini dikarenakan fitur find my devices memanfaatkan koneksi Internet dan GPS dari ponselmu yang hilang. Smarphonemu yang hilang akan dipoint-point melalui layanan GPS yang kemudian akan ditampilkan pada maps.

Setelah kamu sudah merasa mengikuti semua syarat-syarat yang sudah disebutkan, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk ngelacak HP Oppo yang hilang.

  • Pertama,  kamu kunjungi situs https://www.android.com/find melalui perangkat smartphone lainnya. Kamu bisa meminjam ke ponsel teman, keluarga, lepatop, ataupun lainnya
  • Kemudian kamu ikuti petunjuk yang ada untuk bisa masuk ke akun google yang terhubung dengan smartphone Oppomu yang hilang. Kamu juga harus memastikan bahwa kamu sudah mengingat semua informasi untuk masuk ke akun google milikmu
  • Pada bagian pojok kiri atas, silahkan kamu melihat ikon ponsel yang terhubung dengan akun google milikmu. Jika kamu melihat ikon tersebut, maka secara otomatis lokasi terakhir dari smarphone Oppomu akan segera tampak di layar sebelah kiri pada maps yang ditampilkan

Cara Ngelacak HP Oppo Pakai Fitur Lain Di Google Find My Device

Apabila kamu mengalami kondisi HP Oppomu hilang, maka akan muncul tiga menu lainnya di fitur Google My Devices diantaranya adalah secure device, play sound, dan erase device. Ketiga fitur tersebut merupakan fitur yang sangat penting untuk bisa kamu gunakan ketika ingin ngelacak HP Oppomu yang hilang. Berikut adalah penjelasan dari cara ngelacak pakai ketiga fitur tersebut.

  • Fitur pertama adalah play sound yang bisa kamu gunakan ketika kamu sudah melakukan miscall tidak berhasil karena HP Oppomu dalam keadaan senyap. Fitur play sound ini akan menyembunyikan HP Oppomu meskipun dalam keadaan senyap. Dengan demikian, kamu akan sangat mudah untuk menemukan HP Oppomu yang terselip ataupun terjatuh di sekitarmu
  • Fitur kedua adalah Secure Device yang bisa kamu gunakan untuk mengunci perangkat agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang menemukan ataupun mencuri HP Oppomu. Kamu bisa meninggalkan pesan yang akan ditampilkan di layar ponselmu sepertinya nomor telepon yang bisa dihubungi. Jadi, ketika kamu memanfaatkan fitur ini maka kamu harus bersabar untuk menunggu seseorang yang menelpon ke nomor yang kamu berikan
  • Fitur ketiga adalah erase device yang merupakan fitur terakhir yang bisa kamu gunakan ketika memang HP Oppomu raib karena tangan-tangan uang tidak bertanggung jawab. Fitur ini merupakan pilihan yang bijak untuk bisa menyelamatkan data-data pentingmu seperti mobile banking dan sarana chasless lainnya

Cara Ngelacak HP Oppo Yang Hilang Dalam Keadaan Offline

Metode yang bisa kamu gunakan untuk ngelacak HP Oppomu yang hilang adalah dengan ngelacak ya jika keadaan smarphonemu dalam keadaan offline. Apabila kamu sudah yakin memenuhi syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, namun tidak bisa menghubungi nomor yang ada ponsel milkmu, maka metode ini bisa menjadi pilihan cara terakhir yang alternatif.

Mengapa demikian? Sebab metode ini bisa digunakan untuk menemukan HP Oppomu yang hilang dengan fitur linimasa atau timeline yang ada diaplikasi google maps. Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara melakukan metode terakhir ini, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama,  kamu masuk ke akun googlemu yang terhubung dengan ponsel milikmu dan bukalah layanan Google maps yang ada
  • Kemudian, kamu ketuk menu tiga garis yang ada di bagian pojok kiri atas dan pilih your timeline atau linimasa milikmu
  • Setelah itu, akan muncul jendela baru dan akan terbuka.
  • Kemudian kamu masukkan tanggal ketika HP Oppomu hilang untuk bisa memastikan atau mengecek riwayat lokasi terakhir HP Oppomu ketika masih terhubung dengan jaringan
  • Kamu akan melihat lini masa dari HP Oppomu yang hilang yang ditampilkan di maps. Dengan demikian, kamu telah berhasil melakukan pengecekan lokasi terakhir di smarphonemu dan mengambil tindakan tas informasi tersebut. Misalnya datang ke lokasinya dan melakukan pengecekan.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara ngelacak HP Oppomu yang hilang dengan menggunakan beberapa metode mudah untuk dilakukan. Silahkan kamu mencoba salah atau metode yang sesuai dengan keadaan terakhir HP Oppomu saat hilang. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

 

Related posts