Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram: Gratis dan Berbayar💜

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram
Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

WIGATOS.com | Mendapatkan lencana verifikasi di Instagram pastinya menjadi harapan semua pengguna. Bukan hanya untuk gaya-gayaan, tapi ikon tersebut juga tanda bahwa akun yang dimiliki itu asli. Tapi, sudahkah Kamu tahu bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram? 

Kamu pasti seringnya melihat centang biru di akun-akun artis atau public figure. Namun sebenarnya Kamu juga dapat mengajukannya jika memenuhi persyaratan. Untuk mendapatkan lencana verifikasi IG pun bisa dibilang susah-susah gampang. 

Read More

Jika Kamu penasaran bagaimana caranya, bisa cek penjelasan di bawah ini. Sebelum itu juga akan diterangkan apa saja persyaratan mendapatkan centang biru yang harus Kamu ketahui. Paling penting, sebenarnya apa kegunaan tanda ini? Berikut uraiannya. 

Apa Itu Centang Biru di Instagram? 

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tanda centang biru yang ada di sebelah nama akun Instagram seseorang. Ikon tersebut akan selalu ada di samping username, baik pada pencarian di profil, membuat feed, memberi komentar, dan lainnya. Karena itulah, dapat dilihat oleh pengguna lainnya. 

Centang biru merupakan tanda bahwa suatu akun sudah terverifikasi. Lewat beberapa tahapan, pihak Instagram memastikan bahwa akun tersebut asli. Entah jenis akun mewakili tokoh publik, selebriti, merek, dan lain-lain. 

Mungkin bagi Kamu centang biru hanya dianggap sebagai gaya-gayaan saja. Padahal tanda ini memiliki kegunaan yang penting. Salah satunya adalah membedakan antara akun Instagram yang asli dan palsu. Misalkan Kamu menemukan dua akun IG dengan nama hampir sama, maka yang ada centang biru itulah akun asli. 

Untuk brand dan toko tertentu, keberadaan tanda verifikasi pastinya menambah tingkat kepercayaan konsumen. Lain hal jika belum ada tandanya, meskipun jumlah followers mungkin banyak. Karena kalau sudah melewati verifikasi Instagram, berarti benar-benar asli dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Sebenarnya kalau berbicara kegunaan, centang biru itu memberikan banyak manfaat. Berikut ini beberapa fungsi dari lencana verifikasi Instagram:

Lebih mudah mengenali akun yang asli. 

  • Meningkatkan eksistensi. 
  • Meningkatkan konversi bisnis, sehingga banyak pengguna IG yang percaya dengan produk tersebut. 
  • Menjadi peluang endorsement dan menghasilkan banyak yang. 
  • Meningkatkan brand awareness terhadap pengguna Instagram. 
  • Mendapatkan berbagai fitur premium. 
  • Mengurangi penyalahgunaan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Syarat Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Sebelum menerangkan cara mendapatkan centang biru di Instagram, Kamu wajib tahu hal penting ini. Sebenarnya semua bisa menerima lencana verifikasi di sebelah nama akunnya. Namun ada persyaratan penting sebelum mulai mengajukan. Di bawah ini beberapa syarat sesuai dengan Ketentuan Pengguna dan Pedoman Komunitas:

1. Autentik

Persyaratan pertama agar Kamu bisa mendapatkan centang biru di IG adalah memiliki akun yang autentik. Maksud dari autentik yaitu akun tersebut dapat dipercaya dan dibuktikan keasliannya. Kamu harus mampu menunjukkan bahwa benar-benar sebagai pemilik akun tersebut. 

Autentik menjadi persyaratan mutlak. Pemiliknya pun harus jelas, apakah itu akun Instagram milik seseorang, bisnis, atau entitas tertentu. Sedangkan akun yang dimiliki hewan tidak memenuhi persyaratan autentik. 

2. Unik

Akun Instagram milikmu bisa mendapatkan centang biru kalau memenuhi persyaratan kedua, yakni unik. Maksud dari ketentuan ini adalah akun yang Kamu miliki benar-benar hanya satu itu dan tidak ada akun double. Setiap pengguna harus mempunyai satu akun yang berhak menerima lencana verifikasi. 

Untuk menunjukkan keunikan akun, Kamu dapat melakukan personalisasi postingan. Buatlah konten yang sesuai dengan branding akun yang dibangun dan punyai ciri khas, sehingga berbeda dari peniru. Tapi persyaratan unik dikecualikan untuk akun bisnis yang memiliki beberapa bahasa sekaligus. 

3. Keterangan Lengkap

Sebelum mengetahui cara mendapatkan centang biru di Instagram, pastikan Kamu memenuhi persyaratan yang ketiga ini. Hanya akun dengan profil lengkap yang bisa menerima lencana verifikasi. Terutama di bagian bio, nama pengguna, foto profil, dan informasi penting lainnya. 

Pastikan Kamu tidak menggunakan nama samaran yang terkesan sebagai fake account. Di samping itu, jangan membuat akun privasi, tapi atur publik dahulu. Nantinya, pihak Instagram akan mengecek dan melakukan verifikasi data. Karena itulah, cantumkan informasi yang valid dan tidak dibuat-buat. 

4. Populer

Syarat berikutnya agar menerima centang biru adalah populer. Bagaimana cara kerja dari persyaratan keempat ini? Jadi, pihak Instagram akan melakukan peninjauan dan melihat seberapa sering akun tersebut dicari. Kalau berupa media massa, akan dilihat konten yang pernah diterbitkan. 

Membuat akun populer memang perlu usaha. Dimulai dari membangun identitas dan memiliki branding yang kuat. Buatlah postingan yang berkualitas, banyak disukai, sehingga muncul di halaman explore. Semakin mudah ditemukan pengguna lain, maka makin besar juga peluang mendapatkan centang biru. 

5. Jumlah Followers

Persyaratan terakhir adalah jumlah followers. Sebenarnya ini bukan pertimbangan utama. Tapi dengan followers yang tinggi, pasti dicari oleh banyak orang pula. Biasanya, jumlah minimal pengikutnya sebanyak 10 ribu. 

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram
Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Apa Kamu yakin kalau sudah memenuhi lima persyaratan yang dijelaskan di atas? Jika merasa layak untuk menerima lencana verifikasi, bisa mencoba cara mendapatkan centang biru di Instagram yang akan dijelaskan berikut. Pastikan mengetahui prosedurnya. 

Mendapatkan centang biru IG itu ada dua cara, yakni gratis dan berbayar. Kamu bisa cek cara mengajukannya di bawah ini:

1. Mendapatkan Centang Biru Tanpa Biaya

Cara mendapatkan centang biru di Instagram yang pertama yaitu secara gratis. Biasanya, akun terverifikasi dengan cara ini terbukti asli dan autentik. Sebab didapatkan dengan usaha, bukan instan. 

Pemilik akun membuktikan kelayakannya dengan membuat konten dan postingan yang berkualitas. Jadi, centang biru didapatkan bukan hanya untuk gaya-gayaan semata, tapi memang dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan publik. Untuk cara mendapatkannya seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi Instagram dan ketuk foto profil di bawah. 
  • Selanjutnya klik garis tiga di atas. 
  • Masuk ke bagian Pengaturan dan Privasi. 
  • Lanjutkan dengan memilih Fitur dan Kontrol Kreator. 
  • Gulir layar dan pilih menu Minta Verifikasi. 
  • Isi data yang disajikan dan tekan Kirim
  • Tunggu permintaan ini ditinjau oleh pihak Instagram. Biasanya maksimal 30 hari. 

2. Mendapatkan Centang Biru dengan Berlangganan

Ternyata sekarang ini lencana verifikasi bisa didapatkan dengan sangat mudah tanpa effort besar. Selama persyaratan terpenuhi, sangat mungkin centang biru tanpa takut pengajuan ditolak. Caranya yaitu berlangganan Rp100.000—Rp130.000/bulan lewat layanan Meta Verified. Langkah-langkahnya seperti di bawah:

  • Buka Instagram dan masuk ke bagian profil
  • Tekan garis tiga dan pilih Verifikasi Meta. 
  • Setujui Syarat dan Ketentuan, lalu ketuk Berlangganan
  • Pilih Daftar, kemudian Bayar Sekarang. 
  • Tentukan metode pembayaran dan tekan Berlangganan
  • Selanjutnya adalah proses verifikasi identitas. Ikuti instruksi untuk mengunggah kartu identitas dan mengambil foto dengan benar. 
  • Kalau sudah, tekan Selesai dan tunggu akun diverifikasi. 

Itulah dua cara mendapatkan centang biru di Instagram. Kamu bisa mengajukannya secara gratis dan berlangganan. Tapi pastikan memenuhi persyaratan autentik, unik, populer, profil lengkap, dan jumlah followers

Related posts