Cara Cek Spek Laptop

Bagaimana cara cek spek laptop? Membeli laptop tentu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan, terlebih lagi untuk laptop keluaran baru. Namun biasanya sebelum membeli laptop, Kamu harus melakukan pengecekan spek laptop terlebih dahulu. Hal tersebut bisa dilihat informasinga melalui referensi web atau dengan mengecek spesifikasi laptop itu sendiri secara langsung.

Sebenarnya ada beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dengan mengetahui cara cek spek laptop sebelum membelinya. Diantaranya Kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan laptop yang kamu beli jika dibandingkan laptop jenis lainnya.

Tak hanya itu saja, dengan mengecek spek laptop langsung juga bisa membuatmu tak mudah tertipu, sebab bisa saja penjual yang menawarkan produk tersebut mengaku-ngaku bahwa speknya tinggi padahal saat dicek justru speknya berbeda. Inilah alasan kenapa penting sekali melakukan pengecekan spek laptop terlebih dahulu sebelum membelinya.

Cara Cek Spek Laptop Mudah

Cara Cek Spek Laptop
Cek Spek Laptop | IMG: Freepik.com

Bagi Kamu yang kebingungan mengetahui spesifikasi komputer atau laptop yang akan dibeli, berikut panduan cara cek spek laptop mudah yang bisa Kamu tiru :

1. Memakai Setting App atau Pengaturan Aplikasi

Jika Kamu ingin memperoleh gambaran konfigurasi umum mengenai sistem pada laptopmu,  maka aplikasi pengaturan atau setting App bisa menyediakan informasi mengenai software dan hardware laptopmu. Untuk mengecek spesifikasi dasar laptop, berikut ulasan cara cek spek laptop di bawah ini :

  • Silahkan buka settings atau pengaturan terlebih dahulu.
  • Jika sudah, Kamu bisa pilih “system”.
  • Selanjutnya klik “About”.

Di halaman ini Kamu akan mendapatkan informasi tentang OS windows yang telah terinstall pada laptopmu. Di samping itu, Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang prosesor, kapasitas hard drive, serta kapasitas RAM yang dipakai.

2. Cek Spek Laptop Melalui Informasi Sistem

Informasi sistem sebenarnya bukan alat yang baru pada Windows, namun masih ada cara terbaik dan termudah yang bisa Kamu gunakan untuk mengecek spesifikasi sistem secara lengkap dari PC atau laptopmu. Adapun untuk membuka sistem informasi ini, dapat dilakukan dengan cara berikut :

– Silahkan buka opsi “start menu”.
– Lalu ketik System Information atau msinfo32.
– Selanjutnya tekan enter.

Hardware jenis apapun dalam perangkat komputermu, maka kemungkina besar Kamu bisa menemukannya dalam informasi sistem. Ketika Kamu membuka menu informasi sistem ini, Kamu akan mendapatkan ringkasan sistem, mencakup informasi tentang jenis sistem, model sistem, informasi BIOS, prosesor, dan waktu pembaruan firmware yang terakhir sampai kapasitas memori.

Akan tetapi, informasi pada kartu grafis sayangnya tidak tersedia dalam Ringkasan Sistem, namun jika hal tersebut adalah hal yang Kamu ingin ketahui, maka Kamu bisa melihat informasi tersebut dengan cepat dengan meng-expand components lalu klik “view“.

Adapun fitur menarik yang ada pada “system information” pada PC atau laptopmu ialah kemampuan pembuatan laporan lengkap tentang spesifikasi sistem PC-mu. Hal ini tentu sangat berguna bila Kamu mengalami kegagalan hardware dan PC atau laptop tidak mau melakukan boot.

Apabila Kamu sudah menjalankan laporan dan menyimpannya pada OneDrive, maka hal tersebut akan tetap bisa diakses.

Dengan demikian, Kamu akan tahu apa saja yang terdapat pada sistem PC-mu, bahkan jika perangkat komputer tidak bisa memberitahumu lagi.

Adapun cara melakukan generate pada laporoan sistem spek PC atau laptopmu, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka opsi “System Information”.
  • Setelah itu, pilih tentang informasi spesifikasi yang Kamu butuhkan. Misalnya, jika Kamu memilih opsi “System Summary”, Kamu akan langsung ditampilkan informasi mendeteail tentang summary PC atau laptopmu. Namun jika Kamu hanya memerlukan info tentang kartu garfis, maka Kamu dapat memilih display.
  • Silahkan klik file, lalu pilih export.
  • Kemudian browse lokasi tempatmu menyimpan file.
  • Sillahkan beri nama dalam laporan lalu klik save.

3. Cek Spek Laptop Memakai Command Prompt (CMD)

Kamu juga bisa memakai systeminfo.exe sebagai perintah CMD untuk memungkinkanmu memperoleh informasi lebih banyak mengenai spesifikasi laptopmu. Bahkan cara cek spek laptop ini akan menginformasikan kapan sistem operasi diinstall di PC/laptopmu.

Berikut ulasan cara ek spek laptop memakai utilitas command prompt dengan lengkap, diantaranya :

  • Silahkan buka start, lalu ketik di kotak pencarian “Command Prompt”.
  • Jika sudah klik kanan dan Run as administrator.
  • Lalu ketikan perintah dan enter : systeminfo.

Jika Kamu sudah menjalankan perintahnya, Kamu akan memperoleh konfigurasi secara terperinci mengenai perangkat keras, sistem operasi dan spesifikasi laptop, termasuk informasi pembaruan, Windows, memori, versi BIOS, detail network adaptor, hingga informasi lainnya.

4. Cek Spek Laptop Melalui Windows Explorer

Cara cek spek laptop berikutnya ialah dengan cara menggunakan Windows Explorer. Kamu bisa memperoleh informasi tentang spek laptop dengan mudah tanpa memakai aplikasi pihak ketiga. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka file Windows Explorer caranya cukup menekan shortcutWindows + E“.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan file explorer, Kamu bisa memilih My Computer di PC atau ada juga yang namanya AMR. Kemudian klik kanan pada “Properties”.

Selanjutnya akan muncul informasi tentang spesifikasi komputer atau laptopmu, berupa Windows Edition maupun System berupa prosesor yang dipakai, informasi mengenai memory RAM, pen and touchsystem type, sampai informasi tentang computer name dan windows activation.

5. Cek Spek Laptop Memakai DXdiag

Cara cek spek laptop berikutnya ialah memakai Dxdiag, yakni DirectX Diagnostic Tools.

Adapun Dxdiag sendiri ialah tampilan jendela yang ketika Kamu hendak mencari caranya dengan menekan Windows+R secara bersamaa atau Run, kemudian Kamu hanya perlu mengetikkan Dxdiag saja dan klik OK. Setelah itu, akan muncul tampilan jendela baru dari Directx Diagnostic Tools.

Pada jendela Dxdiag ini akan tampil informasi mengenai spesifikasi laptop atau komputer secara ringkas, seperti informasi computer name, current time/datesystem operation, system manufacture, language, direct vertion, page file, memory, processor, dan BIOS.

Selain itu, akan terlihat 3 tab di jendela DxDiag seperti tab system, input, sound, display, dimana tiap-tiap tab tersebut nantinya akan menampilkan informasi mengenai spesifikasi komputer atau laptopmu secara detail.

6. Cek Spek Laptop Menggunakan CPU-Z

Cara cek spek laptop terakhir ialah dengan cara menginstall aplikasi CPU-Z. Kamu bisa mengunduhnya di link https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html.

Kamu harus tahu jika CPU-Z adalah alat diagnostik untuk menampilkan informasi mengenai spesifikasi komputer atau laptopmu. Selain itu, CPU-Z juga bisa memonitoring kinerja pada benchmark software maupun hardware di komputer atau laptop.

Pemakaian CPU-Z sangat mudah bahkan oleh pemula sekalipun dan sesudah program tersebut dijalankan, Kamu bisa menemukan berbagai informasi mengenai spek laptopmu, seperti memori, prosesor, dan yang paling penting Kamu bisa mengetahui informasi tentang spesifikasi komputer atau laptop.

Saat program dijalankan, CPU-Z langsung menampilkan informasi tentang seluruh komponen yang terdapat pada komputer atau laptopmu.

Ya, itulah 7 panduan cara cek spek laptop dengan mudah yang bisa Kamu tiru. Dengan demikian, Kamu tidak akan tertipu saat membeli laptop atau Kamu bisa mengetahui berbagai informasi lainnya terkait laptop yang Kamu miliki. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019