Cara Memperbaiki Dinding Retak (Sendiri) 4 Metode Mudah!

Cara Memperbaiki Dinding Retak
Cara Memperbaiki Dinding Retak

Setiap pemilik rumah tentu merasa gundah saat mengetahui ada dinding rumahnya yang rusak. Karena kondisi ini bisa membuat estetika rumah terganggu, hingga kekhawatira dinding rumah menjadi roboh. Jika hal ini terjadi, kamu harus tahu bagaimana cara memperbaiki dinding retak pada rumah.

Ada beberapa faktor penyebab dinding rumah yang retak, dari kondisi yang sepele sampai kondisi yang berat. Kerusakan jenis ini harus diidentifikasi terlebih dhaulu supaya kamu bisa mengatasinya dengan tepat.

Apabila kondisi kerusakannya ringan, misalya seperti keretakan halus yang disebabkan oleh plesteran menyusut atau kondisi rumah yang baru, maka kamu dapat megatasinya sendiri.

Cara Memperbaiki Dinding Retak

Cara Memperbaiki Dinding Retak
Cara Memperbaiki Dinding Retak

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi dinding rumah yang retak berdasarkan faktor penyebabnya, antara lain :

1. Cara Mengatasi Dinding Retak Akibat Struktur Pondasi Berubah

Biasanya pondasi rumah mengalami labil akibat faktor pergeseran tanah, sehingga membuat bata pada bagian dalamnya pecah. Akhirnya, pecah bata ini membuat acian dinding dan plesteran menjadi ikut retak.

Selain itu, retak yang disebabkan oleh pergerakan pondasi atau perubahan struktur pondasi ini memiliki bentuk tegak lurus bahkan diagonal. Untuk mengatasinya, ikuti beberapa langkah di bawah :

  • Buat celah yang kecil antara bagian balok atas dinding dengan dinding itu sendiri. Tujuannya untuk meminimalisir tekanan yang berasal dari bagian atas.
  • Kamu bisa mengisi celah menggunakan karet atau styrofoam, lalu tutup celah tersebut menggunakan gypsum atau lis kayu.
  • Jika sudah, buka dinding yang mengalami retak denga lebar sekitar 1 cm, lalu isi menggunakan adukan semen pasir dengan perbandingan 1:5.
  • Diamkan sampai mengering sekitar 3 hari, lalu tutup menggunakan campuran semen dengan Super Cement Aquaproof, cat dengan warna sesuai keinginan.

2. Cara Memperbaiki Dinding Retak Akibat Plester Menyusut

Biasanya dinding rumah terdiri atas beberapa lapisan, dari mulai bata, lapisan plesteran semen, kemudian acian, lalu cat. Apabila salah satu pada lapisan tersebut terganggu, maka dapat menjadi pemicu diding rumah mengalami retak. Misalnya, akibat menyusutnya plester karena terlalu kering.

Kerusakan dinding yang disebabkan oleh penyusutan pada plester ini sebenarya mudah ditangani. Untuk memastikan agar penyusutan plester tidak terlalu parah, pastikan supaya ruangan dinding yang retak tersebut tetap tertutup dan gelap.

3. Memperbaiki Dinding yang Retak Karena Rusaknya Saluran Pipa

Instalasi listrik atau pipa air yang dibuat biasanya hanya ditempatkan di atas bata, selanjutnya langsung bisa menyebabkan keretakan di dinding. Jenis keretakan tersebut umumnya mengakibatkan celah yang lurus pada sepanjang pipa.

Maka dari itu, untuk memperbaikinya silakan buka plester di saluran pipa kembali dengan ukuran lebar sekitar 5 cm. Lalu bungkus pipa menggunakan kawat ayam, kemudian tambal menggunakan campuran air dan Super Cement melalui perbandingan 5:1.

Jika sudah, tambahkan pasir dan semen sesuai tingkat kekentalan yang kamu inginkan. Silakan paksakan adukan untuk masuk ke tembok, lalu ratakan bagian permukaannya. Jika sudah mengering, kamu bisa lanjut dengan pengecatan.

4. Memperbaiki Dinding yang Retak Seribu

Retak pecah telur atau biasa disebut sebagai retak seribu, biasanya akibat acian pada plester terlalu cepat yang proses penyusutannya beum berhenti. Selain itu, plester yang masih belum menyusut disebabkan terlalu tebal dengan sekali aplikasi. Bisa juga disebabkan oleh kadar lumpur di atas 5%.

Kondisi retak ini apabila diraba menggunakan tangan bisa terasa semakin dalam. Sebagai solusinya, kamu tinggal mengisi retakan menggunakan campuran semen dan Super Cement.

Untuk aplikasinya sendiri hampir sama dengan ketika kamu memperbaiki tembok yang disebabkan oleh conduit, dengan mencampurkan air dan Super Cement. Untuk perbandingannya adalah 20:1, lalu tambahkan semen dengan tingkat kekentalan yang sesuai keinginan.

Itulah beberapa cara memperbaiki dinding retak yang bisa kamu coba untuk meminimalisir keretakan yang semakin lebar atau kerusakan yang semakin parah.

Related posts