Cara Jadi Dropship Shopee

Berbisnis di Shopee, tidak selalu harus memiliki toko sendiri atau menjadi reseller. Hal ini dikarenakan kamu juga bisa mencoba cara jadi dropship Shopee. Menariknya lagi berdasarkan survey, sebanyak 30% penjual yang ada di Shopee yaitu dropshipper.

Dengan kata lain, meskipun kamu tidak mempunyai toko offline atau fisik dan tidak menyediakan stok produk, maka kamu tetap bisa berjualan dengan menjadi dropshipper. Tidak sedikit dropshipper di Shopee yang mampu meraup keuntungan sampai puluhan juta rupiah.

Read More

Metode dropship ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merintis berjualan online di Shopee. Karenanya, metode ini dapat dijadikan modal awal dalam membangun ‘branding‘ untuk tokomu sendiri.

Sistem dropshipping biasanya mengandalkan keahlian dalam strategi marketing, sekaligus dapat dijalankan melalui lintas platform e-commerce. Usaha dropship sangat cocok diaplikasikan para mahasiswa, ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran yang sedang mencari tambahan penghasilan tanpa modal besar.

Mengenal Dropship di Shopee

Dropshipper sederhananya yaitu orang yang melakukan penjualan produk dari toko atau orang lain. Dalam hal ini, kamu tidak perlu harus melakukan pembelian produk dari distributor atau supplier lebih dulu.

Kamu hanya perlu memikirkan bagaimana caranya agar produk yang kamu tawarkan ada yang beli. Jika ada yang membelinya, kamu cukup menghubungi supplier produkmu untuk mengirimkan barang tersebut ke pembeli atau pelangganmu.

Terkait:  Cara Goyang Shopee

Keuntungan yang kamu peroleh dengan menjadi dropshipper adalah berdasarkan selisih harga jual produk supplier.

Cara Jadi Dropship Shopee

Cara Jadi Dropship Shopee
Panduan Jadi Dropship di Shopee

Memulai Bisnis Dropshipper di Shopee

Jika kamu ingin memulai usaha dropshipper, maka ada beberapa langkah cara jadi dropshipper Shopee yang bisa dipraktekan berikut ini :

Persiapan Sebelum Memulai Dropship di Shopee

Sebelum memulai cara jadi dropship di Shopee, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan diantaranya :

1. Persiapan Proses Dropship

Sebelum kamu memulai dropship, ada langkah-langkah persiapan yang harus dilakukan. Beberapa diantaranya :

  • Tentukan jenis produk yang dijual

Langkah pertama, tentukan jenis produk yang ingin dijual. Hal tersebut karena tidak sedikit produk yang dijual di marketplace Shopee. Sehingga kamu harus lebih fokus memilih produk agar bisnismu lebih terarah. Tentukan jenis produk yang ingin kamu dropshipkan.

  • Cari Supplier yang Tepat dan Terpercaya

Langkah terpenting yang juga harus kamu perhatikan yaitu pilih supplier yang tepat. Ingat, cari supplier bisa dengan melihat rating atau memilih penjual ‘Star’ di Shopee karena sudah dipercaya.

2. Membuat Akun Shopee Untuk Dropship

Jika sudah memilih produk jualan dan supplier yang tepat, selajutnya kamu hanya perlu membuat akun yang digunakan untuk berjualan di Shopee. Kamu bisa membuat akun langsung via smartphone, caranya dengan mendownload aplikasi Shopee terlebih dahulu, baik via AppStore maupun Play Store.

Namun jika kamu memakai laptop, kamu juga bisa berkunjung langsung ke website resmi Shopee di link ini.

3. Daftar Gratis Ongkir

Jika kamu sudah mempunyai akun khusus untuk berjualan, kamu bisa mendaftarkan tokomu untuk mendapatkan layanan gratis ongkir Shopee. Setelah medaftarkan layanan gratis ongkir, maka pembelimu akan memperoleh subsidi ongkir hingga Rp. 40 ribu. Kamu bisa mencoba cara membuat gratis ongkir Shopee untuk mendaftarkanya.

Terkait:  Cara Jadi Dropshipper

4. Upload Foto Produk yang Dijual

Selanjutnya, kamu bisa mengupload foto produk yang dijual lewat media sosial lalu mempromosikannya di layanan media sosial atau lainnya dengan maksimal. Jika sudah, kamu hanya perlu menunggu pesanan masuk dan selanjutnya orderanmu bisa kamu pesankan di aplikasi Shopee dengan langkah-langkah di bawah.

Tutorial Jadi Dropship di Shopee

Jika sudah mempromosikan produk yang kamu jual, kamu bisa melanjutkan cara jadi dropship Shopee dengan langkah-langkah dibawah :

1. Pilih Produk yang Akan didropshipkan

Cara jadi dropship di Shopee selanjutnya yaitu pilih produk yang akan kamu dropship-kan. Metode ini sebenarnya sama seperti ketika kamu memilih produk yang akan dibeli di aplikasi Shopee, dengan mengklik produk tersebut.

2. Memilih Ukuran Sesuai Keinginan

Jika sudah memilih produk yang akan dibeli, kamu akan diminta memilih warna atau ukuran produk. Silahkan pilih warna, ukuran beserta jumlah barang. Lalu kamu bisa melanjutkan dengan mengklik ‘Beli Sekarang’.

4. Centang Produk yang Ingin Dibeli

Sebelum proses checkout, biasanya kamu akan diminta memilih produk yang sudah kamu pilih sebelumnya. Produk-produk tersebut terletak di ikon keranjang Shopee. Kamu dapat mengecek apakah produk tersebut sudah benar. Cara jadi dropship Shopee selanjutnya yaitu dengan checkout.

5. Inputkan Alamat Pengiriman

Jika sudah checkout, kamu akan langsung dibawa pada tampilan berikutnya. Di opsi teratas, kamu selanjutnya akan diminta menginputkan alamat pengiriman. Dari sini kamu dapat menginputkan alamat pengiriman konsumen atau pembeli yang membeli produkmu.

6. Kirim Barang Sebagai Dropshipper

Sesudah menginputkan alamat, kamu akan langsung diminta menginputkan beberapa data lainnya, baik itu voucher, metode pembayaran dan opsi pengiriman. Kamu tinggal mengisinya saja seperti biasa. Setelah itu, kamu bisa menambahkan dropship, aktifkan ‘kirim sebagai dropshipper’ tepat di menu paling bawah saat checkout.

7. Lakukan Pengisian Informasi Dropship

Jika sudah mengaktifkan dropshiper, maka kamu akan langsung diminta mengisi informasi lengkap berupa nomor telepon dan nama pengirim. Kamu bisa menginputkan nama serta nomor hp pembelimu. Untuk selanjutnya, nomor hp dan nama akan langsung dicantumkan pada paket pengiriman supaya pembelil mengetahui produk tersebut.

Terkait:  Cara Bebas Ongkir Shopee

Ini Dia Keuntungan Menjadi Dropship Shopee

Jika kamu sudah memahami cara jadi dropship Shopee, kini pastikan kamu mengetahui banyak keuntungan menjadi dropshipper Shopee, diantaranya :

1. Ada Pilihan Layanan Ongkir Gratis

Melalui layanan ongkir gratis, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang sampai 2 kali. Walaupun pembeli akan membayar gantinya. Melalui fitur yang satu ini, dapat memudahkan proses penjualanmu.

Apalagi biasanya pembeli mudah tergiur dengan layanan gratis ongkir. Mengingat ongkir masih menjadi masalah terbesar untuk pencinta belanja online. Pembelian barang yang digabungkan dengan ongkos kirim biasanya lebih mahal.

2. Praktis

Salah satu kelebihan bisnis dropship adalah sangat praktis. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu lagi melakukan pengemasan serta pengiriman, sebab semuanya akan dilakukan oleh supplier. Bahkan kamu tidak perlu direpotkan oleh proses produksi, sebab barang tersebut telah diproduksi oleh supplier.

Dalam dropship, kamu hanya perlu memikirkan bagaimana cara agar jualanmu laris atau banyak pembeli yang tertarik.

3. Nyaris Tanpa Modal

Dengan berbisnis dropship di Shopee, kamu juga tidak membutuhkan modal besar bahkan dapat dikatakan nyaris tanpa modal. Kamu hanya memerlukan modal jaringan internet dan smartphone. Sehingga kuota internet yang kamu miliki bisa dimanfaatkan untuk berbisnis.

4. Fleksibel

Menjadi dropshipper di Shopee bisa dikatakan fleksibel. Karena kamu bisa berbisnis kapan saja tanpa batasan waktu, kamu juga bisa berbisnis sambil rebahan dan tidak perlu bertemu pembeli. Sekali lagi, modal yang kamu butuhkanan hanya internet dan smartphone.

Dengan cara jadi dropship Shopee, kamu sudah bisa merintis usaha online untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan keuntungaan di atas jika konsisten berjualan online di Shopee dengan metode dropship.

 

Related posts