Cara Check In Online Traveloka

Traveloka adalah sebuah perusahaan travel terkenal di Asia Tenggara dan hadir mnyediakan berbagai macam kebutuhan perjalanan lewat satu platform. Website yang melayani reservasi tiket pesawat dan hotel online ini juga terkenal sebagai agen terbaik yang dapat dipilih para traveller. 

Traveloka telah bekerja sama dengan 100 lebih maskapai domestik juga internasional. Telah melayani 200.000 lebih rute penerbangan hingga ke seluruh dunia. Tak hanya itu saja, agan travel terkemuka ini juga melayani pemesanan akomodasi bervariasi terbesar, seperti apartemen, hotel, vila, resor, guest house, dan homestay.

Bahkan semuanya telah didukung oleh 40 lebih sistem pembayaran ke seluruh pelanggan yang ada di Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filiphina, dan Singapura. Bahkan didukung oleh customer service yang selalu siap melayani hingga 24 jam.

Apa Saja Keunggulan Memilih Traveloka?

Sebagai agen travel terpercaya, tentu saja ada banyak keunggulan yang ditawarkan dengan memesan tiket pesawat, hotel, pembelian voucher dan lainnya di Traveloka, berikut ini :

1. Menawarkan Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Traveloka menyuguhkan berbagai macam pilihan metode pembayaran. Bahkan untuk pembelian voucher sekalipun sudah semakin fleksibel, dengan pilihan metode pembayaran lewat kartu kredit, ATM, dan internet banking.

2. Diskon Spesial

Traveloka juga menyediakan diskon hotel secara khusus untuk para pelanggan newsletterflight serta member Traveloka. Sehingga Kamu pun menjadi lebih hemat.

3. Jaminan Harga Terbaik

Harga yang kompetitif dengan jaringan hotel budget yang luas hingga hotel bintang 5 sekalipun, seperti Amaris, Ibis, Hotel Santika dengan jaminan penawaran harga terbaik.

4. Sistem Pencarian Dengan Teknologi Terkini

Bagi Kamu yang sedang mencari tiket pesawat dengan harga terbaik, waktu terbang, lama perjalanan, kombinasi berbagai maskapai yang didukung oleh teknologi digital.

5. Transaksi Online Dengan Jaminan Aman

Melalui teknologi SSL bersertifikasi yang sudah terorientasi telah menjamin keamanan dan privasi transaksi online. Kamu bisa melakukan konfirmasi secara instan dan pengiriman e-ticket lewat akun email-mu.

Cara Check In Online Traveloka

Cara Check In Online Traveloka
Panduan Check In Traveloka Online

Panduan Check In Pesawat Online di Traveloka

Traveloka mempermudah para traveler dengan menawarkan layanan check in pesawat online melalui Apps. Dengan begitu, Kamu tak perlu harus mengantri lama di loket check in.

Traveloka adalah perusahaan teknologi layanan aplikasi travel booking baik untuk tujuan lokal maupun interasional. Perusahaan travel agen online ini juga termasuk yang pertama di tanah air yang menyediakan fitur check in online, yang bisa diakses langsung oleh para pelanggan lewat aplikasi Traveloka.

Bagi Kamu yang ingin bepergian memakai pesawat, bisa mencoba cara check in online Traveloka terlebih dahulu sebelum keberangkatan.

Layanan check in online bisa diakses oleh para pelanggan Traveloka di tanah air yang akan melakukan penerbangan secara domestik, menggunakan maskapai Citilink, Batik Air, Lion Air, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Wings Air.

Proses check in pesawat online sekarang ini bisa dilakukan lewat aplikasi Traveloka mulai 24 jam sebelum waktu keberangkatan, atau menyesuaikan peraturan dan kebijakan masing-masing maskapai penerbangan.

Adapun panduan check in pesawat online di Traveloka ialah sebagai berikut :

1. Login ke Akun Traveloka

Jika sudah mempunyai akun Traveloka, maka Kamu bisa masuk langsung memakai akun gmail beserta password yang telah dibuat sebelumnya.

2. Pilih e-Ticket

Di halaman utama akun Traveloka, akan tertera menu pesanan. Silahkan klik di “menu pesanan”, kemudian buka “e-ticket” lalu tekan “check in online”.

3. Lakukan Pengisian Data Check In

Jika Kamu sudah menyetujui kebijakan melakukan check in online, maka selanjutnya Kamu diminta melakukan pengisian data. Tentu saja hal tersebut perlu diperhatikan supaya Kamu tidak salah dalam melakukan pengisian data. Setelah itu, klik “check in”.

4. Menerima Konfirmasi

Setelah check in pesawat berhasil, selanjutnya boarding pass-mu langsung bisa dilihat lewat e-ticket. Selain itu, boarding pass akan langsung dikirimkan menuju alamat email-mu.

5. Mengecek Boarding Pass

Dengan memakai e-ticket ini, maka Kamu dapat mengecek, men-download boarding pass kepada penumpang lain.

Meskipun cara check in online Traveloka untuk tiket pesawat sudah dilakukan, setibanya di bandara pastikan untuk melakukan print out boarding pass asli, paspor, visa serta surat keterangan sehat.

Panduan Check In Hotel Online di Traveloka

Jika Kamu sudah berhasil reservasi hotel online dan telah mendapatkan voucher di Traveloka, maka Kamu bisa langsung check in. Adapun panduan check in hotel online di Traveloka ialah sebagai berikut :

1. Tunjukkan Voucher Hotel

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah langsung menunjukkan voucher hotel yang sudah didapatkan dari Traveloka ke pihak resepsionis hotel.

2. Memperlihatkan Kartu Identitas

Cara check in online Traveloka untuk pemesanan hotel selanjutnya, para petugas akan meminta KTP atau kartu identitas diri tiap-tiap tamu hotel untuk difotokopi. Nantinya akan dijadikan sebagai file dan akan disesuaikan dengan voucher. Pada beberapa hotel sendiri, biasanya ada yang hanya meminta data salah satu dari tamu hotel.

Selain itu, kartu identitas tersebut harus sesuai seperti yang ditulis oleh pemesan ketika melakukan pemesanan secara online di aplikasi Traveloka. Jika di dalam negeri biasanya yang paling sering diminta ialah KTP, sedangkan di luar negeri sendiri memakai paspor.

3. Menunjukkan receipt dari Aplikasi Traveloka

Dalam kondisi tertentu yang jarang terjadi,  ada kemungkinan muncul ketidaksesuaian data yang ada antara Traveloka dengan hotel. Biasanya ketidakcocokan tersebut ialah tentang apakah transaksi yang dilakukan belum terbayar atau sudah terbayar.

Pada kondisi ini, Kamu bisa langsung menunjukkan receipt dari aplikasi Traveloka yang Kamu peroleh sepaket dengan voucher hotel yang dikirimkan lewat email sebagai bukti jika Kamu sudah membayarnya.

4. Mendapatkan Kunci Hotel Menuju Kamar Hotel

Apabila semua proses administrasi sudah selesai dilakukan, umumnya para petugas langsung memberikan kunci serta mempersilahkan Kamu untuk memasuki kamar hotel.

Pada hotel-hotel kecil yang resepsionis hotelnya tidak berjaga selama 24 jam, mereka biasanya menawarkan kunci luar hotel supaya Kamu bisa leluasa keluar masuk selama 24 jam dengan cara memberikan DP atau uang deposit sesuai nominal tertentu. Dimana uang deposit tersebut nantinya dapat diambil lagi saat check out atau saat mengembalikan kunci. Nah, jika kunci hotel hilang, maka uang deposit secara otomatis akan hangus.

Jadi, untuk menghindari kejadian yang tidak Kamu inginkan ketika proses administrasi berlangsung dengan staf resepsionis, sebaiknya cetak receipt dan voucher hotel yang Kamu terima dari Traveloka. Sebab bisa saja ketika hendak melakukan check in sinyal ponselmu sedang buruk atau ponselmu sedang lowbat.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak melakukan check in hotel online Traveloka. Agar proses check in  berlangsung lancar, maka pastikan untuk mengikuti panduan chek in  di atas.

Jadi dengan Traveloka Kamu bisa melakukan cara check in online Traveloka, baik untuk check in tiket pesawat dan check in hotel. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019