Cara Cek In Hotel

Bagi yang baru pertama kali menginap di hotel, mungkin kebingungan bagaimana cara cek in hotel. Namun tenang saja, karena Kami akan membagikan tata caranya untuk Kamu semua.

Hotel merupakan tempat terpenting kita sedang di luar kota, melakukan perjalanan bisnis ataupun untuk berwisata ke suatu tempat. Hotel bisa dikataan sebagai tempat hunian sementara yang menawarkan sejumlah fasilitas.

Di kota Jakarta sendiri, bahkan ada banyak sekali hotel yang kita jumpai, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang dan berskala internasional. Kehadiran hotel tentu saja harus tetap terlihat eksis karena semakin tingginya permintaan kamar hotel di kalangan wisatawan domestik maupun asing.

Namun pada kenyataannya, banyak orang yang masih belum pernah bermalam di hotel, inilah alasan kenapa tak sedikit orang kebingungan saat harus cek in ke hotel. Jika Kamu salah satunya, dan ingin tahu bagaimana cara cek in hotel, ada beberapa langkah yang harus Kamu lewati di bawah ini!

Cara Cek In Hotel

Cara Cek In Hotel
Cek In Hotel

Berikut ini beberapa panduan cara cek in hotel baik untuk hotel-hotel di Indonesia maupun di mancanegara, diantaranya :

Cek In Sesuai Waktu yang Telah Ditetapkan

Ketika Kamu melakukan reservasi hotel lalu mendapat konfirmasi, sebaiknya perhatikan waktu check in terlebih dahulu. Biasanya Kamu bisa mengetahuinya lewat peraturan hotel tersebut.

Sebab peraturan antara hotel yang satu dengan hotel yang lainnya berbeda. Jadi sebaiknya pastikan terlebih dahulu supaya Kamu tak terlalu malam atau tak terlalu pagi saat cek in hotel.

Selain itu, banyak hotel-hotel yang ada di negara Eropa, sangat tegas mengenai peraturan waktu cek in hotel. Hal ini dikarenakan mungkin saja resepsionis pulang sesudah waktu cek in hotel yang tertera dilakukan konfirmasi.

Jika Terpaksa Harus Early Check In, Bagaimana?

Jika Kamu terpaksa melakukan cek in sebelum tiba waktu yang telah ditentukan alias harus early check in, sebaiknya beritahukan pihak hotel sebelum kedatangan atau ketika melakukan reservasi.

Saat Kamu melakukan booking hotel lewat agen travel secara online, biasanya  akan ada kolom bertuliskan “Special Request” atau “Special Notes” yang dapat Kamu manfaatkan untuk menginformasikan waktu kedatanganmu.

Tak semua permintaan untuk early check-in dapat dituruti, tapi setidaknya pihak hotel sudah mengetahuinya terlebih dahulu. Namun siapa tahu,ketika Kamu melakukan cek in, ternyata ada kamar kosong yang masih tersedia.

Jika Permintaan Untuk Early Check In Tidak Dipenuhi Pihak Hotel

Jika hal ini terjadi, misalkan dikarenakan faktor pesawatmu hanya tersedia di pagi hari, ini artinya Kamu tiba di tempat penginapan jauh sebelum waktu cek in. Hal ini tentu bisa mempersulitmu untuk melakukan early check in.

Sebagai solusinya, Kamu bisa mencoba menitipkan barang-barangmu di concierge, Kemudian manfaatkan waktu luang dengan melakukan aktivitas apapun. Baik itu melakukan massage atau Spa jika memungkinkan? atau aktivitas lainnya?

Paling nyaman jika hotel yang dipesan menawarkan fasilitas berupa hospitality lounge, dimana Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut sembari menunggu.

Mulai dari menonton film, duduk santai, hingga memesan minuman dan makanan favorit. Selain itu, beberapa hotel juga ikut menawarkan fasilitas shower bagi para tamu hotel yang membutuhkan.

Jika Tiba di Hotel Saat Tengah Malam

Cara Check In Hotel

Ketika memesan kamar hotel, sebaiknya jangan lupa menginformasikan waktu kedatanganmu. Apalagi jika Kamu tiba di hotel saat malam hari.

Tidak sedikit pihak hotel yang berlaku tegas, dengan menawarkan kembali kamar apabila saat jam 12 malam atau waktu yang telah ditentukan, ternyata tamu tidak kunjung check in atau tidak muncul.

Untuk menghindari kamar hotel dirilis, informasikanlah jika kedatanganmu kira-kira pada malam hari atau biasa disebut dengan istilah late check in.

Perlukah Voucher Hotel Berbentuk Fisiknya?

Banyak hotel berbintang yang kini sudah tak membutuhkan voucher hotel berbentuk fisik. Oleh karenanya, Kamu bisa melakukan check in cukup dengan membawa paspor atau KTP lalu sebutkan lewat mana Kamu memesan kamar hotel.

Namun, jika Kamu merasa waswas, apalagi bagi hotel low budget , tak ada salahnya untuk mencetak voucher berbentuk fisik sebagai cadangan.

Jangan Panik Bila Diminta Melakukan Deposit

Walaupun Kamu sudah membayar sewa kamar melalui pihak travel agent, tak jarang ketika cek in hotel Kamu akan dimintai uang untuk deposit.

Namun jangan langsung panik, sebab deposit ini hanya berbentuk jaminan apabila Kamu tidak sengaja menghilangkan kunci hotel.

Jadi, jika tidak terjadi kerusakan ataupun kunci kamar hotel tetap aman dan lengkap ketika check-out. Maka pihak hotel pun akan mengembalikan lagi uang deposit yang sudah Kamu bayarkan.

Oleh karenanya, jangan langsung emosi jika dimintai deposit ketika check in.

Cari Informasi Selengkapnya Mengenai Kebijakan Hotel

Cara cek in hotel berikutnya yaitu Kamu bisa menanyakan tentang informasi kebijakan hotel beserta fasilitasnya. Contoh, apakah hotel tersebut meneydiakan fasilitas free wifi ataukah tidak?

Lalu, kapan restoran hotel dibuka untuk makan pagi? Apakah tersedia fasilitas massage yang dapat dipanggil langsung ke kamar hotel?

Pastikan Kamu mencari informasinya terlebih dahulu mengenai hal-hal tersebut. Walaupun biasanya para staf front office akan menjelaskan secara detail, tidak jarang mereka lupa menjelaskan kebijakan lainnya.

Siapkan Uang Tunai Untuk Melakukan Deposit

Mungkin kebanyakan hotel menerima layanan credit card untuk pembayaran deposit hotel maupun restoran, akan tetapi tak ada salahnya jika Kamu tetap mempersiapkan uang tunai untuk berjaga-jaga.

Sebab tak jarang, ada pula hotel yang tak menerima credit card saat pembayaran, entah itu untuk melakukan deposit atau untuk memesan makanan.

Jadi mau tidak mau Kamu harus membayarnya dengan cara tunai.

Ambil Kartu Nama Hotel Untuk Berjaga-jaga Saat Berjalan-Jalan

Beberapa hotel biasanya menuliskan dengan lengkap alamat serta peta singkat di area tempat kunci. Namun jika tidak, ketika melakukan cek in sebaiknya sempatkan untuk meminta kartu nama hotel terlebih dahulu yang umumnya disediakan di meja resepsionis.

Hal ini berguna ketika Kamu pulang dari aktivitas berkeliling atau berjalan-jalan, terlebih lagi jika Kamu berada di tempat yang mengharuskanmu berbahasa asing.

Kamu cukup menunjukkan kartu tersebut kepada supir taksi. Sehingga tak perlu repot-repot lagi menjelaskan. Kalaupun tersesat, Kamu bisa langsung menunjukkan kartu tersebut ke warga di sekitar.

Upgrade Kamar Hotel

Siapa sih yang tidak tertarik dengan yang namanya free upgrade. Namun tentu saja Kamu harus lihat situasinya terlebih dahulu.

Jika pas waktunya high season, dan Kamu meminta layanan free upgrade, justru malah membuat staf hotel langsung tersenyum.

Namun jika Kamu melakukan cek in saat low season, terlebih lagi bagi hotel yang masih soft opening, maka tak ada salahnya meminta layanan free upgrade.

Nah, bagaimana cara cek in hotel di atas sebenarnya gampang kan? asal kan Kamu tahu kebijakan hotel yang akan Kamu tempati sementara dengan baik, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Sebagai tambahan, mungkin kamu juga harus tahu bagaimana cara cek in pesawat pertama kali. Semoga bermanfaat ya.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019