Cara Mengunci Whatsapp (Android & iOS) Semua Tipe!

Cara Mengunci Whatsapp
Cara Mengunci Whatsapp

Privasi menjadi hal utama yang ditawarkan oleh whatsapp kepada para penggunanya. Tentu hal ini dibuktikan dengan sebuah system yang bernama system enskripsi end to end sehingga keamanan di aplikasi ini sangat terjamin. Meskipun demikian, masih banyak yang bertanya tentang bagaimana cara mengunci whatsapp.

Hal ini tentu dikarenakan system yang diberikan whatsapp tersebut, kurang altenatif untuk menjaga privasi para penggunanya sebab banyak yang mengalami kebocoran data penting, pesan penting bocor ke media public. Tentu hal ini akan sangat merugikan banyak orang, apalagi bagi orang yang datanya dibocorkan atau privasinya diketahui orang lain. Jika kamu penasaran tentang bagaimana cara untuk bisa mengunci aplikasi WA, maka bisa langsung menyimak pada penjelasan berikut.

Read More

Cara Mengunci Whatsapp

Cara Mengunci Whatsapp
Cara Mengunci Whatsapp

Demi memberikan tingkat keamanan yang tinggi bagi para penggunanya, whatsapp pun segera merilis fitur menarik pada tahun 2019 silam. Fitur tersebut dapat memberikan akses kepada semua penggunanya untuk mengatur pilihan keamanan. Bahkan fitur terseut juga dijadikan sebagai salah satu metode mengunci whatsapp paling alternatif dan mudah.

Selain menggunakan fitur unggulan tadi, kamu juga bisa menggunakan metode lain yang dapat kamu gunakan untuk mengunci aplikasi whatsapp. Apabila kamu penasaran bagaimana cara menggunakan fitur baru whatsapp dan berbagai metode untuk menjaga keamanan privasi, maka bisa langsung membaca penjelasan berikut ini.

Cara Mengunci Whatsapp Menggunakan Fitur Sidik Jari

Metode pertama yang dapat kamu gunakan adalah mengunci whatsapp dengan menggunakan fitur sidik jari atau fingerprint. Fitur ini memang merupakan Langkah untuk menjaga privasi tambahan secara aman dan praktis. Jadi jika ada orang lain yang ingin membuka aplikasi WA mu, maka harus meminta sidik jarimu yang sudah kamu masukkan sebelumnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa pendaftaran sidik jari pada fitur keamanan whatsapp sangatlah berbeda dengan sidik jari yang kamu gunakan saat mendaftarkan sidik jari kunci ponsel. Perbedaan ini dapat dilihat dari segi langkah-langkah yang digunakan. Berikut adalah Langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi whatsapp dan mengklik titik tiga vertikal yang ada di bagian layar pojok kanan
  • Lalu kamu membuka setelan atau settings dan pilih menu akun atau account
  • Jika sudah, maka silahkan pilih kunci sidik jari atau fingerprint lock
  • Kemudian kamu konfirmasikan sidik jari yang sudah kamu masukkan tersebut
  • Setelah itu kamu tinggal memilih berapa menit kunci sidik jari akan diaktifkan. Terdapat tiga pilihan, yaitu kamu bisa menggunakan setelah waktu 1 menit hingga 30 menit

Cara mengunci whatsapp menggunakan kunci sidik jari ini hanya tersedia untuk perangkat android yang sudah menggunakan atau mendukung fitur sidik jari. Android yang mendukung sidik jari ini adalah android tipe 6.0+. kamu jangan khawatir, kamu tetap bisa melakukan panggilan meskipun fitur ini diaktifkan.

Cara Mengunci Whatsapp Pada IOS

Whatsapp juga tersedia pada berbagai system operasi smartphone. Salah satunya, adalah ios atau produk iphone. Kamu jangan khawatir jika menggunakan smartphone dengan tipe ios ini, karena kamu masih tetap bisa melakukan penguncian pada aplikasi WA. Fitur ini tersedia pada iphone 5s ke atas hingga ios 9 ke atas.

Bagi para pengguna ios, cara mengunci aplikasi WA dengan menggunakan fitur keamanan sangatlah mudah untuk kamu lakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu gunakan.

  • Silahkan kamu memilih menu settings lalu account dan privacy
  • Pada menu halaman privacy ini kamu akan dihadapkan dengan berbagi pilihan. Silahkan kamu memilih menu screen lock
  • Kemudian, kamu klik opsi untuk mengaktifkan fitur pilihan keamanan yang berupa face id atau touch id
  • Langkah berikutnya adalah kamu aktifkan require face id atau require touch id untuk dapat menentukan pilihan keamanan untuk smartphone kamu
  • Kemudian, silahkan kamu pilih dan atur jangka waktu untuk dapat melakukan pengucian whatsapp secara otomatis
  • Setelah berhasil kamu pilih, maka aplikasi whatsapp akan berhasil terkunci pada waktu yang sudah kamu tentukan
  • Saat aplikasi WA terbuka, maka kamu tinggal masukkan pilihan keamanan yang ditentukan tadi apakah face id atau touch id
  • Apabila gagal, maka kamu sebagai pengguna ios tetap akan dapat mengakses WA melalui passcode iphone

Cara Mengunci Whatsapp Pada HP Android

Fitur kemananan yang disediakan oleh whatsapp masih belum tersedia untuk para pengguna HP android.oleh karena itu, kamu bisa mengunci WA menggunakan bantuan dari pihak ketiga. Artinya, ponsel android masih memerlukan aplikasi tertentu untuk bisa meningkatkan fitur keamanan mereka. Namun kamu jangan khawatir, terapat beberapa HP yang sudah menyediakan fitur keamanan bawaan yang bisa kamu gunakan untuk mengunci WA. Di antaranya adalah Samsung, OPPO, hingga Vivo.

Apabila kamu menggunakan android selain merk tersebut, maka bisa menggunakan metode dengan bantuan aplikasi lain. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, kamu bisa membuka layanan google play store
  • Pada kolom pencarian, kamu ketiikan app lock
  • Jika sudah menemukan, maka kamu harus menginstallnya. Aplikasi sudah terinstall dan bukalah kembali
  • Ketika kamu membukanya, maka akan tersedia berbagai pilihan keamanan yang dapat kamu gunakan untuk mengunci WA. Seperti password, pola, ataupun kata sandi
  • Pilihlah salah satu penguncian yang menurutmu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jika sudah, maka klik selesai
  • Selamat! WA kamu sudah berhasil terlindungi
  • Jika kamu ingin mencobanya, maka silahkan keluar dari aplikasi WA dan masuk kembali. Maka jangan kaget, jika kamu diminta untuk memasukkan kode sandi

Cara Mengunci WA Di HP Vivo (Pakai Aplikasi Tambahan)

Selain metode yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa whatsapp melalui aplikasi tambahan lainnya.. Berikut adalah rekomendasinya.

Smart Applock

Rekomendasi aplikasi pengunci whatsapp adalah menggunakan aplikasi Smartlock. Kamu bisa langsung mengunduhnya di google play store dengan cukup memasukkan kata sandi yang ingin kamu masukkan. Selan itu, kamu juga busa mengunci aplikasi lain menggunakan smart applock ini.

Perfect App Lock

Aplikasi app lock ini juga dapat kamu gunakan untuk mengunci aplikasi whatsapp. Cara-caranya pun sangat mudah untuk dilakukan, karena kamu tinggal memilih metode penguncian yang ingin dipakai. Apakah pakai kata sandi, pola, atau fingerprint. Tak hanya bisa kamu gunakan untuk mengunci WA saja, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengunci Line, Twitter, Facebook, Skype, Telegram, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Intinya silahkan kamu memilih metode penguncian yang menurutmu sangat mudah untuk dilakukan. Jika kamu memilih menggunakan kata sandi, maka sangat disarankan untuk memasukkan kata sandi yang mudah untuk kamu hapalkan. Jangan sampai, kamu yang membuatnya tapi malah kamu yang lupa sendiri.

Nah, itulah penjelasan terkait bagaimana cara mengunci whasapp yang paling terbaik dan aman digunakan untuk semua merk smartphone. Segera kamu lakukan penguncian aplikasi WA ini agar data dan privasimu aman.

Cek Ulasan Lainnya:

Cara Menghitung Keuntungan
Cara Menghitung Upah Borongan Tukang Bangunan
Cara Menghitung Upah Lembur
Cara Menghapus Sampah di HP Samsung
Cara Menghitung Upah Per Jam
Cara Menghubungi Operator iPhone
Cara Menonaktifkan Akun Google
Cara Mengisi Kartu Brizzi
Cara Mengunci Whatsapp
Cara Mengisi K Vision

Related posts