Cara Menghapus Sampah di HP Samsung

Cara menghapus sampah di HP Samsung sebenarnya mudah untuk dilakukan. Sebab ada banyak pilihan cara yang bisa kamu pilih untuk membersihkan sampah di HP Samsung.

File sampah atau yang biasa dikenal dengan istilah cache akan membuat smartphone menjadi lebih lambat jika terjadi penumpukan sampah. Karena adanya file Chage ini akan memakan ruang penyimpanan internal smartphone.

Read More

Oleh karena itu kamu harus melakukan penghapusan file cache ini agar HP Samsung milikmu memiliki ruang yang lebih luas dan HP kamu menjadi tidak lemot.

Cara untuk menghapus file sampah sendiri cukup mudah, kamu bisa menyimak langkah-langkah yang akan dibahas pada artikel ini.

Apa itu file sampah ?

Sebelum melangkah ke pembahasan utama ada baiknya jika kamu mengetahui mengenai file sampah atau cache. Cache merupakan file sementara yang dibuat agar perangkat dapat melakukan berbagai tugas seperti dalam membuka dokumen melihat gambar atau menjelajahi di internet.

Jika file tersebut sudah tidak berguna maka bisa disebut dengan file sampah dan harus segera dilakukan penghapusan supaya tidak menumpuk di perangkat smartphone Samsung kamu, sebab penumpukan cache dapat menyebabkan performa perangkat menjadi menurun.

Banyaknya cache akan menjadi penyebab HP Samsung  lemot karena ruang penyimpanan yang penuh. Oleh karena itu kamu bisa mengatasinya dengan cara menghapus cache.

Terkait:  Cara Hapus Cache di Samsung

Cara Menghapus Sampah di HP Samsung

Cara Menghapus Sampah di HP Samsung
Cara Menghapus Sampah di HP Samsung

Jika kamu sedang mencari metode untuk menghapus sampah di HP Samsung. Maka artikel ini cocok untuk kamu simak, sebab pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara-cara untuk menghapus sampah di HP.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk menghapus cache atau sampah di HP Samsung yaitu tanpa aplikasi yaitu melakukan penghapusan secara langsung di menu pengaturan.

Atau kamu juga bisa melakukan penghapusan cache dengan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Simak beberapa metode berikut ini.

Menghapus sampah di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Metode pertama yang akan dibahas untuk melakukan penghapusan sampah atau cache di HP Samsung. Yaitu dengan membersihkan cache tanpa aplikasi.

1. Menghapus Sampah di HP Samsung Melalui Pengaturan

Jika kamu ingin melakukan penghapusan sampah di HP Samsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Kamu bisa mencoba mengikuti cara pertama ini.

Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan yang ada di Smartphone kemudian lakukan langkah-langkah penghapusan cache.

Simak langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama adalah buka menu pengaturan yang ada di smartphone Samsung milikmu.
  • Jika sudah masuk ke menu pengaturan maka langkah berikutnya adalah scroll dan cari opsi aplikasi.
  • Setelah itu cari salah satu aplikasi yang sering kamu gunakan.
  • Selanjutnya ketuk aplikasi dan pilih opsi penyimpanan atau storage.
  • Lalu untuk menghapus sampah kamu bisa memilih opsi Hapus memori.
  • Selesai kamu berhasil melakukan penghapusan sampah di HP Samsung.

Itu dia langkah-langkah untuk membersihkan cache di smartphone Samsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan tersebut.

2. Menghapus sampah di HP Samsung melalui File Manager

Metode kedua yang tidak kalah mudah dengan cara pertama untuk melakukan pembersihan cache di smartphone Samsung tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Kamu bisa menggunakan menu file manager atau aplikasi File Manager yang telah tersedia di Smartphone Samsung.

Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Langkah-langkah untuk membersihkan sampah di file manager juga cukup mudah, hanya dengan melakukan beberapa langkah saja kamu sudah berhasil menghapus file sampah. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama adalah buka menu file manager yang ada di Smartphone Samsung.
  • Setelah itu kamu bisa menekan opsi analisis penyimpanan yang terletak di  bagian bawah tampilan File Manager.
  • Jika sudah maka akan ditampilkan beberapa menu yang bisa kamu pilih beserta analisis ruang penyimpanan yang telah digunakan.
  • Dan untuk melakukan penghapusan file sampah maka kamu bisa memilih menu aplikasi.
  • Langkah berikutnya pilih aplikasi yang memakan ruang penyimpanan internal yang cukup besar, atau aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan.
  • Selanjutnya pilih opsi penyimpanan, dan untuk melakukan pembersihan sampah kamu bisa menekan tombol Hapus memori.
  • Dengan memilih opsi tersebut maka kamu sudah berhasil menghapus file sampah yang ada di aplikasi tersebut.
  • Selesai.

3. Menghapus Sampah di HP Samsung Melalui Menu Perawatan Perangkat dan Baterai

Cara terakhir untuk melakukan penghapusan file sampah di HP Samsung tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Adalah dengan menggunakan opsi perawatan perangkat dan baterai.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pembersihan file sampah di smartphone Samsung menggunakan menu perawatan perangkat dan baterai :

  • Pertama-tama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka menu pengaturan di HP Samsung.
  • Langkah berikutnya adalah Scroll dan pilih menu perawatan perangkat dan baterai.
  • Apabila kamu sudah masuk ke menu tersebut maka akan ditampilkan beberapa opsi seperti optimalkan perangkat dan lain-lain, dan untuk melakukan penghapusan sampah maka kamu bisa Klik opsi penyimpanan.
  • Lalu langkah selanjutnya adalah ketuk opsi aplikasi.
  • Setelah itu pilih aplikasi yang sering kamu gunakan seperti WhatsApp lalu ketuk aplikasi.
  • Berikutnya ketuk opsi penyimpanan, Kemudian untuk menghapus cache kamu bisa memilih tombol Hapus memori.
  • Selesai.

Itulah metode ketiga yang bisa kamu coba jika ingin melakukan pembersihan sampah di smartphone Samsung tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menghapus Sampah di HP Samsung Dengan Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara berikutnya Jika kamu ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan penghapusan cache. Maka kamu bisa mengikuti beberapa metode berikut ini.

Terkait:  Cara Cek Samsung SEIN

1. Menghapus sampah di HP Samsung menggunakan aplikasi AVG Cleaner

Aplikasi pertama yang bisa kamu pilih untuk membersihkan cache di handphone Samsung adalah aplikasi AVG cleaner, aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Play Store.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus di handphone Samsung menggunakan aplikasi AVG cleaner, simak :

  • Pertama-tama download dan instal aplikasi cleaner di handphone mu.
  • Jika sudah maka langkah berikutnya adalah Buka aplikasi AVG cleaner, kemudian izinkan permohonan akses yang diperlukan oleh aplikasi seperti izin ke media penyimpanan.
  • Langkah berikutnya untuk melakukan pembersihan file sampah kamu bisa mengetuk tombol quick clean.
  • Tunggu hingga proses pembersihan sampah selesai.
  • Selesai kau sampah di handphone kamu berhasil dibersihkan.

2. Menghapus sampah di HP Samsung menggunakan aplikasi Clean Master

Aplikasi kedua yang bisa kamu pilih untuk membersihkan file sampah di HP Samsung. Adalah dengan menggunakan aplikasi Clean Master.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

  • Pertama-tama Buka aplikasi Clean Master di Smartphone mu terlebih dahulu.
  • Jika sudah maka kamu bisa memilih menu berkas sampah.
  • Kemudian akan ditampilkan bekas-bekas sampah yang tidak diperlukan di handphone kamu. Lalu untuk menghapus file tersebut kamu bisa Klik tombol bersihkan sampah.
  • Setelah itu tumbuh hingga proses penghapusan sel sampah selesai.
  • Selesai.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara menghapus sampah di HP Samsung yang bisa kamu ikuti, pilih dan coba cara yang menurut kamu paling mudah untuk kamu coba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Editor Choice:

Cara Membersihkan Sampah di Hp Xiaomi
Cara Membersihkan Sampah di Hp Vivo
Cara Membersihkan Sampah di Hp Oppo
Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Hp Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

Related posts