Cara Foto Produk Makanan

Makan lebih praktis, karena kamu bisa langsung pesan melalui aplikasi seperti GoFood atau GrabFood. Makanya tidak heran, kalau saat ini banyak orang yang mempelajari bagaimana cara foto produk makanan yang aesthetic. Selain memperlihatkan tampilan produk makanan yang cantik. Kalian juga harus memperhatikan, agar ketika orang lain melihat merasa tertarik.

Buat kalian yang memiliki ide berbisnis di bidang kuliner. Sebaiknya, mulai dari saat ini juga kamu mencari tahu teknik pengambilan foto untuk makanan. Entah itu yang sudah dibungkus ke dalam kemasan, atau masih menggunakan piring dan mangkuk. Pastikan hasil dari fotonya tidak terlalu jauh berbeda dengan makanan aslinya (real picture). Cantumkan juga harganya!

Jenis-Jenis Produk Makanan

Produk makanan yang dijual secara bebas di pasaran, sebenarnya terbagi ke dalam beberapa kategori atau jenis. Dimana, makanan tersebut dapat digolongkan menjadi 2 macam. Pertama, ada snack. Kemudian, yang kedua yaitu heavy meal (pokok/berat). Bentuk penyajiannya, bisa dalam keadaan basah maupun kering. Tergantung dari pemilik ide usaha bisnis itu sendiri.

Cara Foto Produk Makanan

Cara Foto Produk Makanan
Cara Foto Produk Makanan

Cara Foto Produk Makanan dengan HP

Strategi marketing yang biasa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha makanan, yaitu melalui online. Media sosial menjadi kunci atau pemeran penting dalam memajukan brand dari suatu toko. Postingan yang muncul pada halaman profil akun toko bisnis atau milik pribadi ini, bisa dijadikan sebagai ajang untuk pemasangan iklan. Selain itu, biayanya sudah pasti lebih murah.

Terkait:  Cara Crop di Photoshop

Cara foto produk makanan dengan HP. Kata siapa? Kalau menggunakan alat sederhana nanti hasil fotonya juga akan tampak biasa saja. Fitur kamera yang terdapat di HPmu, dapat kalian manfaatkan secara maksimal loh… Tentu, kalau merasa masih kurang puas dengan gambar yang dihsilkan, lanjutkan proses sunting (edit) dengan menggunakan aplikasi. Simak disini:

1. Persiapkan Peralatan Tambahan

Alat-alat yang dapat dijadikan peralatan tambahan, ada banyak sekali. Mulai dari yang cukup ribet sampai dengan paling sederhana. Contohnya saja, talenan kayu. Meskipun terlihat tidak terlalu menarik, setelah kalian ambil gambarnya dengan kamera HP. Ternyata, bisa menjadi salah satu karya yang bagus. Apalagi, kalau kamu edit ulang dengan menggunakan aplikasi.

Selain dari talenan, kalian juga bisa mendapatkan hasil tangkapan gambar yang bagus dengan menambahkan sedikit aksesoris. Misalnya, bumbu dapur. Seperti, ketumbar, kemiri, bawang, dan lain sebagainya. Gunakan peralatan yang kamu miliki di rumah terlebih dahulu. Apabila masih dirasa kurang, barulah beli sesuai kebutuhan saja. Hindari pemborosan pembelian alat.

2. Tempatkan Produk Makanan di Tempat yang Terang

Poin nomor 1 telah selesai, kita berlanjut ke tahapan berikutnya. Yaitu, mengatur cara foto produk makanan. Sesi penataan produk ini, menjadi salah satu hal yang paling penting. Tapi, selain menempatkan agar objek terlihat cantik dan menarik untuk dilihat. Kamu juga harus perhatikan arah cahaya datang. Dikhawatirkan, muncul bayangan karena membelakangi sinar.

Usahakan kalau kamu mengambil fotonya di dalam ruangan, gunakan lampu tambahan yang diarahkan ke satu titik tempat. Nanti, tempatkan objek di area yang memang memiliki cahaya paling terang. Hal tersebut, dilakukan, agar gambar yang tertangkap oleh kamera HP tampak lebih jelas karena tidak terganggu oleh sumber cahaya lain. Disarankan, agar area lain gelap.

3. Cari Filter yang Sesuai

Cara foto produk makanan selanjutnya, adalah melakukan proses editing. Dimana, HP kamu butuh aplikasi tambahan untuk melakukannya. Sebab, kalau hanya mengandalkan tools edit bawaan dari pabrikan HP biasanya kurang lengkap. Supaya kalian lebih bebas dalam lakukan sunting fotonya. Pasang aplikasi bantuan dengan menemukannya di Google Play Store.

Terkait:  Cara Mencari HP Xiaomi yang Hilang

Photoshop Express Photo Editor, menyediakan berbagai pilihan filter yang bisa membuat foto kamu menjadi terlihat lebih aesthetic. Versi mini dari desktop ini, sangat cocok untuk kalian yang belum terlalu mahir menggunakan aplikasi Photoshop desktop. Terlebih, keamanan data dari aplikasinya juga sudah terjamin. Pengguna dapat mengunduh secara gratis. Android 7.1.

4. Hindari Menggunakan Banyak Elemen

Buat kalian yang masih berpikir kalau saat mengambil gambar untuk suatu produk makanan itu harus dilakukan dengan ramai. Artinya, banyak elemen yang masuk ke dalam ruang objek. Sebaliknya, terlalu ramai membuat pandangan orang lain tidak terfokus kepada satu titik. Ini, justru akan menurunkan nilai iklan pada produk makanan yang sedang kalian potret.

Alangkah lebih baik, kalau kamu tidak ragu untuk menyingkirkan berbagai elemen yang ada di sekitar area pengambilan gambar. Meskipun akan tampak cukup sepi. Tetapi, asalkan saat melakukan editing kalian dapat melakukannya dengan sangat baik. Maka, hasil fotomu justru akan terlihat jauh lebih menarik. Karena objeknya makanan, buatlah gambarnya tampak lezat.

5. Temukan Angle Terbaik Pada Objek

Dunia fotografi, pasti ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Termasuk, ketika kamu coba cara foto produk makanan. Selain cahaya, ada juga poin penting lainnya. Yakni, angle atau sudut pengambilan gambar. Salah-salah menempatkan angle kamera, bukannya gambar akan terlihat lezat, justru bisa jadi malah kebalikannya. Oleh sebab itu, lakukan riset dahulu.

Wajar untuk melakukan percobaan pengambilan foto produk makanan, sebelum benar-benar eksekusi dilanjutkan ke tahapan editing. Melalui cara ini, kamu bisa mendapatkan informasi terkait angle yang tepat, dan cocok apabila produk yang sebenarnya akan mulai diprotet. Hal seperti ini, kerap kali dilakukan oleh para fotografer profesional. Supaya, hasilnya maksimal.

Terkait:  Cara Transfer Pulsa IM3 ke IM3

Cara Foto Produk Makanan Ringan

Salah satu produk makanan yang sedang banyak diincar oleh konsumen di masa-masa seperti saat ini, adalah makanan ringan. Ya, kondisi ketika platform belanja online mampu mengatasi semua kebutuhan harian, dan life style publik. Mulai dari peralatan pribadi, kado ulang tahun maupun pernikahan, hingga kebutuhan rumah tangga juga ada. Makanya, banyak toko online.

Cara foto produk makanan ringan, menjadi salah satu atensi yang cukup serius. Apalagi, bila kamu ingin mencoba berjualan secara online. Tentu, mempelajari teknik pengambilan gambar yang menarik, merupakan salah satu dasar dari strategi marketing. Oleh sebab itu, buat kamu yang masih bingung dengan caranya. Simak penjelasan berikut ini:

1. Gunakan Konsep yang Simple

Keserdehanaan yang dimuat ke dalam konsep pengambilan gambar untuk produk makanan ringan. Ternyata, bisa menimbulkan dampak yang luar biasa. Kalau kalian sudah merasa pede dengan rasa yang ditawarkan, tidak perlu khawatir lagi dengan urusan tampilan latarnya. Tapi, memang perlu membuat siapapun yang melihat merasa tertarik, dan yakin snack-nya enak.

2. Posisikan Objek dalam Keadaan Statis

Makanan ringan, secara umum dikemas ke dalam satu wadah. Otomatis, saat melakukan foto pada makanannya akan lebih mudah. Pastikan isi di dalam kemasannya terlihat dengan jelas. Posisikan objek pemotretan dalam posisi statis atau diam. Hal ini, untuk menghindari gambar terlihat blur atau tidak fokus. Makanya, disarankan untuk ditempatkan di area yang datar.

3. Atur Aperture di Kamera

Foto yang diambil menggunakan lensa kamera ponsel, mungkin tidak terlalu bisa kalian atur spesifik aperturenya. Akan tetapi, kalau kamera yang digunakan seperti DSLR. Maka, kamu dapat mengubah pengaturannya ke aperture yang paling tinggi. Tujuannya, agar foto terlihat lebih mirip dengan kondisi aslinya. Selain itu, objek yang diambil hasilnya akan terlihat 3D.

Sekian pembahasan mengenai cara foto produk makanan di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days, and stay heatlh everyone. Bye bye…

Related posts