Cara Menggunakan Headset Bluetooth Realme

Seiring perkembangan teknologi, kini produk headset sudah berkembang dengan adanya headset nirkabel atau tanpa kabel, tapi memakai penghubung bluetooth. Salah satu merk smartphone terkemuka, Realme nampaknya tidak ingin melewatkan kesempatan ini dengan memproduksi headset bluetooth. Cara menggunakan headset bluetooth Realme juga sangat mudah untuk penggunanya.

Sebenarnya penggunaan headset bluetooth lebih simpel dibandingkan headset kabel. Hanya saja, kalian perlu menghubungkan antara headset dengan perangkat dengan menggunakan bluetooth. Untuk menggunakan headset bluetooth Realme, kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

Cara Menggunakan Headset Bluetooth Realme

Cara Menggunakan Headset Bluetooth Realme
Menggunakan Headset Bluetooth Realme

Saat ini memang hampir semua merk hp menawarkan produk headset bluetooth masing-masing. Bahkan tidak jarang banyak pihak ketiga yang memproduksi headset blueooth yang berkualitas supaya kompatibel dengan perangkat yang tersedia.

Akan tetapi, jika kalian memiliki headset Realme maka bisa coba cara menggunakan headset bluetooth Realme berikut :

1. Lakukan pairing terlebih dahulu

Yang paling pertama yang perlu kalian lakukan adalah melakukan pairing terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk menghubungkan perangkat headset Bluetooth dengan perangkat hp atau yang ingin dihubungkan dengan headset Bluetooth.

Melakukan Pairing Headset Bluetooth

2. Nyalakan headset Bluetooth

Untuk melakukan pairing, langkah paling pertama adalah menekan tombol power yang terdapat pada headset Bluetooth. Umumnya pada headset Bluetooth jika lampu kecil menyala maka artinya pairing sudah aktif, sebaliknya jika belum menyala maka belum aktif.

Menyalakan Headset Bluetooth

3. Masuk ke modus pairing untuk mengintegrasikan antara headset Bluetooth dengan perangkat

Dalam cara menggunakan headset bluetooth Realme, yang perlu kalian lakukan jika ingin masuk pada mode pairing adalah dengan cara menekan agak lama selama beberapa detik tombol power yang terdapat pada headset Bluetooth.

Jika sudah melakukannya, sekarang tinggal menghubungkan headset Bluetooth dengan perangkat lainnya sperti laptop, tablet, dan hp realme kalian. Silakan nyalakan Bluetooth di perangkat tersebut.

4. Scan device

Sekarang scan device pada perangkat, lalu carilah headset Bluetooth dengan nama tertentu yang biasanya disesuaikan dengan merek dari headset Bluetooth.

Pilih headset jika sudah terdeteksi. Bila dimintai nomor PIN atau password, kalian bisa mendapatkannya pada buku manual dari headset Bluetooth.

Pengoperasian Headset Bluetooth

Bagaimana, cukup mudah untuk langkah awal pengoperasian headset bluetooth Realme? Dengan begitu, maka headset bluetooth Realme yang telah terhubung bisa langsung kalian gunakan. Berikut dasar-dasar dalam cara menggunakan headset bluetooth Realme yang bisa kalian gunakan, antara lain :

1. Menghentikan lagu

Bagi kalian yang sedang mendengarkan lagu dan ingin menghentikan lagu dengan alasan sudah selesai mendengar lagu atau memang ada kepentingan lainnya, maka kalian tidak perlu mengoperasikan tombol stop di perangkat yang terhubung pada headset bluetooth.

Kalian hanya perlu menekan tombol yang terdapat pada headset Bluetooth. Biasanya terletak di sebelah kiri atau kanan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca buku panduannya untuk mengetahui lokasi tepatnya tombol tersebut. Sedangkan, untuk menghidupkannya kembali, tinggal klik tombol tersebut kembali untuk melanjutkan lagu.

2. Melakukan Fast Forward Pada Lagu

Istilah mempercepat satu Langkah lagu yaitu fast forward, untuk mengoperasikan fungsi ini yang perlu kalian lakukan yaitu tinggal swipe ke arah luar yang ada pada headset Bluetooth, baik di sebelah kanan atau di sebalah kiri. Ketahui letak pastinya yang bisa kalian lihat di buku petunjuk.

3. Memundurkan satu lagu

Memundurkan satu satu atau istilah lainnya adalah backward bisa kalian lakukan dengan cara swipe ke arah luar tombol khususnya yang berada di sebelah kanan atau di sebelah kiri headset Bluetooth. Lihat buku petunjuk untuk mengatahui lokasi pastinya.

4. Menerima panggilan masuk atau menghentikan panggilan masuk

Ketika akan menerima panggilan, kalian tidak perlu repot-repot membuka hp terlebih dahulu, karena dengan menggunakan headset Bluetooth kalian tetap bisa melakukan panggilan, dengan menekan tombol sebelah kiri atau kanan headset bluetooth.

Sama halnya dengan menghentikan panggilan masuk, kalian bisa menghentikan panggilan yang sedang berlangsung dengan menekan tombol yang sama yang berada di sebelah kanan maupun kiri headset Bluetooth. Untuk tahu lokasi pastinya, ikuti petunjuk yang berada pada buku manual/petunjuk.

Rekomendasi Headset Bluetooth Realme

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi headset Bluetooth realme atau headset Bluetooth lainnya yang bisa dipakai pada hp Realme. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan :

1. Realme Buds T100

Harga dari headset Bluetooth dibanderol mulai dari 270 ribuan saja dengan dua varian warna yaitu warna putih dan warna hitam. Ini adalah headset Bluetooth resmi yang dikeluarkan dari Realme sebagai pelengkap hp Realme. Untuk spesifikasina yaitu :

  • Berat satuan 40 gram.
  • Long battery yang bisa bertahan hingga 6 jam Ketika digunakan untuk mendengarkan sebuah lagu dan 28 jam ketika dinyalakan hanya dalam keadaan standby saja.
  • Teknologi Bluetooth yang digunakan adalah Bluetooth 5.3.
  • Tidak ada noise yang mengganggu Ketika sedang melakukan panggilan sehingga suara yang dihasilkan tetap jernih.
  • Support realme link.

2. GROTIC Headset Bluetottoh Inpods 12 TWS macaron Earess

Ini merupakan headset Bluetooth dengan harga yang murah yaitu hanya dibanderol di angak tidak lebih dari 70 ribuan saja. Adapun fiturnya bisa kalian lihat di bawah ini :

  • Ukuran super mini.
  • Dilengkapi dengan charging case magnetic sehingga mempermudah penyimpanan dan bisa sambal mengisi daya.
  • Koneksi nirkabel 5.0.
  • Suara yang dihasilkan adalah HD dengan kualitas tinggi.

Apa Saja Kelebihan Headset Bluetooth?

Jika dibandingkan dengan headset kabel, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh headset bluetooth, antara lain :

1. Praktis

Jika dibandingkan dengan headset kabel, headset berteknologi bluetooth menawarkan penggunaannya lebih praktis. Jika dibawa kemanapun, kalian tidak perlu menggulung kabel dan bingung menyimpannya, sehingga cukup merepotkan.

Selain itu, kesalahan menggulung kabel headset juga bisa membuatnya lebih mudah rusak. Penggunaan yang praktis tentunya akan memberikan fleksibilitas gerak yang lebih tinggi karena tidak terhalang oleh kabel yang cukup merepotkan.

2. Awet

Dari segi durabilitas, headset Bluetooth lebih tahan lama dan tidak murah rusak karena tidak menggunakan kabel sama sekali. Memang sejatinya untuk tingkat keawetan tergantung dari penggunanya, namun headset Bluetooth disinyalir lebih awet dibandingkan dengan pendahulunya yang menggunakan kabel.

3. Pairing lebih dari satu perangkat

Hebatnya headset Bluetooth adalah bisa pairing ke beberapa sumber, bahkan bisa ke sumber-sumber yang kompatibel dengan headset Bluetooth itu sendiri. Contohnya adalah Ketika ada 2 panggilan masuk dari perangkat yang berbeda, kalian tidak perlu repot-repot mencabut headset dari soket perangkat melainkan tinggal mengatur beberapa tahap saja. Tujuannya agar headset Bluetooth bisa tersambung pada perangkat lainnya.

4. Hands free experience

Semua aktivitas yang dilakukan dengan headset Bluetooth adalah hands free experience, apalagi headset Bluetooth yang cukup mahal dengan tingkat kecanggihannya yang tidak perlu di tanyakan lagi.

5. Memiliki banyak fitur intuitif

Headset Bluetooth tidak hanya untuk mendengarkan suara baik lagu atau video, tapi bisa lebih dari itu. Bahkan ada headset Bluetooth yang support dan sudah dilengkapi oleh microphone berkualitas, yang tentu saja menawarkan fitur lebih lengkap.

Itulah praktek cara menggunakan headset bluetooth Realme yang dapat kalian coba jika baru pertama kali membelinya. Semoga bermanfaat!

 

Related posts