Cara Cek IMEI Realme

  • Whatsapp

Belakangan ini sebagian besar pengguna gadget dibuat penasaran dengan cara cek IMEI Realme. Pasalnya, brand smartphone asal China tersebut mulai berkembang dan merajai pasar gadget tanah air. Wajar saja popularitasnya kian meroket dan jumlah peminatnya lebih banyak daripada merek smartphone lain.

Realme punya beragam layanan berkualitas yang belum pernah dimiliki ponsel mana pun untuk memanjakan pencinta android di Indonesia saat ini.

Read More

Kalian harus tahu nomor IMEI selama menggunakan HP Realme lantaran perannya penting terhadap keaslian smartphone. Tak bisa dipungkiri bahwa nomor IMEI yang terdiri dari belasan digit punya andil besar terhadap keamanan gadget kamu.

Secara umum bahwa cek nomor IMEI Realme bisa lewat beberapa metode sesuai pengetahuan kamu sendiri. Namun, kami akan membantu anda mencari tahu apakah ponsel yang digunakan adalah produk resmi atau tidak.

HP Realme tidak berbeda dengan smartphone berbasis android lainnya lantaran oknum tertentu bisa saja memasarkan bahkan menjualnya dengan harga lebih murah, bahkan tidak memenuhi standar pasar gadget. Kondisi ini harus kamu perhatikan dan berhati-hati bila menemukan HP Realme yang harga jualnya lebih murah.

Kami akan memberi ulasan lengkap dan singkat soal langkah tepat memeriksa nomor IMEI untuk memastikan HP Realme kamu asli atau barang ilegal.

Cara Cek IMEI Realme

Cara Cek IMEI Realme
Cara Cek IMEI Realme

IMEI yang merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity adalah nomor khusus yang bisa kalian temukan pada semua merek smartphone. IMEI dikeluarkan resmi oleh asosiasi GSMA terhadap semua slot kartu yang tersimpan di dalam ponsel yang kamu pakai.

Terkait:  Cara Cek Saldo ATM Mandiri

Apa kinerjanya? IMEI membantu kalian untuk mengetahui masa garansi, keaslian sampai keresmian smartphone yang digunakan saat ini, khususnya HP Realme yang menjadi pokok pembahasan sekarang.

Kalian bisa mengikuti ulasan selanjutnya untuk mengetahui cara cek nomor IMEI HP Realme lewat beragam langkah yang cepat dan mudah dilakukan. Selain itu, kamu tidak perlu menghabiskan kuota internet besar selama melakukan salah satu prosedurnya untuk memastikan keaslian HP Realme.

Kami pastikan kalian mampu memahami tutorialnya agar smartphone dapat diakui sebagai salah satu perangkat asli yang didistribusikan Realme Indonesia.

Cara Cek IMEI Realme Terlengkap

Siapa saja pasti ingin memiliki HP Realme asli dan bergaransi resmi. Maka dari itu, kami memberi penjelasan ringkas untuk mengetahui keaslian smartphone kamu lewat nomor IMEI. Untuk memastikan HP Realme kamu asli dan didistribusikan langsung oleh Realme Indonesia, kamu dapat memeriksa nomor IMEI terlebih dahulu.

Berikut merupakan metode-metode terbaru untuk cek IMEI HP Realme yang sudah dipercaya para penggunanya, yaitu :

1. Cek Nomor IMEI HP Realme via Dial Phone

  • Pertama, hidupkan HP Realme kamu terlebih dahulu.
  • Buka menu Dial Phone atau Telepon.
  • Ketik *#06# dan tekan tombol Call/Yes/OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi pop up dari layar ponsel soal nomor IMEI HP Realme kalian.
  • Apabila kamu pakai dua kartu ponsel, maka nomor IMEI yang ditampilkan bisa ada dua sesuai jumlah SIM card yang digunakan.
  • Selesai.

2. Cek Nomor IMEI HP Realme via Pengaturan Ponsel

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Realme kalian.
  • Pilih sub menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Tekan tombol Status dari sub menu tersebut.
  • Kalian bisa melihat informasi soal nomor IMEI dan segalanya dari HP Realme kamu secara lengkap.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Cek RAM HP OPPO

3. Cek Nomor IMEI HP Realme via Phone Box

Untuk memeriksa nomor IMEI HP Realme lewat phone box, maka kamu bisa mengamati kotak ponsel saat pembelian smartphone terlebih dahulu. Kalian harus melihat bagian belakang dusnya dan cermati dengan seksama. Nomor IMEI biasanya tertera pada belakang kotaknya dan tulisannya berukuran kecil.

Secara umum nomor IMEI yang ditulis terdiri dari dua macam, yakni IMEI 1 dan IMEI 2 sebagai antisipasi bila kamu memakai dua provider seluler atau SIM card.

4. Cek Nomor IMEI HP Realme via Website Resmi Kemenperin

  • Gunakan web browser (Opera Mini, UC Browser, Google Chrome, Mozilla Firefox dll) yang mendukung HP Realme kamu.
  • Kunjungi website resmi https://www.imei.kemenperin.go.id/.
  • Kalian bisa memasukkan nomor IMEI lewat kolom pencarian yang tersedia pada website tersebut.
  • Apabila nomor IMEI HP Realme sudah terdaftar, maka kamu bisa melihat notifikasi bertuliskan IMEI terdaftar pada database Kemenperin, dan smartphone kalian adalah produk asli.
  • Selesai.

5. Cek Nomor IMEI HP Realme via Website Resmi IMEI.Info

  • Buka web browser yang terpasang pada HP Realme kamu (Opera Mini, Google Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser dll).
  • Kunjungi website resmi https://www.imei.info/.
  • Masukkan nomor IMEI pada kolom pencarian yang tersedia di website tersebut.
  • Tekan tombol Check.
  • Kalian bisa melihat informasi tentang HP Realme secara lengkap dari layar ponsel kamu.
  • Selesai.

Kerugian Nomor IMEI HP Realme yang Tidak Terdaftar, Apa Saja?

Kamu harus tahu bahwa faktor keamanan dan kenyamanan sebuah smartphone begitu penting. Oleh sebab itu, kalian perlu memastikan bahwa nomor IMEI HP Realme sudah terdaftar.

Kalian juga bisa menerima risiko jika IMEI belum terdaftar lantaran tidak tahu prosedur pemeriksaan dan pendaftarannya seperti ulasan di atas. Berikut merupakan kerugian akibat nomor IMEI HP Realme tidak terdaftar, antara lain :

  • HP Realme diklaim sebagai produk ilegal (tidak resmi) bahkan barang Black Market.
  • Sinyal 4G HP Realme cepat hilang dan rentan mengalami kerusakan.
  • Produk lebih sulit dijual.
  • Pengguna HP Realme tidak bisa mengklaim garansi kerusakan ke Service Center Resmi Realme Indonesia.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Cek Garansi Realme

Bagaimana Mendaftarkan Nomor IMEI untuk Pemilik HP Realme Baru?

Jika kamu baru saja memiliki HP Realme semua tipe, bahkan pertama kali menggunakan smartphone tersebut maka bisa mendaftarkan nomor IMEI dengan baik sesuai ulasan ini.

Untuk melakukan registrasi, kalian harus membeli produknya lewat Service Center Resmi Realme Indonesia yang tersebar luas di seluruh kota tanah air. Kamu bisa meminta bantuan kepada petugas gerai resminya dari awal pembukaan phone box sampai pendaftaran nomor IMEI HP Realme.

Manfaat yang bakal kamu dapatkan bukan hanya memperoleh smartphone asli dan resmi, tetapi HP Realme kalian akan mendapatkan garansi lantaran perangkatnya disempurnakan oleh pihak Realme Indonesia yang mendistribusikannya. Garansi yang berlaku biasanya tidak pernah lebih dari 1 (satu) tahun.

Demikian ulasan tentang cara cek IMEI Realme yang harus kalian perhatikan. Kami sarankan anda menggunakan panduan pemeriksaan nomor IMEI HP Realme menggunakan kode rahasia (*#06#) yang dihubungi via Dial Phone. Kamu bisa menghubungi kode rahasia tersebut secara gratis (bebas pulsa).

Pasalnya, tutorialnya lebih cepat dan mudah dipahami semua pengguna smartphone. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan kuota internet dan waktu lebih banyak untuk cek IMEI HP Realme yang sedang digunakan saat ini. Kami berikan penjelasan di atas untuk meyakinkan HP Realme kamu adalah produk asli dan bergaransi.

Related posts