Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Realme menjadi salah satu aksi yang banyak dicari oleh penggunanya. Hal ini disebabkan jika melakukannya, maka berarti salah satu atau beberapa aplikasi penting tidak akan muncul di layar utama atau disembunyikan. Aksi ini, dapat dilakukan kapanpun sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunan. Selain itu, aksi ini juga didukung dengan fitur penyembunyian di HP Realme yang sangat canggih serta aman sehingga hanya perlu melakukannya dengan mudah dan tidak memakan waktu yang banyak.

Meskipun demikian, masih banyak yang belum btahu bagaimana cara melakukannya. Jika kamu adalah salah satu pengguna yang ingin menyembunyikan sebuah aplikasi di HP Realme, namun bingung bagaimana melakukannya, maka tenang saja sebab pada artikel kali ini akan dibahas berbagai metode terbaik yang bisa kamu gunakan. Tunggu apa lagi? Mari simak secara seksama!.

Kelebihan Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme

Seperti sudah kamu singgung pada awal artikel ini, bahwa aksi satu ini merupakan kegiatan menyembunyikan sebuah aplikasi yang dianggap penting atau menyimpan data-data pribadi. Meskipun demikian, ada beberapa kelebihan atau keuntungan yang akan kamu dapatkan jika melakukannya. Berikut adalah penjelasannya.

  • Tujuan utama pengguna HP Realme menyembunyikan aplikasi, tak lain adalah untuk melindungi privasi data-data serta file penting sehingga orang lain tidak akan bisa membuka ataupun mengaksesnya. Hal ini akan menguntungkan bagimu, sebab bisa terhindar dari berbagai tindakan kejahatan, seperti penyalahgunaan data ataupun kebocoran data. Apalagi, samapai kebocoran data milik perusahaan
  • Kelebihan kedua dari aksi ini akan sangat dirasakan oleh para orang tua, karena aksi ini bisa digunakan untuk mengontrol anak agarbtidak membuka aplikasi yang hanya boleh dibuka oleh orang dewasa. Dengan demikian, akan lebih aman jika anak meminjam atau memainkan HP Realmemu
  • Kelebihan terakhir, yaitu ketika kamu ingin membuka aplikasi yang disembunyikan maka kamu tinggal masuk kembali ke menu manager application dan tinggal memilihk aplikasi yang sudah kamu sembunyikan. Selain menggunakan fitur bawaan, kamu juga bisa melakukan aksi ini degan meeggunakan bantuan dari aplikasi lain yang tentunya cara yang dilakukan sangat mudah

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme

Sebenarnya, cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme ini sangat mudah dilakukan siapapun, asalkan kamu benar-benar paham bagaimana panduannya sehingga saat proses menyembunyikan aplikasi, kmu tidak akan kebingungjan. Tenang saja, kami sudah merangkum beberapa langkah yang bisa kamu ikuti. Berikut penjelasannya.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan atau Settings

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka atau mengakses menu pengaturan yang ada pada HP Realme. Dalam hal ini, apakah Realme yang kamu pakai sudah menggunakan sistem antar muka Realme UI atau menggunakan sistem ColorOs, tenang saja sebab kamu bisa menggunakan menu ini pada kedua sistem HP Realme tersebut. Apap versi serta tipe HP Relamu, kamu tetap bisa menggunakan menu ini.

Langkah 2: Pilih Menu Privasi Dan Kunci Aplikasi

Setelah kamu berhasil masuk ke menu pengaturan yang ada, maka kamu akan dihadapkan dengan banyak pilihan menu lanjutan yang bisa kamu pilih. Dalam hal ini, kamu hanya perlu memilih menu privasi. Sayangnya, untuk pilihan ini tidak tersedia di beberapa tipe Realme. Tapi tenang saja, sebab kamu bisa mengatasinya dengan memilih menu keamanan.

Jika sudah kamu masuk ke menu privasi atau keamana, maka kamu akan mendapatkan tampilan menu lanjutan lagi. Kamu langsung saja memilih sebuah fitur yang bernama kunci aplikasi. Ketika kamu mencoba mengakses fitur ini, maka kamu akan diminta untuk memasukkan sebuah kata sandi privasi yang sudah kamu buat sebelumnya atau kata lain kata sandi untuk layar utama. Jadi, kamu tinggal masukkan saja kata sandi tersebut.

Langkah 3: Pilih Aplikasi

Setelah kamu memastikan bahwa kata sandi yang kamu masukkan sudah benar, maka di layar akan muncul tampilan berbagai daftar nama aplikasi yang ada di HP Realmemu. Di samping masingmasing aplikasi ada sebuah ikon bewarna putih atau kotak kosong. Yang perlu kamu lakukan pada tahapan ini adalah silahkan kamu memilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan catatan kamu hanya perlu mencetak kotak tersebut.

Setelah kamu memilih aplikasi apa saja yang kamu inginkan, maka kamu tinggal menekan tombol kunci yang ada di bagian bawah layar dan akan muncul sebuah pop-up yang akan memberikan pilihan apakah kamu ingin menggunakan aidinjari atau pengenal wajah untuk bisa membuka aplikasi nanti. Jadi kamu bisa memilihnya dengan menyentuh tombol gunakan.

Langkah 4: Sembunyikan Aplikasi Di Layar Depan

Pada menu kunci aplikasi ini, silahkan kamu juga menyentuh aplikasi yang sudah dikunci tadi dan aplikasi tersebut akan diberikan tanda seperti gembok pada bagian sampingnya. Setelah itu, kamu tinggal aktifkan opsi sembunyikan omonnlayar depan agar aplikasi ini tidak terlihat di beranda smartphone Realmemu.

Kamu bisa mengaktifkan opsi ini dengan menyentuhnya ke arah kanan sampai warna latar belakangnya berubah jadi hijau. Degan perubahan warna ini, menandakan bahwa opsi tersebut sudah berhasil kamu aktifkan.

Langkah 5: Tetapkan Dan Atur Nomor Akses

Setelah kamu mengaktifkan fitur tadi, maka akan muncul sebuah pop-up yang menawarkan apakah kamu ingin menetap nomor akses atau tidak. Hal ini bersifat opsional, namun alangkah baiknya jika kamu memilih dan menetapkan nomor akses ini dengan cukup menekan tetapkan nomor akses. Hal ini sangat penting kamu lakukan apalagi ketika kamu mengakses aplikasi yang kamu sembunyikan.

Setelah itu, kamu akan di bawa ke tampilan layar dengan genryu dial pad yang bisa kamu gunakan untuk mengetikkan nomor akses yang kamu inginkan. Pada tahapan ini silahkan kamu menggunakan pilihan # dan memastaikkan jumlah yang dapat disesuaikan sampai 16 angka. Contohnya #1233456789$

Setelah kamu mengatur nomor akses ini, maka silahkan kamu menekan tombol selesai untuk menyimpan pengaturan yang sudah kamu buat tadi. Sekarang, aplikasi yang kamu sembunyikan tadi tidak akan terlihat di daftar aplikasi.

Langkah 6: Menyembunyikan Aplikasi Di Tugas Terkini

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme selanjutnya adalah kamu akan mengetahui bahwa diri menu kunci aplikasi ada 3 pilihan, yaitu sembunyikan ikon di layar depan jangan tampilkan di tugas terkini, jangan tampilkan notifikasi. Untuk hal ini silahkan kamu memilih tugas terkini. Caranya cukup mudah, yaitu silahkan kamu mengaktifkannya dengan cukup mengusap tombol ini ke kanan sampai warnanya berubah jadi hijau.

Langkah 8: Menyembunyikan Aplikasi

Selain memilih menyembunyikan di tugas terkini, kamu juga bisa memilih untuk menyembunyikan nptifikasi aplikasi dengan menekan opsi jangan tampilkan nomtuifikasi. Untuk melakukannya sangat mudsh, yaitu silahkan kamu mengusap opsi tersebut ke sebelah kanan. Jika opsi ini sudah aktif , maka warnanya akan berubah jadi hijau.

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di Hp Realme yang bisa kamu gunakan. Jadi pahami semua langkah di atas dengan baik agar berhasil menyembunyikan aplikasi yang kamu inginkan. Selama mencoba dan semoga berhasil!

 

Related posts