Cara Cek Xiaomi Asli

Xiaomi termasuk salah satu pabrikan smartphone terlaris di Indonesia, mengingat harganya yang sangat terjangkau. Meskipun harganya terjangkau, tapi spesifikasi yang dihadirkan pada produk Xiaomi mampu menandingi ponsel-ponsel dari vendor ternama. Akan tetapi, sayangnya ini jugalah alasan banyaknya Hp Xiaomi palsu atau replika yang bertebaran di pasaran. Karena itu, penting mengetahui cara cek Xiaomi asli atau replika.

Sampai saat ini, bahkan Hp Xiaomi yang masuk secara ilegal tanpa melalui proses TKDN di tanah air sendiri masih laku banyak di pasaran. Kita bisa cek di beberapa web e-commerce yang ikut menjual produk Hp Xiaomi, di sana ada banyak tipe smarpthone Xiaomi yang sebenarnya belum resmi masuk ke Indonesia.

Selain itu, cara cek Xiaomi asli atau palsu sebenarnya gampang-gampang susah. Sebab memang ponsel Xiaomi Kw sendiri sulit dikenali mengingat bentuk dan tampilannya yang mirip sekali dengan yang ori. Terlebih jika Kamu melihatnya sepintas. Meskipun demikian, jika Kamu ingin mendapatkan performa Hp yang berkualitas tetap harus memahami cara cek Xiaomi asli, agar terhindar dari aksi penipuan.

Cara Cek Xiaomi Asli

Cara Cek Xiaomi Asli
Mengecek Hp Xiaomi Asli atau Palsu

Mengecek Hp Xiaomi Asli atau Palsu

Bagi Kamu yang sedang mengincar salah satu varian Hp Xiaomi terbaru, rasanya penting mengecek Hp Xiaomi asli tersebut terlebih dahulu. Ada beberapa poin penting yang masuk ke dalam cara cek Xiaomi asli, diantaranya :

1. Cek Hp Xiaomi Asli Lewat Cek IMEI

Cara cek IMEI Xiaomi memang menjadi metode paling diandalkan untuk mengecek keaslian Hp Xiaomi itu sendiri. Selain itu, cara pengecekannya juga sangat gampang. Kamu bisa langsung mengunjungi website resmi khusus pengecekan IMEI Xiaomi. Selanjutnya tinggal login memakai ID Xiaomi. Setelah itu, Kamu akan ditampilkan kode nomor IMEI dan cocokkan dengan kode IMEI di dalam dus Xiaomi. Apabila nomor IMEI-nya sama, dapat dipastikan smartphone-mu adalah Xiaomi asli.

Selain itu, metode cek Hp Xiaomi asli lainnya bisa dilakukan dengan mengunjungi website melalui link ini. Jika sudah masuk ke website tersebut, Kamu bisa langsung mengecek smartphone Xiaomi-mu apakah asli atau justru black market.

2. Cek Hp Xiaomi Asli Dengan Cek Fisik Hp

Cara cek Xiaomi asli berikutnya ialah dengan mengecek tampilan fisik smartphone merk Xiaomi-mu. Metode ini biasanya cukup mudah untuk dilakukan, karena Kamu hanya melihat casing bagian belakangnya saja. Jika Hp Xiaomi-mu asli, maka akan terlihat garansi, sertifikasi replacement, dan kode keamanan. Akan tetapi, pada Hp Xiaomi palsu, casing bagian belakangnya akan terlihat blur.

Bahkan pada HP Xiaomi replika tadi tidak ada kode keamanan dan sertifikasi seperti pada Hp aslinya. Selain itu, biasanya pada Xiaomi palsu pada ujung bagian yang kotak terlihat tidak tajam, serta kartu garansinya terlihat murahan.

3. Cek Hp Xiaomi Asli Melalui Situs Mi Verification

Untuk mengecek Hp Xiaomi asli berikutnya, Kamu bisa melakukannya melalui situs resmi Mi Verification. Untuk mengunjunginya, silahkan klik linknya di sini. Kamu bisa langsung mengakses situs Mi Verification memakai web browser di Hp Xiaomi atau di PC.

Selanjutnya Kamu bisa unduh file APK di situs Mi Verification. Lalu install di smartphone Xiaomi yang ingin dicek. Selain itu, jangan lupa atur hak izin akses install aplikasi.

Jika sudah terpasang, maka Kamu bisa kembali mengakses Mi Verification, ada baiknya jika Kamu mengaksesnya lewat PC desktop atau laptop. Silahkan scan kode QR di situs web tersebut. Setelah itu, situs tersebut langsung menampilkan informasi mengenai keaslian perangkat Xiaomi ayang Kamu cek.

4. Cek Hp Xiaomi Asli Dengan Mi Recovery

Cara cek Xiaomi asli berikutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan Mi Recovery. Silahkan masuk ke layanan Mi Recovery, kemudian tunggu proses loading. Setelah itu, Kamu akan ditampilkan layanan bahasa Chinese atau Inggris. Apabila pilihan tersebut muncul, bisa dipastikan Hp Xiaomi yang Kamu pegang asli. Sementara jika pada Xiaomi palsu biasanya Kamu akan langsung di bawa ke opsi Mi Recovery.

5. Cek Hp Xiaomi Asli Menggunakan Factory Reset

Apabila Kamu membeli smartphone Xiaomi dengan harga yang sangat murah, sebaiknya Kamu bisa cek apakah Hp tersebut spesifikasinya sesuai dengan yang telah ditawarkan ataukah tidak.

Misalnya saja, Kamu membeli Hp Xiaomi tipe Mi A1 yang harganya sangat murah. Untuk harga Xiaomi MiA1 sendiri sebenarnya dibanderol kurang lebih 2,8 jutaan Jadi, jika Kamu membelinya dengan harga kurang dari Rp. 1,5 jutaan, maka patut curiga. Sebab jangan-jangan yang ditawarkan casing atau tampilan depannya saja yang Xiaomi Mi A1, tapi dalamannya ternyata Redmi 1s.

Hal tersebut bisa saja terjadi, sebab banyak oknum yang dengan sengaja memanipulasi angka pada aplikasi benchmark dengan menampilkan spesifikasi tertentu.

Sebagai solusinya, Kamu bisa mengidentifikasi Hp Xiaomi dengan melakukan factory reset supaya aplikasi yang sudah terinstall saat membelinya terhapus. Jika sudah me-reset ulang ponsel, Kamu bisa instal aplikasi seperti Sensor Box, Antutu, dan CPU-Z utnuk mengecek detail spek Hp tersebut. Lalu cocokkan apakah sesuai speknya dengan yang sudah ditulis pada kotak penjualan?

6. Cek Hp Xiaomi Asli Dengan Pengecekan OS

Biasanya pada Hp Xiaomi asli memakai MIUI sebagai sistem operasinya. Jadi pada Hp Xiaomi ori akan memiliki MIUI dengan versi yang stabil. Apabila Kamu mengecek MIUI di Hp Xiaomi lalu tertulis OS versi beta, kemungkinan besar Hp Xiaomi yang Kamu cek adalah palsu.

Selain itu, mengecek Hp Xiaomi asli lewat MIUI ini juga dapat dilakukan lewat internet. Kamu dapat mengecek versi MIUI Xiaomi apakah sudah sesuai dengan Hp-mu ataukah tidak? Jika tidak, maka dipastikan Hp Xiaomi-mu adalah Hp replika.

7. Cek Hp Xiaomi Asli Dengan Mengecek Baterai

Cara cek Xiaomi asli berikutnya ialah dengan mengecek baterai Hp Xiaomi. Apabila Kamu menjumpai baterai HP yang warnanya terlihat orange, maka Hp tersebut biasanya asli. Hal ini dikarenakan smartphone Xiaomi sendiri memang memilih desain dan warna baterai sebagai ciri khasnya.

Apabila baterai Hp Xiaomi-mu berwarna lain, kemungkinan besar Hp Xiaomi yang Kamu punya adalah palsu. Di samping itu, Kamu juga bisa melakukan pengecekan kapasitas baterai. Silahkan cek kapasitasnya apakah sudah cocok dengan spek yang telah ditawarkan? Tapi jika tidak, Kamu harus meragukan keaslian Hp tersebut.

8. Cek Hp Xiaomi Asli Dengan Mengecek Layar Ponsel

Pada Hp Xiaomi replika biasanya mempunyai tipe layar berbeda dari aslinya. Layar pada Xiaomi yang asli, akan terlihat jernih dan cerah. Sedangkan layar pada HP Xiaomi palsu, umumnya terlihat berwarna kekuningan.

Untuk memastikannya, Kamu bisa coba memakai Hp Xiaomi-mu dengan cara menonton video dengan tampilan warna yang kontras. Silahkan perhatikan apabila warnanya terlihat kekuningan, maka kemungkinan besar Hp Xiaomi-mu palsu.

Nah, itulah 8 panduan cara cek Xiaomi asli atau palsu yang bisa Kamu tiru. Silahkan cek satu per satu untuk memastikan apakah Hp Xiaomi-mu benar-benar asli ataukah hanya produk replika? Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019