Cara Daftar Grabfood Merchant

Cara Daftar Grabfood Merchant

Bagaimana cara daftar Grabfood Merchant? Saat ini, bukan hanya jasa transportasi dan jasa pegiriman saja yang bisa kamu lakukan secara online, melainkan kamu bisa memesan makanan maupun minuman secara online. Dengan adanya terobosan tersebut membuat bisnis kuliner menjadi kian menjamur karena informasi akan cepat sampai ke siapapun yang melihat Grabfood. Bahkan kamu yang belum tahu lokasi rumah makan atau restoran pun bisa membeli produk makanannya.

Bagi pembeli atau pengguna layanan Grabfood, tentu saja akan sangat dimudahkan saat memesan makanan atau minuman dengan cepat dan praktis. Lain halnya bagi penjual atau Kamu yang berencana menjajakan produk kuliner di Grabfood, pastinya menjadi langkah strategis dalam mengenalkan kulinermu ke masyarakat luas.

Read More

Cara daftar Grabfood merchant bagi penjual kuliner sebenarnya cukup mudah dilakukan. Asalkan Kamu mengetahui persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Grabfood itu sendiri. Ingin tahu lebih jelasnya? Simak panduannya di bawah ini!

Syarat Pendaftaran Grabfood Merchant

Dalam cara daftar Gabfood merchant tentu saja ada persyaratan yang harus kamu penuhi. Dimana persyaratan tersebut terdiri atas beberapa dokumen yang mesti dipersiapkan. Lalu, apa saja sih syarat – syarat dokumen tersebut? Simak informasinya berikut ini :

1. informasi Restoran

  • Kamu harus persiapkan nama restoran kamu untuk dijadikan nama restoran default. Usahakan nama restoran harus semenarik mungkin karena ini adalah langkah dasar untuk menambah minat pembeli agar masuk ke restomu dan tertarik melihat menu apa saja yang akan kamu tawarkan kepada pembeli.
  • Alamat restoran harus jelas dan kamu juga harus melampirkan titik koordinat yang bisa dilakukan melalui Google Maps, bisa juga lewat Google Earth. Silahkan melampirkan alamat dengan sejelas-jelasnya, seperti melengkapi nama jalan, RT, RW, Desa, Kecamatan, Kabupaten, hingga kode pos lokasi restoranmu.
  • Sertakan nomor restoran kamu jika sewarktu – waktu baik pembeli maupun dari pihak Grab melakukan panggilan telepon untuk keperluan tertentu. Nomor restoran bisa nomor rumah dan bisa juga nomor HP. Pastikanlah nomor yang kamu daftarkan adalah nomor yang aktif.
  • Kamu harus menyertakan alamat email restoran. Biasanya ada informasi – informasi tertentu dari Grab akan masuk ke alamat email yang kamu daftarkan.
  • Foto bagian depan restoran untuk dikirimkan sebagai persyaratan, pastikan banner toko jelas terliat pada foto tersebut. Jangan lupa menyertakan foto dari pemilik restoran yang berada tepat di depan restoran. Jika sudah, kamu tinggal mengirimkannya sebagai persyaratan.
  • Foto bagian dalam tempat usaha restomu, pastikan agar semua sudut bisa terfoto dimulai dari meja makan, kasir hingga dapur restoran harus kamu foto.
  • Lampirkan foto owner dekat dengan makanan yang hendak dijual di grafood, ketentuannya adalah agar foto owner atau foto pemilik restoran harus sama dengan foto yang ada dalam KTP. Pastikan agar dokumen terkait foto jelas terlihat, tidak berbayang, tidak blur, atau tidak terhalang dengan obyek lain yang menghalangi foto utama.

2. Data Pribadi

  • Syarat pertama adalah identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang cukup jelas jika dikirimkan secara online. Nantinya KTP kamu akan di validasi apakah aktif atau sudah tidak aktif. Jika kamu penasaran ingin mengetahui KTP milik kamu masih aktif, langsung saja masuk ke laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.
  • Jika kamu merupakan Warga Negara Asing, kamu cukup menggunakan Passport sebagai dokumen identitas diri.
  • Menyertakan foto selfie bersama KTP. Pastikan agar wajah kamu, KTP dan bagian setengah badan terlihat sangat jelas. Hal tersebut untuk mempermudah dalam memvalidasi keaslian dari KTP dan pemiliknya. Khusus bagi Warga Negara Asing, cukup melakukan selfie dengan passport yang dimilikinya.
  • Dokumen selanjutnya adalah foto NPWP. Untuk NPWP sendiri jika kamu kehilangan kartu asli dan menyisakan fotokopinya saja, maka cukup foto kartu NPWP yang berupa fotokopi tersebut.

3.Informasi Kepemilikan Bank

  • Jika kamu memiliki banyak akun tabungan, kamu cukup melampirkan satu akun tabungan saja yaitu dengan melampirkan nomor rekening tabungan berikut buku tabungan halaman depannya jika diperlukan.
  • Jika bukut tabungan tidak ada, maka kamu juga bisa melampirkan tampilan depan ebanking sebagai alternatif jika buku tabungan tidak ada.
  • Pastikanlah nomor rekening yang kamu lampirkan terlihat jelas. Karena selain melihat nomor rekening tersebut oleh pihak grabfood, akan dilihat juga berbagai macam informasi rekening jika tidak sama maka harus di ganti dengan nomor rekening lain. Begitupun jika tidak aktif harus diganti dengan rekening lain. Pastikan agar melampirkan surat kuasa untuk jaga – jaga jika ada sesuatu yang menghambat proses pendaftaran.

4. Informasi Menu Makanan

  • Buatlah daftar menu yang akan kamu perlihatkan pada grabfood, pastikan agar semua makanan yang kamu jual sudah masuk ke dalam daftar menumanakan.
  • Fotolah menu tersebut sebagai syarat dokumentasi yang harus kamu penuhi. Ingatlah pada foto yang akan kamu lampirkan harus jelas dan di samakan pada tampilan yang akan dimunculkan pada aplikasi grabfood.
  • Fotolah makanan yang sebelumnya masuk ke dalam daftar menu. Agar lebih bagus, maka gunakanlah teknik tertentu agar hasilnya bisa lebih maksimal. Foto merupakan cerminan makanan yang kamu jual, jika tampilannya bagus, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan pelanggan dua kali lipat daripada hanya menampilkan foto yang biasa saja.

Cara Daftar Grab Food Merchant

Cara Daftar Grabfood Merchant
Mendaftar Grabfood Merchant

Tutorial Daftar Grab Food Mechant

Jika Kamu tertarik menjadi mitra atau merchant di Grab Food, ada beberapa langkah pendaftaran yang harus diikuti berikut ini :

1. Verifikasi Akun

Jika kamu baru mendaftar di Grabfood, tentu saja harus mempunyai akun terlebih dahulu. Caranya adalah buat akun pada Grabfood merchant dengan mengisi berbagai macam informasi seperti nama bisnis atau nama restoran. Kamu juga harus melengkapi alamat restoran sesuai lokasi restoran tersebut, nomor telepon resto, baik nomor hp atau nomor telepon outlet yang bisa dihubungi, sampai alamat email aktif.

Isilah formulir yang sudah dipersiapkan oleh pengembang dengan masuk ke laman berikut ini :  https://www.grab.com/id/merchant/food/. Jika sudah masuk, kamu klik daftar dan lakukan pengisian pada formulir yang telah disediakan. Tunggulah maksimal 72 jam sejak pendaftaran dan nantinya akan ada email verifikasi yang menyatakan kamu telah terverifikasi.

2. Upload Berbagai Informasi Restoran

Jika kamu sudah menyiapkan dokumentasi berupa foto diri, foto restoran, foto menu, hingga foto makanannya. Maka kamu cukup melakukan proses upload saja. Langkah – langkahnya terkait cara upload akan di beritahu oleh pihak grabfood.

3. Bubuhkan Tanda Tangan

Jika kamu sudah melengkapi berbagai macam informasi terkait restoran kamu, maka selanjutnya akan ada email dari pihak grabfood yang berisi penandatanganan kontrak. Sebelum di tanda tangani, pastikan agar kamu membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuannya. Jika sudah cukup jelas, selanjutnya Kamu hanya perlu tanda tangan saja perjanjian kontrak tersebut.

4. Verifikasi Email Outlet

Jika langkah ketiga sudah kamu lalui, selanjutnya kamu akan menerima email kembali yang isinya verifikasi outlet dengan batas maksimal 72 jam harus kembali lagi ke pihak Grabfood. Jika tidak maka akan gagal dan harus kembali ke awal.

Demikianlah 4 langkah cara daftar Grab food Merchant yang bisa Kamu coba lakukan untuk mendapatkan keuntungan menjadi merchant di Grabfood. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts