Cara Menggunakan ShopeePay Later

Selain ShopeePay,  Shopee telah meluncurkan layanan pembayaran kredit bernama ShopeePay Later. Kamu bisa menggunakan layanan ini jika ingin membeli barang di Shopee dengan sistem pembayaran nanti. Lantas, bagaimana cara menggunakan ShopeePay Later?

Melalui ShopeePay later, maka konsumen Shopee tidak perlu lagi khawatir jika belum memiliki dana tunai untuk melakukan pembelian barang impian. Ada banyak kelebihan yang dapat kamu peroleh jika kamu mengaktifkan layanan ShopeePay Later.

Read More

Tidak hanya itu saja, fitur ShopeePay juga hadir untuk memberikan keringanan dan kemudahan kepada pelanggan melalui layanan pinjaman dari nominal Rp. 750.000.

Cara Menggunakan ShopeePay Later

Cara Menggunakan ShopeePay Later
Cara Menggunakan ShopeePay Later

Lantas, bagaimana cara menggunakan ShopeePay later? Jika kamu ingin memakai ShopeePay later untuk membayar barang yang dibeli di Shopee, harus tahu cara penggunaannya.

ShopeePay Later merupakan fasilitas kredit dari PayLater pada e-commerce Shopee. Melalui Paylater ini, para pembeli yang ada di Shopee dapat melakukan pembelian menggunakan sistem cicilan tanpa memakai kartu kredit.

Ada beberapa tahapan dalam cara menggunakan ShopeePay Later yang perlu kamu ketahui, antara lain :

1. Menggunakan ShopeePay Later Untuk Pembayaran

Jika kamu ingin membayar transaksi pembelian di Shopee dengan cicilan memakai ShopeePay Later, maka kamu bisa mencoba panduan berikut :

  • Jika sudah melakukan pembelian barang di Shopee, silahkan checkout.

  • Namun kamu harus memilih metode pembayarannya dulu, silahkan pilih opsi metode pembayaran.

  • Setelah itu, tekan SpayLater untuk metode pembayarannya. Lalu tekan konfirmasi.
  • Kemudian pilih opsi Buat Pesanan dan inputkan lagi PIN ShopeePay milikmu.

Dalam opsi metode pembayaran, biasanya tampilan pada ShopeePaylater biasanya mengikuti beberapa aturan, berikut  :

  • Apabila harga produknya kurang dari Rp. 50 ribu, biasanya hanya terdapat opsi Beli Sekarang serta Bayar Nanti.
  • Apabila limit umumnya Rp. 0, opsi Bayar Nanti biasanya tidak dapat terlihat.

2. Sistem Pembayaran Sebagian Menggunakan SPay Later

Jika ketika checkout pembayaran, limit Shopee Paylater kamu masih kurang dari total pembayaran, kamu bisa membayar sebagian menggunakan ShopeePayLater. Setelah itu, sisanya menggunakan sistem pembayaran yang lain.

  • Silahkan tekan Metode Pembayaran.
  • Lalu tekan SPayLater untuk dijadikan sebagai opsi pembayarannya.
  • Silahkan tekan Konfirmasi, kemudian pilih opsi Buat Pesanan.Kemudian tekan Pembayaran Tambahan.
  • Jika sudah, pilih Konfirmasi.
  • Inputkan PIN ShopeePay.
  • Selanjutnya, sisa pembayarannya bisa menggunakan opsi pembayaran yang lain.

 

 

3. Melakukan Pembayaran Tagihan ShopeePay Later

Setelah mengetahui cara menggunakan ShopeePay Later di atas, kamu juga harus mengetahui cara pembayaran tagihan ShopeePay Later. Berikut langkah-langkahnya :

 

  •  Buka Shopee.
  • Tekan Tab Saya kemudian tekan Shopee PayLater.
  • Pilih Tagihan Saya.
  • Kemudian pilih tagihan pembayaran yang kamu bayarkan.
  • Tekan opsi Lunasi Cicilan Sekarang.
  • Klik Metode Pembayaran lewat Virtual Account, ShopeePay, atau melalui Indomaret.
  • Jika sudah, pesanan akan langsung terkonfirmasi dengan pembayaran paling lambat adalah 1×24 jam.

Mengikuti Ketentuan dan Syarat SPayLater

Sebenarnya, cara kerja dari SpayLater itu sendiri adalah sesudah disetujui, para nasabah akan memperoleh limit yang dapat dipakai untuk berbelanja. Banyaknya limit berbeda-beda, umumnya tergantung dari keputusan dan kebijakan Shopee.

Jika kamu berbelanja menggunakan SPayLater, maka limit ShopeePay Later yang dimiliki akan berkurang. Selanjutnya setelah melakukan pembayaran cicilan SPayLater, maka limit Shopee PayLater akan dikembalikan. Prinsip kerjanya sama dengan kartu kredit.

Namun selama limit SPayLater masih tersedia, serta tidak emiliki tunggakan pembayaran, maka kamu tetap dapat menggunakan fasilitas ini. Sebaliknya, jika limit telah terpakai seluruhnya atau masih ada tunggakan, maka fasilitas tidak dapat digunakan.

Jumlah limit dari setiap pengguna SPayLater sebenarnya berbeda-beda. Selain itu, limit tersebut dapat bertambah otomatis sesai dengan perilaku dan konsumsi pembayaran yang kalian lakukan.

Fakta dan Keunggulan Shopee Paylater yang Perlu Kamu Ketahui

Ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui jika ingin menggunakan Shopee PayLater, antara lain :

1. Terjamin Aman

Shopee PayLater merupakan layanan hasil dari kerjasama PT Commerce Finance dan Shopee International Indonesia. PT. Commerce Finance adalah sebuah perusahaan pembiayaan yang menawarkan produk pinjaman Shopee PayLater.

Jadi jangan khawatir lagi, sebab PT. Commerce Finance telah terdaftar bahkan telah diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Oleh sebab itu, seluruh transaksi yang kamu lakukan menggunakan SPayLater aman.

Selain itu, Shopee PayLater berkomitmen untuk menjaga data pribadi para penggunanya sesuai kebijakan.

2. Fast Respon

Selain aman, Customer Service yang melayani ShopeePay Later juga cenderung fast respon. Kamu dapat menghubungi perusahaan PT. Commerce Finance melalui layanan pengguna lewat nomor telepon di (021) 80864285. Selain itu, alternatif lainnya adalah kamu dapat mengirim alamat email secara langsung ke alamat [email protected].

3. Aktivasi ShopeePay Later Praktis dan Mudah

Untuk mengaktifkan layanan Shopee Paylater sebenarnya sangat mudah. Walaupun demikian, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu sebelum mengaktifkannya, sebagai berikut :

  • Harus terverifikasi dan terdaftar.
  • Akun Shopee minimal sudah berusia 3 bulan.
  • Sering dipakai bertransaksi.
  • Sudah update ke dalam aplikasi Shopee yang terbaru.

Kamu perlu tahu bahwa aktivasi Shopee PayLater hanya dapat dilakukan lewat aplikasi Shopee. Cukup dengan mempersiapkan KTP serta verifikasi wajah diri saat melakukan pendaftaran.

Dengan melakukan verifikasi KTP di aplikasi Shopee, maka akunmu akan terjaga dari aksi penipuan. Karena Shopee dapat memverifikasi secara langsung jika ada aktivitas yang mencurigakan pada akunmu.

Selanjutnya, Shopee juga memerlukan informasi tambahan mengenai kamu, yakni pekerjaan. Proses pengajuan aktivasi nantinya diperiksa tim terkait selama jangka waktu 2 x 24 jam. Jika disetujui, maka kamu akan menerima pemberitahan bahwa aktivasi SPay Later telah sukses dilakukan.

Selain itu, kamu akan menerima limit kredit dengan nilai yang disesuaikan.

4. Limit Bertambah Seiring Banyaknya Transaksi

Jika kamu sering bertrasaksi di Shopee, maka limit kredit di Shopee PayLater menjadi berubah. Sebab, limit kredit Shopee PayLater biasanya akan otomatis bertambah seiring bertambahnya transaksi yang dilakukan di aplikasi Shopee.

Jadi, bagi kamu yang sering berbelanja lewat aplikasi Shopee, memakai opsi pembayaran SPayLater serta selalu melakukan pembayaran tagihan tepat waktu setiap bulannya, membuat limit kreditmu menjadi meningkat.

5. Sistem Pembayaran Mudah

Jika sudah melakukan transaksi berbelanja menggunakan SPayLater, maka kamu diwajibkan melakukan pembayaran tagihan berdasarkan periode cicilan sesuai yang dipilih. Sekarang ini, ada 3 periode untuk cicilan SPayLater yang ada, antara lain 1, 3, 6, hingga 12 kali.

Selain itu, SPayLater juga menyediakan opsi kredit pada aplikasi Shopee melalui bunga minimal. Para pengguna Shopee PayLater mempunyai waktu jatuh tempo berbeda. Selain itu, rincian tagihan yang akan muncul adalah sebagai berikut :

  • Jika melakukan transaksi pada tanggal 25, maka harus dibayar selambat-lambatnya pada tanggal 5 untuk setiap bulannya.
  • Transaksi tanggal 1, harus dilakukan pembayaran selambat-lambatnya pada tanggal 11 untuk tiap bulannya.
  • Tanggal 15, maka pembayaran paling lambat tiap tanggal 25 per bulannya.

Di samping itu, transaksi belanja menggunakan ShopeePay Later tergolong transparan. Seluruh informasi tentang perhitungan bunga serta nominal cicilan dengan otomatis muncul pada layar ketika checkout memakai SPayLater.

Bagaimana, cara menggunakan ShopeePay Later sangat mudah bukan? Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi jika belum ada uang tunai dan ingin membeli barang di Shopee. Tinggal gunakan opsi berbelanja di Shopee PayLater di atas!

Related posts