Cara Menggunakan Test Pack

Test pack adalah alat untuk tes kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi adanya hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) pada urine. Bagi kamu yang baru menikah dan sedang menanti buah hati, penting untuk tahu cara menggunakan test pack.

Biasanya hormon hCG muncul apabila sel telur sudah dibuahi dan menempel di dinding rahim. Sehingga menyebabkan kadar hormon meningkat seiring usia kehamilan bertambah.

Read More

Walaupun memiliki tingkat akurasi yang tinggi, bisa saja hasilnya kurang akurat. Biasanya faktor penyebabnya adalah penggunaan test pack yang kurang tepat. Lantas, bagaimana cara menggunakan test pack yang benar?

Cara Menggunakan Test Pack

Cara Menggunakan Test Pack
Menggunakan Test Pack dengan Benar

Jika kamu baru pertama kali menggunakan test pack, penting mengetahui langkah-langkah dan aturan untuk menggunakan test pack agar mendapatkan hasil yang akurat. Ini penjelasannya :

1. Kondisi Test Pack Dalam Keadaan yang Baik

Sebelum kamu membeli test pack di supermarket atau apotek, sebaiknya cek kadaluwarsa pada kemasan test pack. Sebab jika test pack yang kamu pilih sudah kadaluwarsa, maka tingkat keakuratannya akan berkurang.

Kondisi Test Pack Harus Baik

Pilih jenis test pack dengan kadar sensitivitas yang tinggi. Jika semakin sensitif test pack, maka alat tersebut semakin mampu mendeteksi hormon hCG meskipun dalam kadar masih rendah saat awal kehamilan.

2. Waktu Pemakaian Test Pack Harus Tepat

Memilih waktu dalam cara menggunakan test pack sebenarnya sangat berpengaruh terhadap keakuratan hasilnya. Apabila kamu memakai test pack usai beberapa hari berhubungan intim, maka hasilnya bisa negatif sebab hormon hCG memiliki kadar yang mash rendah.

Waktu Penggunaan Test Pack

Kamu dapat memakai test pack pada hari pertama terlambat haid. Selain itu, bisa juga 2 minggu sesudah berhubungan intim. Supaya hasilnya lebih akurat, sebaiknya tunggu sampai kamu terlambat haid sekitar 1-2 minggu.

Apabila hasilnya positif, maka diperkirakan usia kehamilanmu telah mencapai 6-7 minggu. Di samping itu, untuk memakai test pack sebaiknya kamu lakukan pada pagi hari sesudah bangun tidur. Alasannya, pada saat itu urine masih pekat, jadi alat uji kehamilan dapat memberikan hasil lebih akurat.

Pemakaian test pack pada siang hari sebenarnya tidak disarankan sebab kamu sudah terlalu banyak minum, jadi urinenya lebih encer. Urine yang sudah encer biasanya membuat hCG akan sulit terdeteksi.

3. Pakai Test Pack Sesuai Instruksi atau Anjuran

Silahkan baca anjuran pakai produk test pack yang akan kamu gunakan dalam kemasan. Sebab setiap produk ini mungkin mempunyai cara penggunaan berbeda.

Anjuran Penggunaan Test Pack

Wajib tahu, ada beberapa jenis alat tes kehamilan yang dapat kamu pakai untuk memeriksa kehamilan, sebagai berikut :

  • Pregnancy cassette test, adalah alat uji kehamilan dalam bentuk stick biasanya dipakai dengan meneteskan urine ke dalam penampungan yang ada pada stick.
  • Test pack strip, merupakan alat untuk mengecek kehamilan berbentuk strip plastik, biasanya digunakan dengan mencelupkan strip pada wadah yang sudah kamu isi urine.
  • Test pack digital, adalah alat untuk tes kehamilan dengan cara kerja persis sama dengan alat test pack strip, hanya saja lebih modern. Sebab hasilnya akan muncul pada layar digital alat tersebut.

Sesudah meneteskan atau mencelupkan urine ke dalam test pack, silahkan tunggu selama 10 menit agar kamu bisa mendapatkan hasilnya segera.

Biasanya setiap test pack mempunyai indikator hasil yang berbeda, entah itu satu maupun dua garis, dengan simbol (-) atau (+), atau dengan kata “Tidak Hamil” atau “hamil”.

Jika tidak muncul tanda, tulisan atau garis apapun sesudah melakukan tes, maka hal ini bisa disebabkan oleh cara menggunakan test pack kurang tepat. Sehingga kamu harus melakukan tes kembali.

Pertanyaan-pertanyaan Terkait Penggunaan Test Pack

Berikut pertanyaan-pertanyaan umum terkait penggunaan test pack yang berhasil kami rangkum, antara lain :

Bagaimana jika mengalami tanda atau gejala kehamilan tapi hasil test pack-nya negatif?

Ada suatu kondisi dimana kamu merasakan tanda atau gejala awal kehamilan namun hasil test pack-nya negatif, maka kam bisa melakukan tes kehamilan lagi setelah 3-5 hari kemudian. Disarankan kamu juga tidak sedang mengonsumsi obat tertentu, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol.

Apabila hasilnya positif, segera periksakan diri kamu ke dokter supaya kehamilan dapat dipastikan menggunakan USG. Tidak hanya memastikan kehamilan saja, USG juga harus dilakukan guna memastikan tumbuh kembang janin sesuai usia kehamilan sekaligus mencegah komplikasi kehamilan.

Kesalahan Dalam Menggunakan Test Pack

Kesalahan dalam pemakaian test pack memang sering terjadi. Salah satunya adalah melakukan tes di siang hari.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, tidak disarankan memakai alat test pack di siang hari. Karena pada siang hari, biasanya kamu sudah makan dan minum. Sehingga membuat urine lebih encer. Biasanya kondisi urine encer inilah yang membuat hCG akan sulit terdeteksi.

Maka dari itu, pengecekan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sesudah kamu terbangun. Kondisi urine yang pekat di pagi hari bisa membuat hasilnya semakin akurat.

Sebaiknya jangan terlalu lama atau terburu-buru membaca hasilnya. Seringkali karena terlalu bahagia karena terlambat datang haid, biasanya terburu-buru ingin melihat hasil test pack.

Testpack dua garis yang satu samar apakah hamil?

Kemunculan dua garis pada testpack, meskipun terlihat samar, bisa jadi pertanda kehamilan. Garis yang samar biasanya terjadi karena produksi hormon hCG pada tubuh masih begitu rendah, alhasil belum terdeteksi dengan baik.

Bagaimana cara mencelupkan test pack dengan benar?

Kamu harus mempersiapkan wadah kecil terlebih dahulu sebagai wadah menampung urine. Apabila kamu telah menampung urine, celupkan test pack ke dalam wadah pada bagian putihnya, lalu pastikan kamu mencelupkannya sampai bagian bawah garis pembatas.

Test pack positif warna apa?

Pada beberapa alat uji kehamilan menunjukkan hasil yang positif ketika muncul 2 garis berwarna merah dengan jelas atau 2 garis yang berwarna biru.

Apakah dua garis berjauhan pada test pack pertanda hamil?

Apabila kedua garis muncul berjauhan, serta keduanya adalah garis penanda, kemungkinan besar kamu positif hamil. Tapi, pastikan pula kedua garis tersebut bukan garis rembesan urine atau pembatas pada alat test pack.

Berapa lama menunggu hasil test pack?

Dalam petunjuk pemakaian seringkali tercantum berapa lama kamu harus menunggu hasilnya keluar. Hasil tes biasanya akan muncul sekitar 2-5 menit. Sesudah itu, tes akan tetap bekerja dan bisa juga mengubah hasil test sebenarnya.

Apa yang perlu dilakukan sesudah hasil test pack positif?

Apabila hasil test pack-nya sudah positif, maka penting untuk memastikan kondisi kehamilan bunda ke bidan atau dokter kandungan. Waktu pemeriksaan paling tepat ialah 2 minggu sesudah terlambat haid, sehingga ketika di USG kondisi rahim dan posisi janin dapat terlihat jelas.

Dapat disimpulkan bahwa cara menggunakan test pack sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, kamu harus mengikuti anjuran pemakaian test pack agar tidak terjadi kesalahan pada hasilnya. Semoga bermanfaat!

Related posts