Cara Menghapus Album Foto di Facebook via HP dan PC

WIGATOS.com | Cara Menghapus Album Foto di Facebook kini bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan hp. Alasan menghapus album foto bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya karena sudah tidak digunakan atau masih ada foto-foto mantan mungkin. 

Facebook bukan hanya sebagai media hiburan semata, tetapi juga memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai macam file, seperti halnya foto. Namun jika terlalu banyak album foto yang ada di Facebook, maka akan memenuhi akun FB kamu. Sebagai solusinya, simak cara menghapus album foto di Facebook ini!

Cara Menghapus Album Foto di Facebook

Cara Menghapus Foto di Facebook
Hapus Foto di Facebook

Sebenarnya ada beberapa panduan Cara menghapus album foto di Facebook yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengakses akun FB kemudian masuk ke album foto di Facebook. Ikuti panduannya berikut :

Metode 1 : Menghapus Album Facebook Lewat PC/Laptop

Silahkan hapus album foto dengan mengakses Facebook melalui web browser berikut ini :

 

1. Login ke Facebook

Silahkan buka browser yang biasa kamu gunakan, masuk ke akun FB kamu. Untuk login ke akun FaCebook, bisa dengan memasukkan akun email beserta password yang sudah dibuat. Tekan enter setelahnya.

2. Pilih foto yang akan dihapus

Jika kamu sudah masuk ke akun FB, silahkan buka menu halaman profil. Dari sana, silahkan buka folder foto atau tab foto yang nantinya menampilkan keseluruhan foto yang sudah pernah kamu posting di Facebook.

Jika sudah, silahkan pilih album foto yang akan dihapus. Lalu, tekan opsi tiga titik di sebelah album foto yang sudah kamu pilih. Namun ingat, ketika menentukan album foto yang ingin dihapus, sebaiknya hati-hati dan cek terlebih dahulu apakah masih diperlukan ataukah tidak.  

Jadi, jangan sampai menghapus album yang masih dibutuhkan, sebab kamu akan kesulitan untuk mengembalikan foto tersebut lagi seperti sedia kala. Tentu saja jika foto yang kamu hapus penting, akan kerepotan sendiri jika tidak mencadangkannya terlebih dahulu. 

3. Hapus foto

Jika sudah memilih album foto yang ingin dihapus, silahkan buka album tersebut. Lalu cek bagian bawah pada foto, kamu akan mendapatkan beberapa opsi atau pilihan.

Salah satu pilihan yang dapat kamu pilih adalah hapus foto atau album. Selanjutnya tekan “hapus album” jika sudah siap menghapusnya. 

Kamu akan ditampilkan sebuah popup untuk mengonfirmasikan apakah ingin benar-benar menghapusnya ataukah tidak. Jika merasa sudah yakin, tekan hapus. Setelah mengklik tombol hapus, foto yang kamu pilih dan hapus tadi akan langsung hilang.

Dari sini, kamu tidak akan bisa lagi mengembalikan foto atau merestore foto tersebut. Selain menghapus album foto, seenarnya kamu juga dapat mengklik ikon pensil di samping kanan bagian atas pada setiap foto. Silahkan pilih foto yang ingin dihapus satu per satu.

Akan muncul beberapa opsi untuk tindakan pada foto tersebut, seperti tindakan untuk menghapusnya. Setelah itu, kamu tinggal menghapus foto yang dimaksud secara langsung.

Metode 2 : Menghapus Album Foto Facebook Lewat HP

Bagaimana jika menggunakan hp, apakah bisa menghapus album foto dari hp? Tentu saja bisa, karena tampilan Facebook di hp juga sudah menyesuaikan tampilan PC yang user friendly. Sehingga tidak membuatmu kesulitan ketika ingin melakukan aktivitas di Facebook lewat hp. 

Untuk menghapus album foto di Facebook menggunakan hp, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba, antara lain :

  • Tentu saja, kamu harus memiliki aplikasi Facebook untuk android terlebih dahulu. Jika belum memasangnya, silahkan download terlebih dahulu aplikasi Facebook tersebut.

  • Jika aplikasi Facebook sudah terpasang, silahkan masuk ke dalam akun FB milikmu. Selanjutnya, klik bagian profil, kemudian masuk ke profil FB kamu.

  • Selanjutnya tinggal tekan pilihan “Foto” lalu cari “Album“. Setelah itu, cukup cari album foto yang ingin dihapus, kemudian tekan ikon tiga titik. Jika sudah, tekan pilihan “Hapus Album“.

  • Jika sudah, kamu dapat mengkonfirmasi jika ingin menghapus album foto tersebut. Sekarang, album foto yang dimaksud sudah dihapus. 

Jika masih ragu saat ingin menghapus album foto pada Facebook, sebab kamu merasa masih membutuhkannya. Maka kamu bisa menghapus beberapa foto yang ada di album tersebut saja. Siahkan pilih satu per satu mana saja foto yang ingin dihapus.

Menghapus Tag Foto Facebook

Jika foto yang terdapat pada profil Facebook kamu diunggah orang lain, secara otomatis kamu tidak akan dapat menghapusnya. Namun kamu dapat tetap menghilangkannya pada halaman profil, caranya dengan menghapus bagian tagnya.

Silahkan cari foto tertentu yang akan kamu hapus tagnya. Kemudian lanjutkan dengan tekan ikon pensil di sebelah kanan atas.

Lalu, pilih “remove tag” atau “hapus tag”. Jika sudah, foto tersebut selanjutnya tidak akan lagi muncul pada halaman profil FB kamu.

Bagaimana, cara menghapus album foto di Facebook dapat kamu lakukan dengan mudah bukan? Kini tidak perlu repot lagi ketika album foto di FB sudah penuh dan khawatir memenuhi akun Facebook. Cukup dengan menggunakan langkah-langkah di atas.

Tentang Hapus Foto di Facebook

Facebook memungkinkan setiap penggunanya untuk sering mengabadikan foto sebagai momen penting bersama pasangan maupun keluarga. Sampai akhirnya, pengguna mengunggah foto-foto tersebut di Facebook. Dengan demikian, semua orang yang berteman dengan akun FB tersebut bisa melihat aktivitas yang dilakukannya. 

Akan tetapi, kadang kala hal ini menimbulkan kebosanan, atau mungkin ingin menghapus kenangan dengan seseorang yan ingin kamu lupakan. Sehingga kamu bisa menghapus foto di Facebook menggunakan cara di atas.

Menghapus foto di Facebook merupakan hak setiap pengguna atau pemilik akun FB. Terkadang karena alasan privasi atau mungkin alasan lain, menghapus foto pada akun Facebook adalah solusi yang tepat.

Dengan mengosongkan album foto, kamu bisa mengganti atau mengisinya dengan foto-foto yang baru. Sehingga membuat tampilan album foto di akun Facebook kamu menjadi lebih fresh. Selain itu, membuat memori Facebook menjadi lebih lega.

FAQ – Pertanyaan Umum Seputar Menghapus Album foto di FB

Ada beberapa pertanyaan di bawah ini yang mungkin bisa menjawab rasa penasaranmu atau untuk mengatasi masalah yang terjadi ketika menghapus album foto di Facebook, antara lain :

Kenapa foto di album tidak dapat dihapus?

Penyebab file tidak dapat dihapus di Android karena sudah terinfeksi virus. Sehingga tidak ada izin untuk menghapus file dalam Android. File ini harus dilindungi agar tidak mengganggu kinerja smartphone kamu.

Apakah menghapus data album foto akan langsung hilang?

Membersihkan data atau cache tidak akan berpengaruh pada file foto yang telah dicadangkan. Metode ini biasanya hanya dapat menghapus seluruh cache dan thumbnail yang sebelumnya pernah diunduh untuk menampilkan tampilan foto pada

Aplikasi Google Foto.

Cara menghapus album foto di Facebook dapat kamu lakukan apabila kamu ingin mengosongkan sebagian penyimpanan di Facebook. Atau bisa saja karena foto-foto yang kamu maksud sudah tidak digunakan kembali. Jadi, daripada menyimpannya sebaiknya langsung menghapusnya saja.

Related posts