Cara Mengetahui Resolusi Foto

Cara mengetahui resolusi foto dibutuhkan bagi seseorang yang ingin melihat berapa ukuran dan juga piksel yang digunakan dalam sebuah foto ataupun gambar.

Dengan mengetahui sebuah resolusi foto, diharapkan seseorang dapat memperoleh informasi sebelum mengunggah foto pada suatu media ataupun melakukan editing terhadap foto.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui resolusi foto. Cara caranya sangat mudah sekali dan bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi atau software tertentu yang harus kamu instal dari Google Playstore.

Apa Itu Resolusi Foto?

Sebelum membahas tentang cara mengetahui resolusi foto, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa arti dari resolusi foto itu sendiri.

Secara sederhana, resolusi foto atau gambar didefinisikan sebagai pendeskripsian mengenai jumlah titik atau detail pada foto atau gambar yang tersimpan. Resolusi biasanya diukur menggunakan stkamur baris per milimeter, garis tinggi gambar atau pixel per inch alias PPI.

Dalam arti lain, resolusi diartikan sebagai total jumlah piksel atau titik yang ada dalam sebuah, foto, gambar ataupun pencitraan digital. Jumlah ini dihitung sepanjang tinggi dan lebar dari sebuah foto dengan satuan PPI.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa resolusi foto bukanlah ukuran dari panjang atau tinggi gambar yang bisa diukur menggunakan penggaris atau mistar.

Resolusi foto adalah sebuah ukuran piksel yang berbentuk titik-titik kecil yang membentuk suatu pola tertentu pada sebuah gambar, foto ataupun video.

Cara Mengetahui Resolusi Foto

Cara Mengetahui Resolusi Foto
Cara Mengetahui Resolusi Foto

Setelah mengetahui definisi resolusi foto, selanjutnya kamu perlu tahu bagaimana cara mengetahui resolusi dari sebuah foto. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat sebuah resolusi foto atau gambar.

Terkait:  Cara Cek HP Oppo

1. Lihat Lewat Galeri Foto

Untuk melihat resolusi foto dengan cara ini, kamu tidak perlu menggunakan software tertentu. Kamu hanya tinggal membuka handphone kamu, lalu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka menu galeri pada handphone kamu. Lalu cari gambar atau foto yang ingin kamu ketahui resolusinya. Sebagai informasi, galeri adalah sebuah menu untuk melihat foto, ia biasanya memiliki ikon berbentuk kotak pada hp.

  • Setelah kamu mengklik foto atau gambar, kamu tinggal klik pada ikon “Titik Tiga”. Kamu bisa menemukan opsi titik tiga tersebut di pojok kanan atas ataupun pojok kanan bawah. Tergantung jenis perangkat yang dipakai.

  • Setelah itu kamu bisa klik lagi menu Rincian ataupun Detail.

  • Nah, ketika membuka, kamu akan mendapati data resolusi foto kamu beserta dengan data lain seperti misalnya nama foto, waktu pengambilan foto dan lokasi penyimpanannya.

2. Lihat Lewat File Manager

Sebetulnya, cara melihat resolusi foto dari file manager sama seperti cara pada poin satu. Hanya saja, perbedaannya terletak pada cara mengakses foto yang akan dilihat resolusinya. Adapun, untuk mengetahui resolusi foto dengan file manager, bisa coba langkah berikut :

  • Buka handphone dan masuk ke bagian file manager atau pengelola file.

  • Selanjutnya pilih penyimpanan ponsel.
  • Setelah itu, kamu bisa mencari foto pada folder DCIM ataupun folder lain tempat kamu menyimpan foto.

  • Silahkan tekan folder kamera.
  • Kemudian kamu tinggal klik foto yang akan dicek resolusinya.

  • Setelah itu, klik rincian foto atau detail foto untuk melihat resolusi foto dan juga data lainnya.

Sebagai informasi, beberapa merk handphone mungkin memiliki penamaan dan langkah yang berbeda tentang cara cek resolusi lewat file manager. Namun, umumnya cara-caranya tidak jauh dengan apa yang disampaikan diatas.

Terkait:  Cara Main Game PS2 di Android

3. Menggunakan Mouse Hover

Cara ketiga ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengecek resolusi di komputer atau laptop. Berikut adalah cara cek resolusi foto dengan bantuan mouse komputer :

  • Pertama, kamu buka foto yang akan dilihat resolusinya.

  • Setelah foto terbuka, kamu tinggal arahkan mouse pada foto tersebut dan tahan selama beberapa detik..

  • Kemudian nanti akan muncul data resolusi foto yang kamu buka tadi beserta dengan data lainnya.

4. Menggunakan Properties

Bukan hanya dengan mouse hover, kamu bisa juga mengecek resolusi dengan menggunakan menu properties. Cara melakukannya adalah :

  • Buka folder foto atau gambar di laptop ataupun komputer

  • Pada bagian foto yang masih belum dibuka, kamu bisa klik kanan mouse lalu klik menu Properties yang biasanya ada di urutan paling bawah.

  • Setelah itu, kamu bisa melihat berbagai data yang ada pada foto atau gambar termasuk dengan data resolusi foto.

5. Menggunakan Adobe Photoshop

Jika misalnya kamu sedang menggunakan Adobe Photoshop dan ingin mengecek resolusi foto, kamu tidak perlu melakukan cara cara diatas.

Kamu hanya perlu membuka foto dan memasukkannya pada photoshop. Jika sudah, kamu hanya perlu masuk pada menu on image > image size dan melihat resolusi disana beserta data-data lainnya.

Cara Menaikan Resolusi Foto

Meskipun sekarang ini sudah banyak handphone canggih yang memiliki kamera dengan resolusi tinggi. Namun, kamu mungkin masih memiliki foto atau gambar dengan kualitas rendah dan ingin dinaikan resolusinya.

Dengan menaikan resolusi foto, diharapkan foto tersebut menjadi lebih jelas dan tidak terlihat buram. Nah, berikut ini adalah cara menaikan resolusi foto yang bisa kamu coba menggunakan aplikasi atau website pihak ke 3 secara online.

  • Pertama, kamu harus memastikan bahwa kamu terhubung ke jaringan internet dan kamu menamai foto dengan penamaan jelas agar mudah ditemukan.

  • Setelah itu, kamu bisa membuka situs bigjpg.com pada browser di hp ataupun laptop kamu.

  • Ketika menu utama website tersebut muncul. Kamu bisa langsung memasukan foto atau gambar dengan mengklik tombol “Select Images”

  • Setelah foto atau gambar terupload pada website. Kamu bisa klik “Start” untuk memilih konfigurasi yang diinginkan sebelum menekan tombol “OK”

Terkait:  Cara Mengunci Profil Facebook

Proses ini akan memakan waktu beberapa saat, tergantung kecepatan internet dan juga opsi yang dipilih. Kamu bisa meninggalkannya terlebih dahulu untuk pergi ke toilet atau menyeduh kopi jika diperlukan.

Setelah proses penaikan resolusi selesai. Kamu tinggal klik tombol Download untuk melakukan pengunduhan foto pada perangkat yang kamu gunakan.

Nah, selain dengan menggunakan website diatas, kamu bisa juga menggunakan website lain yang memiliki fungsi serupa. Setiap website biasanya memiliki perbedaan masing-masing dalam hal kualitas yang dihasilkan.

Penutup

Itulah tadi penjelasan tentang cara mengetahui resolusi dari sebuah foto. Hal yang harus dipahami dari resolusi foto itu adalah jumlah piksel yang ada pada sebuah gambar yang dihitung dari lebar dan tinggi suatu gambar.

Selama ini banyak orang salah paham. Mereka menganggap bahwa resolusi foto adalah tinggi dan lebar dari sebuah foto. Hal ini kurang tepat, karena resolusi menunjukan jumlah total piksel atau titik yang ada dalam foto atau gambar dalam satuan inch atau PPI.

Adapun, sekarang ini resolusi foto sudah tinggi-tinggi sehingga tidak aneh gambar atau foto dari jepretan Hp jaman sekarang bisa jelas dan cerah.

Ini berbeda dengan misalnya foto atau gambar yang diambil dari kamera 10 tahun kebelakang, dimana gambar biasanya sangat buram dan kurang jelas.

Related posts