Cara Cek IMEI Vivo

Sebagian besar pengguna HP Vivo pasti belum tahu cara cek IMEI Vivo yang baik dan benar, termasuk kamu yang sedang membaca ulasan ini. Seperti kalian tahu bahwa nomor IMEI punya peran besar terhadap semua merek smartphone yang beredar sekarang.

Bagaimana tidak, siapapun yang pakai gadget berbasis android bahkan iOS sekalipun harus tahu nomor IMEI untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, sedangkan kode tersebut bisa membantu kalian atas kondisi tersebut.

Kalian pasti belum tahu keberadaan nomor IMEI HP Vivo yang digunakan sekarang, bukan? Umumnya bahwa kamu bisa menemukannya lewat phone box alias dus ponsel yang menjadi tempat penyimpanan HP Vivo saat dibeli pertama kali.

Selain itu, kamu juga bisa melihatnya lewat body smartphone (casing) bagian belakang bahkan lewat panggilan kode rahasia. Kami akan membantu kalian untuk menelusuri lebih lanjut soal pemeriksaa nomor IMEI pada HP Vivo kamu.

Oleh sebab itu, kalian harus ikuti pembahasan ini sampai akhir untuk mengetahui cara cek nomor IMEI HP Vivo apakah ponsel kamu sudah terdaftar atau belum. Kamu harus tahu bahwa sebuah smartphone yang nomor IMEI belum didaftarkan bakal memberi risiko bagi penggunanya.

Hal ini dikarenakan produknya adalah barang ilegal bahkan black market, serta data pribadi pemilik ponselnya bisa dilacak dan diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Cek IMEI Vivo

Cara Cek IMEI Vivo
Cara Cek IMEI Vivo

Siapapun yang menggunakan HP Vivo maupun merek smartphone lain pasti punya nomor IMEI untuk perangkatnya masing-masing. Tak hanya itu, kode rahasia tersebut terdiri dari dua macam sesuai jumlah operator seluler yang kalian gunakan.

Apabila kamu pakai satu SIM card, maka HP Vivo hanya mempunyai satu nomor IMEI saja dan begitu pun sebaliknya. Kamu tidak boleh mengabaikannya lantaran keberadaan nomor IMEI pasti dibutuhkan suatu saat nanti.

Kamu tidak bisa menilai nomor IMEI hanya berwujud belasan digit angka beragam saja. Pasalnya, sebagian besar ahli gadget bahkan teknologi pasti memahami kinerja nomor IMEI untuk mengetahui keaslian bahkan keresmian dari merek smartphone yang kamu gunakan saat ini.

Kamu bakal tahu segalanya soal nomor tersebut dengan memeriksanya lewat informasi selanjutnya yang kami rangkum secara ringkas mengenai pemeriksaan IMEI HP Vivo terpercaya.

Cara Cek IMEI Vivo Semua Tipe Paling Update dan Terpercaya

HP Vivo punya beragam model dan tipe seperti merek smartphone lain. Walaupun variasinya banyak, namun nomor IMEI berbeda satu sama lain lantaran semuanya dimiliki dan dipakai oleh orang yang berbeda.

Bagaimana memeriksa nomor IMEI yang benar? Mengapa kalian harus periksa nomor IMEI dari HP Vivo? Kami akan memberikan jawabannya lewat ulasan berikutnya agar kamu dapat paham dan teliti saat pakai gadget seperti poin-poin berikut :

1. Cek Nomor IMEI HP Vivo Semua Tipe via Kode Rahasia (Dial Phone)

  • Buka menu Dial Phone atau Telepon dari HP Vivo kamu.
  • Ketik *#06# dan tekan tombol OK/Call/Yes.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan berupa nomor IMEI HP Vivo kamu.
  • Selesai.

2. Cek Nomor IMEI HP Vivo Semua Tipe via Pengaturan Perangkat

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Vivo kamu.
  • Geser layar sampai kamu menemukan sub menu About Phone atau Tentang Ponsel, tekan opsi tersebut.
  • Kalian bisa melihat informasi tentang HP Vivo secara lengkap, mulai dari nomor IMEI, model sampai kapasitas baterai.
  • Selesai.

3. Cek Nomor IMEI HP Vivo Semua Tipe via Phone Box (Dus Ponsel)

Ketika membeli HP Vivo dari gerai resminya, maka kamu bisa membawa pulang satu set perangkat smartphone dan dus ponselnya. Kalian bisa melihat dan menemukan nomor IMEI pada phone box tersebut, sedangkan letaknya sering tercantum pada bagian belakang dusnya.

Kamu bakal melihat dua nomor IMEI yang dilampirkan bersama barcode untuk memastikan bahwa HP Vivo kamu adalah produk asli, apalagi jika dibeli dari Service Center Resmi Vivo Indonesia.

Apabila kamu merasa kesulitan membaca nomor IMEI yang ukurannya cukup kecil, maka kalian bisa melihatnya lewat buku panduan pemakaian ponsel yang tersimpan di dalam dus ponselnya.

Kamu bukan hanya memperoleh informasi soal nomor IMEI saja, tetapi segala hal tentang cara pakai HP Vivo yang baik dan benar untuk digunakan sehari-hari.

4. Cek Nomor IMEIHP Vivo Semua Tipe via Website Resmi IMEI.Info

  • Gunakan aplikasi web browser yang terpasang pada HP Vivo kamu, seperti Google Chrome, UC Browser maupun Opera Mini.
  • Kunjungi website resmi https://www.imei.info/.
  • Masukkan nomor IMEI yang sudah diperiksa sebelumnya ke dalam kolom pencarian lewat website tersebut.
  • Tekan tombol Check.
  • Tunggu beberapa saat hingga informasi soal HP Vivo kamu ditampilkan secara lengkap.
  • Apabila nomor IMEI sudah terdaftar, maka kamu bisa pastikan HP Vivo yang dimiliki adalah produk asli dan resmi.
  • Selesai.

5. Cek Nomor IMEI HP Vivo Semua Tipe via Website Resmi Kemenperin

  • Buka aplikasi web browser yang mendukung HP Vivo kalian (Google Chrome, UC Browser, Opera Mini, dll).
  • Kunjungi website resmi https://www.imei.kemenperin.go.id/.
  • Masukkan nomor IMEI yang kamu catat ke dalam website tersebut.
  • Verifikasi diri kamu dengan menekan tombol I’m not a Robot lewat Captcha, tekan tombol Check.
  • Tunggu beberapa saat sampai informasi tentang HP Vivo kamu muncul, seperti model, negara produksi sampai nomor IMEI.
  • Jika nomor IMEI telah terdaftar, HP Vivo kalian adalah produk resmi alias bukan barang ilegal bahkan black market.
  • Selesai.

Mengapa Nomor IMEI HP Vivo Harus Kamu Periksa Sejak Awal?

Setelah memahami prosedur pemeriksaa nomor IMEI HP Vivo di atas, maka kami bisa beritahu alasan mengapa kode rahasia tersebut patut diperiksa sejak awal. Kamu bisa mencarinya lewat ringkasan yang kami sampaikan seperti informasi di atas.

Hal ini dikarenakan nomor IMEI punya keterkaitan terhadap data pribadi pemilik ponselnya. Tak hanya itu, siapapun yang bisa menjaga kode tersebut bisa merasakan beberapa manfaat seperti berikut :

  • Nomor IMEI bisa melacak keberadaan HP Vivo yang dicuri atau hilang.
  • Pemilik HP Vivo dapat mengetahui identitas asli ponselnya, apakah barang resmi atau ilegal.
  • Konsumen berhak mengklaim garansi HP Vivo dengan melampirkan bukti pemeriksaan nomor IMEI sebagai barang asli dari produsen terkait.
  • HP Vivo bisa memastikan identitas asli pemilik perangkat bila digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikian informasi mengenai cara cek IMEI Vivo paling update dan terpercaya. Kalian harus tahu bahwa nomor IMEI tidak boleh lupa apalagi hilang sehingga kamu dapat menyimpan dus ponsel, serta buku panduan pemakaian perangkaynya.

Bila perlu, kalian bisa mencatat nomor IMEI ke dalam menu Note atau Catatan dari HP Vivo yang digunakan. Tujuannya agar kalian dapat mengantisipasi kehilangan, pencurian bahkan peretasan data oleh orang yang tidak bertanggung jawab dimana pemalsuan software maupun hardware seperti saat ini.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...