Cara Mengecek IMEI Realme

Nomor IMEI termasuk nomor penting bagi sebuah perangkat ponsel, karena merupakan identitas perangkat itu sendiri. Hal ini juga berlaku bagi Hp Realme, biasanya nomor IMEI dipakai untuk mengecek keaslian hp. Jadi, jika kalian ingin mengetahui keaslian hp Realme, harus tahu cara mengecek IMEI Realme dengan benar.

Berbicara mengenai tingkat popularitas hp Realme, saat ini memang belum bisa disejajarkan dengan merek hp terkenal seperti iPhone. Akan tetapi jika dilihat dari segi fitur yang dibawanya, brand hp ini sudah mampu bersaing dengan brand hp lainnya ang sudah lebih dulu meramaikan industri smartphone.

Read More

Dengan demikian, wajar jika ada beberapa pihak yang memanfaatkan momen ini dengan menciptakan produk rakitan atau tiruan. Biasanya metode penjualannya dilakukan secara tidak resmi atau Black Market.

Melalui nomor IMEI, kalian bisa mengecek keasliannya karena nomor IMEI adalah nomor unik yang langsung dikeluarkan produsen smartphone sebagai identitas asli dari perangkat itu sendiri.

Jadi, sebelum kalian membeli hp atau mungkin tertarik ingin mengecek keaslian hp Realme yang kalian punya. Silahkan coba cara mengecek nomor IMEI Realme terlebih dahulu!

Cara Mengecek Nomor IMEI Realme

Cara Mengecek IMEI Realme
Tutorial Mengecek IMEI Hp Realme

Tutorial Mengecek Nomor IMEI Realme Dengan Mudah

Ada beberapa cara mengecek nomor IMEI Realme yang bisa kalian coba, diantaranya sebagai berikut :

Terkait:  Cara Cek IMEI Realme

1. Menggunakan Situs Online

Kalian bisa mengecek IMEI hp Realme melalui situs online yang bisa dilakukan dengan ketiga metode berikut :

Metode 1 : Lewat Situs Web Produsen Hp Resmi

Pengecekan IMEI hp Realme ini sangat mudah dilakukan dengan mengakses situs web produsen hp Realme itu sendiri. Berikut ulasannya :

  • Buka browser pada laptop atau langsung pada hp Realme.
  • Selanjutnya klik pada kolom pencarian untuk mengetik nama situsnya yaitu : https://www.Realme.com/id/support/phonecheck
  • Di halaman situs tersebut, masukan nomor IMEI pada kotak yang telah disediakan.
  • Selanjutnya klik tombol ‘cek sekarang’ yang ada di bagian bawahnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan informasi berdasarkan dari nomor IMEI yang dimasukan tersebut.
  • Silahkan lihat informasi yang tertera pada layar browser.

Apabila terdeteksi mengenai informasi perangkat pada halaman situs tersebut, berarti dipastikan bahwa hp Realme merupakan keluaran produsen Realme resmi.

Sementara, jika setelah menuliskan nomor IMEI tapi tidak ditampilkan informasi apapun pada layar browser. Maka kemungkinan hp Realme tersebut bukan keluaran dari produsen resmi.

Metode 2 : Melalui Situs Kemenperin

Ternyata untuk melakukan pengecekan secara online selain melalui situs resmi dari produsen hp Realme, kalian pun bisa mengeceknya melalui situs resmi dari kemenperin. Caranya cukup mudah, yaitu :

  • Buka browser terlebih dahulu pada laptop atau pada hp Realme.
  • Setelah itu, klik kolom pencarian lalu ketik nama situsnya yaitu : https://IMEI.kemenperin.go.id/
  • Di halaman tersebut, silakan untuk masukan nomor IMEI dari hp Realme kalian.
  • Lalu setelah itu klik tombol pencarian.
  • Tunggu beberapa saat sampai ditampilkan informasi detail terkait perangkat hp Realme yang kalian cek.

Metode 3 : Melalui Imei.Info

Kalian juga bisa mencoba cara mengecek IMEI Realme dengan mengakses situs web resmi dari IMEI. Silahkan ikuti panduannya :

Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop

  • Buka browser pada PC atau hp Realme.
  • Jika sudah, ketikkan alamat url : www.imei.info
  • Pada halaman utama, kalian cukup menginputkan nomor IMEI hp Realme.
  • Tekan tombol pencarian.
  • Silahkan tunggu sampai mendapatkan informasi tentang hp Realme yang dicek.

Tahapan-tahapan metode di atas sebenarnya sama saja,yang membedakannya adalah alamat situs webnya. Silahkan pilih salah satunya.

2. Memakai Kode Dial

Cara mengecek IMEI Realme selanjutnya bisa memakai kode rahasia yang dapat kalian akses langsung via hp realme. Ini adalah cara termudah tanpa memerlukan kuota internet sama sekali dalam mengaksesnya.

Jika kalian ingin mengecek IMEI melalui kode dial phone, silahkan ikuti panduannya berikut :

  • Pastikan hp Realme tidak dalam keadaan terkunci.
  • Selanjutnya, buka menu dial pada hp Realme lalu pada keypad silakan tekan kode : *#06#.
  • Setelah mengetik kode tersebut, klik panggil atau OK.
  • Informasi mengenai nomor IMEI akan muncul pada layar HP.

3. Melalui Menu Pengaturan

Kalian juga bisa mengetahui IMEI hp Realme dengan mengakses menu pengaturan. Begini tutorialnya :

  • Buka menu pengaturan pada hp Realme.
  • Silahkan temukan menu system atau Sistem.
  • Selanjutnya silakan buka opsi di bagian bawah dan temukan pilihan ‘Tentang Ponsel’ atau “About Phone”.
  • Di halaman tentang ponsel akan terlihat berbagai macam informasi yang berhubungan dengan hp Realme kalian. Salah satunya adalah nomor IMEI hp Realme yang kalian cari.
  • Untuk mendapatkan nomor IMEI, masuk pada opsi Status dan kalian akan menemukan IMEI hp Realme yang dicek.

4. Melalui Box Kemasan Hp

Cara terakhir jika ingin mengetahui nomor IMEI adalah melalui kotak kemasan produk. Cara ini bisa kalian lakukan apabila hendak membeli hp second dengan mencocokan antara nomor IMEI yang tertera pada perangkat hp dengan nomor IMEI yang tertera pada kotak kemasan produk.

Terkait:  Cara Melacak Hp Realme

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mencari nomor inei di salah stu sisi kotak kemasan produk. Maka akan terlihat nomor IMEI dari perangkat yang dimaksud lalu catatlah nomor IMEI tersebut.

Fungsi Nomor IMEI pada Perangkat HP

Karena sangat pentingnya nomor IMEI yang tertera pada perangkat, maka kalian harus tahu fungsi dariu nomor IMEI tersebut jagnan sampai keberadaan nomor IMEI hanya sekadar angka saja tanpa dimanfatkan dengan sebaik-baiknya. Untuk mengetahui fungsi nomor IMEI, simak penjelasannya di bawah ini :

1. Pengecekan Garansi

Fungsi utama dari nomor IMEI yaitu untuk mengecek masa garansi yang masih berlaku pada hp Realme. Hal ini akan sangat berpengaruh Ketika akan di service di tempat service resminya. Untuk mengetahui apakah masih ada garansi atau tidak bisa di cek dengan menggunakan nomor IMEI ini.

2. Sebagai Identitas Hp

Fungsi ini merupakan fungsi yang paling penting karena seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa nomor IMEI digunakan untuk mengetahui identitas hp mere kapa saja. Oleh karena itu agar identitas hp bisa diketahui, maka bisa di cek dengan beberapa tutorial di atas.

3. Melacak Hp yang Hilang.

Ini merupakan fungsi nomor IMEI yang paling unik karena bisa megecek hp yang hilang di sutau tempat. Namun caranya tidak bisa dilakukan seorang diri melainkan harus bekerjasama dengan pihak provider sesuai kartu SIM yang kalian pakai.

Dengan demikian, kalian bisa menemukan posisi terakhir hp yang hilang. Meskipun tidak 100% mengembalikan smartphone kalian, tapi setidaknya meningkatkan peluang hp ditemukan kembali.

Karena sangat pentingnya nomor IMEI di setiap hp yang di edarkan di pasaran, maka sudah sepantasnya kalian terutama yang ingin membeli hp second agar cek nomor IMEI terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Bagaimana, cara mengecek IMEI Realme sangat mudah bukan? Kalian hanya perlu mengikuti tutorial di atas dengan memilih salah satu metode yang paling simpel, praktis dan akurat. Selamat mencoba!

Related posts