Cara Mematikan Hp Realme yang Hang

Tidak selamanya HP yang dimiliki memiliki performa yang baik, mungkin karena kurangnya perawatan baik perawatan perangkat lunaknya maupun perilaku memakai HP yang tidak benar akan memicu HP menjadi hang. Simak cara mematikan hp Realme yang hang dengan benar disini!

Meskipun performa hp Realme tidak bisa diragukan, tetap saja penggunaan dalam waktu yang lama bisa membuatnya tetap hang. Saat kondisi ini terjadi, kalian mungkin merasa jengkel, apalagi ketika sedang benar-benar dibutuhkan.

Read More

Apa Saja Penyebab Hp Realme Hang?

Hang adalah suatu kondisi HP yang menjadi lambat, bahkan berhenti beroperasi akibat perlakuan yang salah, sehingga kondisi hp tidak dapat merespon perintah dari penggunanya. Kondisi hang ini diakibatkan karena sistem tidak kuat menerima permintaan pengopersian suatu aplikasi yang cukup berat.

Baik itu, kondisi hang maupun blank, keduanya adalah permasalahan pada HP  yang biasanya disebabkan oleh kegagalan sistem. Namun ternyata kondisi keduanya berbeda kaena HP blank berarti layar hanya menampilkan satu warna saja yaitu warna putih. Untuk mengatasi kedua permasalahan ini maka tidak ada cara lain selain membetulkannya.

Jika kalian ingin mencoba membetulkan sendiri terlebih dahulu, cara yang paling mudah selain pergi ke counter adalah dengan cara mematikan HP secara paksa.

Biasanya hanya dengan mematikan HP saja, sistem akan kembali normal. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba Cara Mematikan Hp Realme yang Hang yang akan dibagikan. Jika berhasil, kalian tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk membetulkan HP ke counter HP.

Terkait:  Cara Membuka WA di Laptop

Ada beberapa faktor penyebab kenapa HP Realme bisa mengalami kondisi hang, yaitu :

1. Aplikasi Error

Aplikasi error terjadi biasanya karena ada bug pada aplikasi, bug yang cukup parah bisa menyebabkan HP menjadi hang.

Solusinya adalah selain mematikan HP sesaat setelah terjadi hang, juga harus menghapus aplikasi yang bermasalah tersebut. Jika kalian memang membutuhkan aplikasi tersebut, bisa menunggu update aplikasi dari pengembang terlebih dahulu.

2. Memori Internal Habis

Memori internal habis bisa menyebabkan HP menjadi lemot dan hang. Jika memori internal penuh, segera bersihkan sampah yang ada pada memori internal. Setelah itu, file-file hasil download sebaiknya langsung pindahkan ke memori eksternal atau pindahkan ke perangkat lain.

Jangan lupa, memori internal hp harus selalu dibersihkan secara berkala, baik menggunakan fitur bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner, AVG Cleaner, dan lain-lain.

3. Sistem Operasi Mengalami Bug

Bukan hanya pada aplikasi yang di install saja, adanya bug pada sistem operasi perangkat juga membuat hp menjad hang.

Jika masalah hang akibat bug padasistem operasi, sebaiknya selalu cek update sistem operasi yang terdapat pada menu settings.

4. Kapasitas RAM Habis

Terlalu banyak instal aplikasi, apalagi aplikasi yang dijalankan merupakan aplikasi berat maka akan menyebabkan RAM pada HP Realme menjadi habis. Akibatnya bisa membuat hp Realme menjadi hang.

Untuk menghindari hal tersebut lebih baik hapus beberapa aplikasi yang sangat jarang digunakan agar terhindar dari permasalahan HP lemot dan hang.

Cara Mematikan HP Realme Yang Hang

Cara Mematikan Hp Realme yang Hang
Mematikan Hp Realme yang Hang

Ada beberapa opsi cara mematikan Hp Realme yang hang dan dapat kalian praktekkan saat kondisi hang terjadi. Ini ulasannya :

1. Mematikan HP Realme dengan Cara Standar

Metode yang pertma yaitu termasuk metode yang biasa dilakukan oleh para pengguna HP reame. Sebaiknya jika HP kalian hang, gunakan metode paling mudah ini terlebih dahulu sebelum lanjut ke cara berikutnya.

  • Tekan dan tahan tombol power HP Realme.

  • Jika muncul jendela pop up pada layar HP yang menunjukkan menu power, silahkan pilih opsi power off.

  • Cara memilih tombol power off adalah dengan cara menggeser bulat putih ke arah power off.

  • HP Realme akan melakukan prosesnya mematikan HP.

  • Tunggu beberapa saat hingaa HP benar-benar mati. Selanjutnya untuk menghidupkan kembali HP nya, tekan tombol power yang berada di bagian body samping HP Realme.

2. Matikan Hp Realme Secara Paksa

Jika cara mematikan hp Realme yang hang pertama tetap tidak bisa dilakukan, maka ada cara lain yang cukup ekstrem. Kalian harus mematikan perangkat Realme secara paksa dengan menekan tombol power cukup lama. Silahkan ikuti tutorial mematikan hp Realme secara paksa berikut :

  • HP Realme sedang dalam keadaan hang, kalian langsung tekan tombol power cukup lama berkisar 5 detik atau lebih.

  • Sesaat kemudian HP akan langsung mati tanpa adanya proses terlebih dahulu.

Cara ini biasanya berhasil membuat HP Realme menjadi mati, namun untuk melakukan cara yang kedua sebennya jika Hp Realme kalian tidak jalan sama sekali karena ngehang.

Apabila kalian mencoba mematikan paksa HP Realme ketika sedang dalam kondisi baik, maka bisa menyebabkan sistem rusak. Sebab mematikan HP secara paksa bisa menyebabkan RAM yang ada pada HP Realme menyebabkan kerusakan.

3. Memakai Tombol Kombinasi

Tingkatan hang HP Realme cukup berbeda-beda tergantung tingkat kegagalan sistem yang ada di dalamnya. Jika cara pertama tidak berhasil, lalu di coba dengan cara kedua. Namun ternyata cara mematikan hp Realme yang hang secara paksa juga tidak berhasil.

Jangan khawtir, kalian tetap bisa mencoba cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan tombol kombinasi. Tombol yang dimaksud adalah tombol power dan tombol volume.

  • Silahkan tombol volume up dibarengi dengan tombol power.

  • Tekan secara bersama-sama kurang lebih beberapa detik hingga HP yang hang akan mati seketika.

  • Jika sudah mati, coba hidup kan kembali HP realmi kalian untuk memperbaiki permasalahan yang mengakibatkan HP Realme menjadi hang.

4. Menghabiskan Baterai HP

Selanjutnya adalah dengan cara menghabiskan baterai HP Realme hingga 0 %. cara ini bisa kalian lakukan jika seandainya tombol power dan tombol volume sedang bermasalah. Karenanya akan kesulitan untuk melakukan metode mematikan HP Realme dengan tombol-tombol tersebut.

Caranya sangat mudah dilakukan, karena kalian hanya cukup membiarkan HP tersebut mati sendiri akibat kehabisan daya baterai.

Mungkin cara mematikan HP Realme dengan menghabiskan baterai HP adalah cara yang cukup klasik dilakukan karena modal utama untuk mematikan memugkinkan harus menunggu hingga baterai HP benar-benar habis dan mati.

Perlu kalian ketahui, bahwa pada saat HP Realme dalam keadaan standbye tanpa melakukan aktivitas apapun, kemampuan daya baterai jauh lebih lama dibandingkan jika HP Realme dalam keadaan standbye.

5. Melalui Factory Reset

Jika semua cara mematikan hp Realme yang ngehang masih saja belum berhasil, coba lakukan Factory Reset. Ada beberapa langkah factory reset pada hp Realme, berikut ini :

  • Tekan power dan hidupkan HP Realme
  • Cari opsi pengaturan
  • Setelah itu, pilih back and reset.
  • Pilih lagi opsi Factory data Reset.
  • Tekan Reset Device.
  • Kalian bisa memilih erase everything, dan selesai.

Jika sudah selesai melakukan pengaturan, kalian akan memulai proses reset. Dengan reset factory, artinya kalian akan menghapus semua data yang terdapat pada hp. Oleh sebab itu, sebelumnya lakukan backup terlebih dahulu.

Silahkan ikuti salah satu cara mematikan hp Realme yang hang di atas agar hp kesayangan kalian bisa berfungsi kembali seperti sedia kala.

Related posts