Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot

Ketika menggunakan internet dengan wifi, terkadang ada saja gangguan yang muncul. Misalnya seperti wifi yang lemot atau bahkan error. Jika mengalami kondisi ini, kalian harus coba cara mengatasi wifi Indihome lemot.

Dengan mengetahui step by step untuk mengatasi masalah lemot pada wifi sendiri. Diharapkan kamu bisa melakukan penanganan awal, sebelum nantinya menghubungi petugas Indihome datang kerumah jika problem cukup parah.

Penyebab Wifi Indihome Lemot

Sebelum kamu mencak-mencak atau menggerutu sana sini mengutuk Indihome yang lemot. Sebaiknya kamu ketahui beberapa faktor penyebab dari wifi indihome yang lemot. Diantaranya seperti :

1. Pahami Paket Internet

Ketika awal mendaftar untuk berlangganan Indihome, kamu pasti akan diberikan pilihan tentang akan menggunakan paket kecepatan internet yang mana?. Apakah akan menggunakan paket 20 Mbps, 30 atau paket Mbps berapa?.

Di sini perlu diketahui, bahwasanya setiap paket akan mempengaruhi performa kecepatan dari pemakaian. Jadi, Indihome bisa saja lemot ketika kamu memilih paket terlalu kecil padahal pengguna internet di tempat kamu cukup banyak.

Sebagai perbandingan, untuk pemakaian internet dengan kecepatan stkamur, pada paket 20 Mbps jumlah pemakain internet diharapkan tidak lebih dari 5 perangkat. Sedangkan, pada paket internet 30 mbps jumlah pengguna diharapkan tidak lebih dari 7 perangkat.

2. Jarak Router Terlalu Jauh atau Terhalangi

Faktor lainnya yang menyebabkan wifi indihome lemot adalah sinyal dari wifi yang terlalu jauh atau terhalang oleh dinding berupa beton atau bahan kedap sinyal lainnya.

Terkait:  Cara Ganti Password Indihome

Maka dari itu, untuk mendapatkan kecepatan stabil, perangkat yang kamu gunakan harus dekat dengan router pemancar sinyal. Selain itu, jika misalnya tempat kamu terhalang dinding betok, sebaiknya kamu menggunakan router tambahan.

3. Limit FUP

Dalam bahasa Indonesia, Fair Usage Policy atau FUP diterjemahkan sebagai batas pemakaian wajar pada penggunaan internet. Apa itu arti dari batas pemakaian wajar internet?.

Secara sederhana, FUP dapat didefinisikan sebagai batasan kecepatan ketika seseorang menggunakan provider internet. Jika batas FUP sudah lewat, maka biasanya kecepatan internet akan melambat dengan sendirinya.

Nah, indihome sendiri menerapkan batas FUP pada penggunanya, jika kuota internet ini terlalu sering digunakan. Maka, jangan heran jika kecepatan indihome kamu akan semakin berkurang atau lemot.

4. Gangguan Teknis

Sinyal indihome yang lemot bisa terjadi karena gangguan yang sifatnya teknis. Misalnya seperti kerusakan kabel pada perangkat wifi ataupun misalnya kerusakan pada modem yang digunakan.

Selain itu, gangguan bersifat teknis bisa juga berasal dari fiber optik yang terhubung ke rumah kamu. Gangguan seperti ini memang sulit dihindari. Contohnya seperti gangguan kerusakan kabel bawah laut karena digigit hiu seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot
Tutorial Mengatasi Wifi Indihome Lemot

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi wifi yang lemot di rumah kamu. Setiap penyebab wifi indihome yang lemot memiliki penanganan yang berbeda. Kamu harus menentukan pola penanganan yang tepat.

1. Restart Router Atau Modem

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika wifi indihome lemot adalah melakukan restart pada perangkat modem atau router yang ada di tempat kamu.

Restart Wifi Indihome

Adapun, cara untuk melakukan restart adalah tinggal menekan tombol power yang ada di router. Setelah itu, biarkan router beberapa saat sampai ia mengaktifkan kembali beberapa sistem yang dimilikinya.

Terkait:  Cara Mengganti Password Wifi

Nah, router sendiri adalah sebuah alat berbentuk kotak putih yang digunakan untuk memancarkan sinyal dari wifi. Alat ini biasanya memiliki 2 antena di bagian kanan dan kirinya yang fungsinya adalah untuk mengirimkan gelombang sinyal.

2. Gunakan Penguat Sinyal

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyebab wifi lemot salah satunya disebabkan oleh jarak antara router dan device yang terlalu jauh. Selain itu, itu bisa juga disebabkan oleh adanya penghalang tembok yang terbuat dari beton dan sejenisnya.

Menggunakan Penguat Sinyal

Jika penyebabnya seperti itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menambah router di tempat kamu atau menggunakan repeater penguat sinyal. Untuk alat ini, kamu bisa membelinya di toko perlengkapan komputer atau membelinya secara online di marketplace.

Sebagai informasi, repeater penguat sinyal sendiri adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menambah luas jangkauan sinyal wifi. Alat ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki rumah yang luas ataupun area yang sulit dijangkau oleh wifi.

3. Gunakan Stop Kontak Sama

Meskipun ini tidak terlihat penting, namun, menggunakan colokan atau stop kontak yang sama dinilai dapat mempengaruhi kecepatan wifi.

Meskipun hal seperti ini belum bisa dibuktikan secara langsung. Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk memisahkan antara colokan perangkat-perangkat internet dengan alat alat elektronik lainnya di rumah kamu.

4. Bersihkan Cache di Web Browser

Tidak hanya disebabkan oleh perangkat wifi, namun, indihome yang lemot bisa juga disebabkan oleh perangkat hp kamu yang terlalu penuh dengan aplikasi ataupun cache browser.

Untuk mengatasi ini, kamu bisa mencoba untuk menghapus riwayat pencarian kamu di internet beserta dengan cachenya. Setelah itu, kamu bisa restart hp dan muat ulang browser yang kamu gunakan.

5. Tingkatkan Kecepatan

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot lainnya adalah dengan menambah kecepatan dari indihome kamu. Meskipun mungkin kamu harus mengeluarkan biaya lebih mahal untuk biaya bulanan wifi. Namun, cara ini cukup ampuh untuk membuat internet kembali cepat.

Terkait:  Cara Beli WiFi ID

Untuk melakukan upgrade kecepatan indihome, kamu bisa menghubungi atau mendatangi kantor indihome secara langsung. Di depan CS kamu bisa utarakan maksud dan tujuan kamu sebelum nanti CS akan membantu kamu untuk menyelesaikannya.

6. Cek Berita atau Medsos

Meskipun internet lemot, tapi terkadang kamu masih bisa membuka website, chat ataupun media sosial. Nah, jika indihome lemot kamu bisa mengecek media sosial.

Hal ini karena, ketika gangguan terjadi secara merata biasanya banyak orang yang akan berkoar di medsos.

Atau, kamu bisa juga menanyakan pada tetangga maupun kerabat yang memakai jaringan Indihome, apakah kecepatan di rumah mereka terganggu atau tidak?

Dengan melakukan hal diatas, kamu bisa lebih mudah untuk mengetahui apakah indihome lemot hanya terjadi di rumah kamu atau terjadi secara menyeluruh.

Jika misalnya kondisi ini hanya terjadi di rumah kamu. Maka, kamu harus segera melakukan penanganan seperti cara cara yang telah disebutkan diatas.

Jika misalnya masih stuck, tidak ada salahnya kamu untuk menghubungi call center dari Indihome untuk menjelaskan keluhan kamu. Pada kasus tertentu biasanya mereka akan langsung mengirimkan teknisi untuk memeriksa keadaan wifi di rumah kamu.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot. Jadi, sebelum kamu marah marah karena wifi yang lemot, sebaiknya kamu ketahui dulu penyebab dan penanganan pertama ketika wifi lemot.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak malu sendiri nantinya. Udah marah-marah di medsos, maki-maki provider Indihome dengan kata kata kasar. Eh ternyata, masalahnya karena emang kesalahan user, atau karena memilih paket Indihome terlalu murah. Kan malu, ya nggak?

Related posts