Cara Bikin Bot Telegram

Aplikasi perpesanan yang menjadi kompetitor WhatsApp, yakni Telegram kini memang sedang naik daun. Apalagi sejak WhatsApp terbelit kasus yang menyangkut privasi pengguna belum lama ini. Salah satu fitur yang bisa Kamu nikmati ialah bot Telegram. Kamu juga bisa mencoba cara bikin bot Telegram tanpa harus menguasai coding. Di sini Kamu hanya perlu memakai botfather sebagai salah satu layanan eksklusif bagi pengguna yang ingin membuat bot pada aplikasi Telegram.

Apa Itu Bot Telegram?

Bot Telegram atau Chatbot Telegram ialah salah satu software cerdas yang telah diintegrasikan pada aplikasi telegram. Hal ini dikarenakan software ini telah didesain dengan teknologi canggih dari Artificial Intelligence. Ini adalah fitur yang berbasis otomatisasi percakapan yang ada pada aplikasi Telegram.

Read More

Program yang satu ini bisa memfasilitasi perpesanan yang dilakukan pengguna Telegram memakai perangkat komputer, atau dalam kasus ini memakai perangkat smartphone lewat aplikasi Telegram. Kamu mungkin sering dengar istilah bot yang kini mulai digaungkan oleh berbagai aplikasi media sosial. Nah, ini juga berlaku bagi Telegram.

Bot pada aplikasi Telegram dapat bekerja seperti pengguna WhatsApp umumnya. Biasanya bot ini merespon perkataan atau menjawab pertanyaan berbentuk teks otomatis.

Cara Bikin Bot Telegram

Cara Buat Bot Telegram
Tutorial Cara Buat Bot Telegram

Bikin Bot Telegram Mudah

Ada beberapa pilihan cara bikin bot Telegram yang dapat Kamu kerjakan. Dalam hal ini, Kamu dapat melakukannya lewat Telegram di iPhone, android maupun komputer . Berikut panduannya :

Terkait:  Cara Menghapus Akun Telegram

1. Buat Bot Telegram

Langkah pertama, pastikan untuk terhubung pada layanan @manybot terlebih dahulu, mengingat ini adalah server khusus dalam pengerjaan bot. Simak langkah-langkah cara bikin bot Telegram berikut ini :

  • Silahkan buka Telegram Apps.
  • Kemudian tulis @manybot di kolom penelusuran, bisa juga dengan mengklik t.me/Manybot.
  • Di jendela chat server @manybot, tekan ‘Start’.
  • Karena Kamu disini untuk membuat bot Telegram, pilih opsi ‘Create a New Bot’.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan pesan SMS balasan, kira-kira berisi bahwa @Manybot akan membantumu membuat bot Telegram.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal klik @BotFather saja jika ingin meneruskan prosesnya.

2. Mendaftarkan Layanan Bot Telegram

Cara bikin bot Telegram berikutnya, silahkan buat bot, lalu dapatkan kode Token API pada @BotFather. Kamu harus tahu bahwa @BotFather menjadi bot sah Telegram yang berperan sebagai server dari seluruh bot di Telegram. Ini artinya, seluruh bot di Telegram wajib tercatat pada sistem @BotFather, bahkan termasuk bot buatanmu.

Simak langkah-langkahnya berikut :

  • Jika Kamu sudah menekan account di @BotFather sebagai langkah awanya. Kini Kamu bisa menyaksikan penampilan pada chat bot tersebut.
  • Silahkan klik ‘Start’ di dalam chat bot tersebut.
  • Kamu bisa memililih ikon garis miring ‘/’, kemudian pilih /newbot, Kamu juga bisa menulis dengan cara manual.
  • Silahkan inputkan nama Telegram bot yang diharapkan.
  • Bikin username atau nama pengguna untuk bot tersebut. Nama pengguna yang Kamu buat pastikan harus diakhiri kata bot.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan balasan kode Token API, silahkan salin kode token tersebut.

3. Inputkan Token API ke Dalam @Manybot

Jika Kamu sudah mendapatkan kode tersebut, langkah berikutnya kirim token tersebut ke dalam @Manybot jika ingin mengaktifkan bot milikmu. Adapun caranya ialah, buka chat menggunakan @manybot, kemudian tekan tombol bertuliskan ‘I’ve copied the API Token’.

Terkait:  Cara Menggunakan Bot Nulis Telegram

Berikutnya, paste-kan kode token API yang telah di disalin ke dalam kolom chat memakai @manybot dan kirimkan kode tersebut, caranya dengan menekan ‘Kirim’.

4. Mengerjakan Penataan Bot

Langkah cara bikin bot Telegram selanjutnya, jika Kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas, kini Kamu sudah berhasil membuat bot Telegram milikmu sendiri. Namun, pastinya Kamu harus melakukan berbagai penataan agar bot tersebut bisa berjalan normal, sesuai keinginan. Jika ingin mengendalikannya, maka Kamu bisa melakukan berbagai jenis perintah di @botfather.

Bikin Bot Telegram Chat

Setelah sukses membuat bot telegram, serta memperoleh kode token API, berikutnya Kamu tinggal memakai token API ini untuk pembuatan bot chat Telegram. Berikut langkah cara bikin bot Telegram Chat :

1. Melalui Alamat Https

Cara yang pertama ialah dengan menggunakan https, yang bisa dikuti dengan langkah berikut ini :

  • Silahkan kunjungi Bot Telegram API di https://core.telegram.org/bots/api.
  • Pada halaman bot Telegram API, dijelaskan jika Bot API untuk telegram dapat diakses lewat https://api.telegram.org/bot<token>/METHOD_NAME

2. Memperoleh Kode Chat ID

Jika ingin memperoleh informasi terkait kode ID, maka Kamu wajib memakai method getME. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, ketuk New Tab pada browser-mu, kemudian copy dan paste-kan https://api.telegram.org/bot<token>/METHOD_NAME
  • Setelah itu, Kamu bisa mengubah bot<token> memakai token Telegram bot-mu serta di dalam METHOD_NAME, bisa menggantinya dengan getMe dan tekan enter. 

3. Memakai Methods SendMessage

Jika Kamu telah memperoleh kode chat ID, maka langkah berikutnya Kamu bisa memakai methods sendmessage jika ingin membuat bot. Berikut langkah-langkahnya :

  • Kamu tinggal tekan new tab lewat web browser-mu, kemudian salin dan tempelkan kode yang didapat.
  • Jika sudah, Kamu bisa mengedit text dan kode chat. Klik hasil editan tersebut.
  • Kamu hanya perlu membuka akun Telegram bot. Selanjutnya, Kamu pun akan melihat pesan otomatis dari chat bot buatanmu.
Terkait:  Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

Kamu juga bisa melakukan chat bot Telegram dengan cara chat bot Telegram mudah, setelah melakukan langkah-langkah cara bikin bot Telegram.

Apa Saja Keuntungan Bot Telegram?

Sistem pengganti manusia ini ditujukan untuk memberi informasi dan layanan kepada para penggunanya. Di bawah ini, ada beberapa potensi pemakaian bot yang dapat menguntungkan untuk para pelaku usaha, termasuk bot Telegram.

1. Menggantikan Peran CS atau Layanan Konsumen

Berbeda dengan manusia, biasanya layanan customer service memakai tenaga manusia membutuhkan jam operasional tersendiri, berbeda dengan bot Telegram yang tak terbatas waktu. Melalui fitur bot Telegram ini Kamu bisa melayani konsumen selama 24 jam/7 hari. Ini tentu saja sangat mengntungkan untuk menggantikan tugas layanan konsumen yang tak perlu digaji.

2. Efektif Dalam Menawarkan Produk

Inilah hal yang menjadikan perusahaan dapat memanfaatkan bot demi mendongkrak jumlah penjualan maupun untuk meningkatkan kesadaran terhadap produkmu.

3. Meningkatkan Efisiensi Layanan

Walaupun tidak mempunyai kecerdasan kompleks seperti halnya manusia, namun kecerdasan buatan berkualitas juga dapat memberikan respon dengan tepat dan informatif.

4. Super Fast Respon

Dengan menggunakan layanan bot Telegram, maka dapat membuat layanan konsumen menjadi super fast respon, tanpa perlu membuat pembeli menunggu lama. Berbeda dengan CS manusia yang biasanya mempunyai keterbatasan koneksi untuk berkomunikasi, jadi terkadang harus membuat pembeli menunggu.

5. Pola Pikir Masyarakat Umum Terbuka

Pola pikir dari masyarakat umum kini menjadi semakin terbuka bahkan menerima pemanfaatan bot. Asalkan mereka bisa memperoleh layanan dan informasi dengan tepat, penggunaan bot tentu saja tak masalah, justru cukup menguntungkan.

Itulah panduan cara bikin bot Telegram yang memiliki banyak keuntungan, terutama bagi para pemiliki usaha. Dengan adanya layanan chat bot Telegram, bisa mempermudah proses pelayanan konsumen tanpa tenaga kerja tambahan.

 

 

Related posts