Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip

Bagaimana cara mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip? Printer adalah bagian dari PC yang fungsinya tidak dapat dipisahkan, karena printer berguna untuk mencetak dokumen apapun yang tersimpan di PC. Mengingat fungsinya yang begitu penting, tidak heran jika ada banyak produk dan merk printer baru bermunculan. Salah satu merk printer yang cukup diperhitungkan adalah merk printer Epson.

Printer Epson termasuk salah satu merk ternama dalam industri printer, bahkan sudah begitu terkenal di masyarakat karena kualitasnya. Hal ini dapat dibuktikan karena Epson sudah ada sejak dulu, dan sampai sekarang masih dipercaya masyarakat sebagai mesin pencetak dokumen.

Read More

Printer Epson L3110

Printer Epson L3110 merupakan printer multifungsi, karena kalian dapat menggunakannya untuk berbagai aktivitas dalam satu printer,  seperti mencetak, scanning, hingga menyalin. Ketiga fungsi tersebut dilakukannya secara maksimal, sehingga dapat memberikan hasil terbaik dan memuaskan.

Printer Epson L3110 memiliki kemampuan dalam resolusi cetak 5.760 x 1.440 dpi, sementara kemampuan mencetaknya mencapai 10 kertas/menit untuk keperluan dokumen hitam putih. Sementara itu, kemampuan untuk menetak dokumen berwarna sekitar 5 kertas/menit.

Ciri yang paling utama dari printer ini adalah sistem pencetakannya yang bebas catridge, sehingga pengisian ulang tintanya sangat mudah. Cara pengisiannya yaitu masukkan tinta ke dalam botol besar pada printer, dan isikan sesuai kode warnanya. Jadi, kalian tidak perlu kerepotan saat mengisi ulang tinta printer.

Pada perangkat printer Epson L3110 terdapat 4 botol tinta printer yang dipakai, diantaranya botol tinta berwarna kuning, magenta, hitam dan cyan. Keempat botol tersebut harus diisikan tinta dengan benar, supaya tidak terjadi kesalahan pencampuran yang menyebabkan printer menjadi rusak.

Kelebihan lainnya yaitu Epson L3110 menawarkan pilihan ukuran kertas bervariasi dan cukup banyak sebagai media untuk mencetak. Dengan demikian, kalian tidak perlu lagi mengukur ukuran kertas secara manual karena pada printer sudah disediakan berbagai macam ukuran kertas.

Faktor Penyebab Lampu Printer Epson L3110 Error Blinking

Setiap produk printer harus dirawat dengan benar, termasuk printer Epson L3110 yang membutuhkan perawatan berkala. Perawatan bisa dilakukan dengan cara membersihkan bagian body printer, dan membersihkan bagian dalamn printer memakai lap kain halus. Selain itu, kalian harus melakukan perawatan jika telah mencapai batas maksimum jumlah kertas yang dikeluarkan, yang dicirikan oleh lampur printer berkedip.

Khusus untuk perawatan karena lampu berkedip, biasanya pengguna memerlukan software khusus untuk memastikan printer Epson L3110 bisa beroperasi Kembali dengna lancar. Nama software nya adalah resetter Epson L3110.

Indikasi lampu berkedip bukan hanya sudah mencapai batas maksimal jumlah kertas yang dikeluarkan oleh printer. Terkadang bisa juga disebabkan oleh masalah error blinking (lampu berkedip) yang mengharuskan kalian mereset printer.

Faktor lain yang menyebabkan lampu indikator printer berkedip ialah akibat adanya benda tertinggal di dalam printer.

Hal ini biasanya terjadi akibat kertas terselip pada printer yang membuatnya mengalami macet, sehingga ketika kertas ditarik, maka kertas akan sobek. Alasan inilah yang menyebabkan perangkat printer menjadi error dan mengeluarkan indikator pada kertas menyala.

Namun jangan khawatir, karena kalian bisa memakai solusi cara mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip
Tutorial Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Berkedip

Jika kalian ingin memperbaiki masalah printer Epson L3110 akibat lampu terus menyala atau berkedip, maka kalian harus melakukan reset printer Epson L3110. Sebenarnya, ada 2 cara mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip yang bisa kalian praktekkan, diantaranya dengan cara manual dan memakai sotftware resitter yang sudah dijelaskan sebelumnya. Begini tutorialnya :

1. Menekan Tombol Color Copy dan B&W Copy

Penyebab indikator lampu pada kertas berkedip, biasanya disebabkan oleh masalah kertas. Silahkan cek kembali apakah kertas tersangut pada printer ataukah tidak. Apabila kalian sudah memastikan kertas diletakkan dengan posisi yang tepat, lalu tidak ada benda atau kertas apapun yang tersangkut. Silahkan Color Copy dan B&W Copy, untuk proses mencetak.

2. Metode Power Cycling

Ini adalah metode soft reset apabila terjadi error pada perangkat printer. Cara mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip dengan metode power cycling, kalian bisa melakukan langkah-langah berikut :

  • Lepaskan kabel dari printer.
  • Dalam kondisi mati, silahkan tekan lalu tahan pada tombol power sekitar 30 detik.
  • Silahkan colokkan kabel power kembali lalu hidupkan printer lagi.
  • Selanjutnya, kalian bisa mengetesnya dengan mencetak dokumen, pastikan apakah masalahnya masih berlangsung atau sudah selesai.

3. Membersihkan Bantalan Pada Tinta Printer

Jika masalahnya masih berlangsung, silahkan kalian coba membersihkan bantalan tinta printer. Karena salah satu penyebab indikator lampur kertas terus berkedip adalah bisa saja bantalan tinta printer terlalu penuh. Hal ini mengakibatkan proses pendistribusian serta pembuangan pada tinta tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Sebab bantalan pembuangan pada tinta printer seiring waktu bisa penuh, bahkan berpengaruh pada proses pencetakan sekaligus mempengaruhi kualitas dari hasil cetakan printer.

4. Reset Printer Epson L3110 Manual

Jika semua cara di atas masih belum bisa menyelesaikan masalah indikator lampu terus berkedip pada printer, maka kalian bisa mencoba reset printer Epson L3110 secara manual.

Cara mengatasi lampu berkedip printer Epson L3110 ini dapat dilakukan apabila error pada printer dikarenakan ink level atau tinta habis. Tandanya yaitu lampu indikator pada tinta menyala dan diam, sedangkan printer tidak bisa mencetak dokumen.

  • Lepas lalu cabut kabel daya selama 3 menit hingga 5 menit.
  • Berikutnya pasang Kembali kabel daya sehingga printer bisa di nyalakan.
  • Apabila telah menyala, sekarang tekan dan tahan tombol resume kurang lebih 5 detik, selanjutnya lepaskan.
  • Lakukan sekali lagi pada tombol resume dengan tekan dan tahan kurang lebih 3 detik saja, kemudian lepaskan.
  • Kemudian tunggulah hingga printer selesai melakukan reset.
  • Apabila proses ini berhasil, maka lampu pada printer akan berhenti berkedip dan Kembali berwarna hijau.
  • Jika ingin memastikannya, cobalah untuk print dokumen apa saja pada printer Epson L3110.

5. Reset Printer Dengan Resetter Epson L3110

Bagaimana jika masih error? Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah reset printer dengan menggunakan Resetter Epson L3110. Berikut panduannya :

  • Download terlebih dahulu software khusus reset printer. Kalian bisa cari di Google dengan mengetikkan : Resetter Epson L3110 atau klik link ini!
  • Untuk antisipasi gagal download pada situs yang menyediakan file download Resettter Epsom L3110, lebih baik lakukan disable terlebih dahulu pada antivirus yang terpasang di laptop atau PC kalian.
  • Jika sudah, akan ditampilkan jendela Epson Ajustment Program, lalu tekan particular adjusment mode.

  • Di halaman berikutnya tekan, waste ink pad counter dan ketuk ok.

  • Masuk ke halaman berikutnya, ketuk check box main pad counter, lalu tekan check. Setelah itu, kalian akan ditampilkan kotak pertanyaan  berisi restart printer. Silahkan klik Initialization lalu tekan finish.

  • Jika sudah menekan Finish, printer selanjutnya akan langsung melakukan pengosongan pada waste ink menggunakan aplikasi Resetter. Lalu akan muncul pemberitahuan mematikan printer.

  • Silahkan matikan printer, kemudian nyalakan lagi printernya. Maka printer akan kembali normal.

Cara reset printer Epson L3110 lampu berkedip di atas juga dapat dipraktekkan pada seri Epson lain, baik itu L365, L110, L120, L300, L220, L210 dan lainnya. Hanya saja yang membedakannya adalah harus menyesuaikan program resetter-nya.

Kesimpulan

Kalian bisa mencoba 1-5 cara mengatasi printer EPson L3110 lampu berkedip jika printer Epson kalian mengalami error waste ink full. Silahkan lakukan pengecekan berkala di bagian counter pembuangan pada tinta printer. Selain itu, agar printer Epson L3110 kalian awet, sebaiknya lakukan perawatan pada printer dengan benar.

Related posts