Cara Reset Printer Epson L3110

Bagaimana cara reset printer Epson L3110? Setiap pengguna produk Epson L3110 pastinya sadar jika printer berbasis all in one tersebut berkualitas baik. Tapi sama halnya dengan mesin printer lainnya, produk ini juga membutuhkan maintenance dengan baik dan rutin. Selain itu, salah satu pilihan software yang harus dimiliki demi memastikan agar printer dapat beroperasi lancar ialah resetter Epson L3110.

Jenis printer yang dapat dipakai untuk melakukan fotokopi dan scan dokumen ini sendiri tak pernah luput dari yang namanya masalah. Adapun salah satunya ialah terjadinya error blinking dan minta di-reset. Akan tetapi, Kamu tak perlu panik langsung membawanya ke jasa servis, sebab Kamu dapat mengatasinya di rumah sendiri. Karena Kami di sini akan membagikan cara reset printer Epson L3110.

Read More

Kelebihan Printer Epson L3110

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara reset printer Epson L3110. Tahukah Kamu, apa saja kelebihan printer ini? Berikut ulasannya!

1. Memiliki Desain yang Simpel

Epson L3110 mempunyai desain bodi lebih ringkas, ergonomis, dan simpe, jadi tak memakan lebih banyak tempat. Di samping itu, perangkat printer juga selaras dengan ruangan yang siap menghiasi tempat kerjamu. Selain itu, produsen Epson pun telah melakukan integrasi pada tank tinta untuk mempermudah para pemiliknya melakukan isi ulang. Dalam hal ini, tabung sudah menyatu bersama bagian bodi yang membuatnya mudah dijangkau.

Terkait:  Cara Reset Wifi First Media

2. Menawarkan Hasil Cetakan Tajam

Printer Epson L3110 bisa mencetak dokumen berkecepatan tinggi walaupun jumlah halamannya tidak sedikit. Dimana komponen mesin mempunyai kemampuan 10 ipm pada dokumen hitam serta 5 ipm pada dokumen berwarna. Tak hanya cepat saja, tetapi hasil cetak Epson L3110 pun cukup tajam dan menghasilkan detail warna sangat jelas. Memiliki resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi, karenanya sangat ideal untuk mencetak dokumen berbentuk foto.

3. Konsumsi Tinta Lebih Irit

Printer Epson L3110 termasuk sejenis printeri hemat tinta dan mendukung proses pencetakan yang banyak. Ketika kondisi tabungnya full, biasanya produk ini dapat mecetak hingga 5400 halaman pada dokumen berwarna hitam, serta 7500 halaman untuk dokumen berwarna. Meskipun begitu, harga untuk botol tinta yang original bisa dikatakan cukup terjangkau dan dapat Kamu beli baik secara online maupun offline. Sementara itu, proses refill tinta sangat simpel, bagi pemula sekalipun dapat melakukannya sendiri.

4. Harga Murah

Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan saat membeli produk printer ialah aspek harga. Karena faktor ini sebagai faktor penentu apakah Kamu tertarik membeli printer merk lain.

Harga Epson L3110 memang cukup murah jika melihat semua fitur yang diperoleh. Seperti sistem tinta yang berbentuk tabung, yang mendukung proses scanning atau fotokopi sangat layak dijadikan pilihan.

5. Multifungsi

Selain berperan untuk mencetak dokumen penting, printer Epson L3110 juga bersifat multifungsi. Ini artinya, Kamu bisa melakukan fotokopi atau scan lembar halaman yang seukuran dengan kertas A4.

Adapun detail resolusi dari scanning Epson L3110 kualitasnya bisa dikatakan standar, serta fotokopi dokumen dapat mendukung maksimal berjumlah 20 lembar. Maka dari itu, perangkat printer ini bisa mengakomodir berbagai macam kebutuhan kantor dan rumah tangga.

Terkait:  Cara Reset Wifi Indihome

Kekurangan Printer Epson L3110

Selain kelebihan, printer Epson L3110 juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya sebagai berikut :

1. Kurang Cocok Untuk Cetak Foto

Pada dasarnya, printer Epson L3110 hanya mengakomodir untuk kebutuhan perkantoran dan rumahan saja. Mereka biasanya cenderung mencetak dokuman biasa serta bukan berbentuk lembaran foto.

Pada usaha dalam bidang desain maupun foto, produk yang satu ini memang kurang mendukung pencetakan yang berkualitas tinggi. Itu artinya, Kamu memerlukan jenis printer yang spesifikasinya lebih tinggi terutama pada kategori bisnis.

2. Sering Mengalami Paper Jma

Paper jam sendiri adalah kondisi ketika printer mengalami gangguan seperti lembaran kertas yang tersangkut. Hal ini dikarenakna komponen pada gear roller-nya yang cukup lemah, jadi sering bermasalah. Khususnya ketika printer mencetak banyak dokumen sekaligus, walaupun hal tersebut bukan persoalan serius. Maka dari itu, Kamu harus memberikan jeda waktu serta pishakan tugas pencetakan hingga beberapa kali.

Cara Reset Printer Epson L3110

Cara Reset Printer Epson L3110
Reset Printer Epson L3110

Panduan Reset Printer Epson L3110 Secara Manual

Dibandingkan menghabiskan waktu dan uang untuk meminta teknisi memperbaiki terjadinya blinking error, maka Kamu dapat melakukan berbagai langkah cara untuk mengatasi lampu berkedip pada Epson L3110.

Akan tetapi sebelumnya, Kamu harus memastikan printer telah terkoneksi pada komputer atau laptop menggunakan OS Windows untuk me-reset. Berikut ulasan cara reset printer Epson L3110 secara manual :

  • Pertama-tama, nyalakan perangkat printer terlebih dahulu.
  • Kemudian tekan resume selama 5-10 detik lalu lepaskan. Sesudah tombo dilepaskan, indikator tinta printer yang menyala biasanya akan hilang, serta printer pun siap dipakai.
  • Akan tetapi, apabila lampu indikator pada tinta teta[ menyala, Kamu harus menekan tombol resume kembali hingga 5 detik lalu lepaskan. Silahkan tekan lagi sekitar 3 detik kemudian lepaskan. Selanjutnya tekan kembali 1 detik dalam interval yang lebih cepat dari tekanan satu ke tekanan yang berikutnya.
  • Melalui langkah di atas, printer biasanya sudah kembali normal dan bisa dipakai kembali.
Terkait:  Cara Reset ECU Mobil

Panduan Reset Printer Epson L3110 Memakai Resetter

Cara reset printer Epson L3110 kedua memakai software resetter. Biasanya dilakukan saat printer mengalami error dengan lampu berkedip disebabkan oleh waste ink pad full. Biasanya kondisi ini ditandai oleh lampu indikator pada kertas dan tinta berkedip bergantian saat printer dinyalakan. Di samping muncul opsi pesan bertuliskan “Service required” pada komputer yang terkoneksi di perangkat printer.

Adapun dalam proses reset printer ini memerlukan tool adjusment sesuai jenis dan tipe printer yang dipakai, yakni Resetter Epson L3110. Adapun cara reset epson L3110 memakai resetter, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan unduh software Resetter L3110.
  • Kemudian ekstrak file unduhan kemudian jalankan aplikasi, caranya dengan melakukan double clock file di L3110.exe pada folder resetter. 
  • Lalu, Kamu akan melihat tampilan program Epson Adjustment Program. Lalu pilih particular adjustment mode.
  • Di halaman berikutnya, silahkan pilih waste ink pad counter dan ketuk OK.
  • Setelah itu, di halaman berikutnya ketuk check box main pad counter, lalu tekan tombol check. Lalu Kamu akan dibawa ke kotak pertanyaan berisi pesan restart printer-mu. Setelah itu, tekan tombol Initialization lalu tekan Finish.
  • Jika sudah ketuk finish, kemudian printer akan mengosongkan waste link memakai aplikasi Resetter kemudian akan muncul tampilan pemberitahuan untuk menonaktifkan printer.
  • Matikan lalu hidupkan printer kembali. Printer biasanya akan normal lagi.

Tak hanya untuk melakukan reset printer L3110 saja, tetapi cara yang satu ini pun berlaku untuk melakukan reset printer Epson yang lainnya. Sebut saja seperti L110, L120, L220, L350, L310, L365, L300 dan lainnya. Adapun perbedaannya hanya menyesuaikan software resetter yang dipakai.

Oke, itulah langkah cara reset printer L3110 yang bisa dicoba untuk mengatasi blinking atau error dengan tanda berkedip pada lampu indikator tinta dan kertas. Semoga bermanfaat!

Related posts