Cara Mengetahui Hp Sudah di Root

Root merupakan proses perizinan yang memungkinkan kalian bisa melakukan kontrol lebih tinggi pada perangkat android. Perangkat hp yang telah di root biasanya dapat dideteksi dengan cara mengetahui hp sudah di root yang akan kami bagikan disini!

Pengertian Root

Proses root, merupakan sebuah istilah terkait proses perizinan bagi pengguna hp untuk memaksimalkan kontrol sistem perangkat lebih baik, dibandingkan hanya dengan mengatur sistem yang ada pada menu settiings.

Bagi kalian yang membeli hp second atau bekas, maka penting sekali cara mengetahui hp sudah di root. Dengan proses rooting, bisa memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam hal pengaturan sistem yang tidak biasa.

Bahkan dengan root ini, pengguna bisa saja menghapus aplikasi bawaan dari hp smartphone yang sebenarnya tidak bisa dihapus dengan menggunakan pengaturan biasa.

Namun jangan sampai menghapus aplikasi-aplikasi yang sifatnya selalu dipergunakan setiap waktu. Seperti aplikasi telepon, aplikasi perpeanan, pengaturan, kamera, dan aplikasi-aplikasi lainnya yang sifatnya rutin di buka setiap hari.

Karena root memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengatur sistem yang lebih mendalam, bukan berarti tanpa resiko. Jelas saja dengan sistem root ini sistem keamanan menjadi semakin mudah di tembus. Oleh karena itu, ketika menggunakan root, maka lebih baik pergunakan juga antivirus khusus untuk keamanan.

Keuntungan Root Hp

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengetahui hp sudah di root, kalian wajibtahu keuntungan yang didapat jika melakukan root hp berikut :

1. Dapat Menghapus Aplikasi Ponsel Bawaan

Setiap kali membeli hp android, kalian mungkin merasa kesal ketika hp memiliki aplikasi bawaan yang terlalu banyak dan tidak dapat dihapus. Sebagai solusinya, kalian dapat melakukan root perangkat agar dapat menghapus beberapa aplikasi bawaan ponsel.

Dengan menghapus aplikasi tersebut bisa membuat memori perangkat android kalian lebih lega. Di samping itu, kalian dapat mengganti aplikasi tersebut dengan aplikasi yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. Jadi, salah satu kelebihan hp yang telah di root yaitu dapat menghapus beberapa aplikasi bawaan.

2. Custom Room

Custrom Room tentu saja memungkinkan kalian dapat mengatur tampilan android agar lebih bervariasi. Kalian dapat membuat perangkat hp lebih personal, sebab tampilannya dapat menyesuaikan karakter kalian. Custom room ini biasanya hanya dapat dilakukan pada hp yang telah di root.

3. Meningkatkan Kinerja Perangkat Keras

Kelebihan lainnya yang dapat kalian peroleh ketika root hp yaitu dapat meningkatkan kinerja perangkat keras smartphone. Dengan root perangkat android, kalian dapat melakukan proses overlock hardware sehingga membuat performa hardware android lebih baik.

Cara Mengetahui HP Sudah di Root

Cara Mengetahui Hp Sudah di Root
Tutorial Mengecek Hp Sudah di Root

Root bisa memberikan akses lebih bagi penggunanya untuk mengubah sistem di dalamnya dengan sangat mudah. Bahkan semuanya akan tampak lebih baik apabila tidak dilakukan secara berlebihan. Namun, jika seandainya berlebihan maka ujung-ujungnya hp akan mengalami kerusakan yang cukup fatal seperti menyebabkan bootloop.

Nah, bagi kalian yang ingin mengecek apakah hp sudah dilakukan boot atau belum, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan baik tanpa menggunakan aplikasi dan menggunakan aplikasi. Simak tutorial cara mengetahui hp sudah di root berikut :

Metode 1 : Tanpa Menggunakan Aplikasi

Ada jejak tersendiri jika hp sudah pernah di root, jejak tersebut akan selalu sama walaupun hp tersebut menggunakan aplikasi yang berbeda. Kalian bisa mengeceknya dengan langkah berikut :

  • Aktifkan terlebih dahulu hp smartphone yang akan kalian cek.
  • Setelah itu, silahkan cek apakah ada ikon untuk aplikasi SuperSU atau Kinguser pada home hp kalian.

  • Metode ini mudah sekali, cukup akses app drawer atau menu di hp kalian. Setelah itu, kalian tinggal cari aplikasi Kiguser atau SuperSU dengan ikon android memakai jubah berbentuk superman.
  • Apabila kalian menemukan ikon untuk aplikasi-aplikasi di atas, dapat dipastikan hp kalian telah dilakukan root. Namun jika tidak, artinya hp kalian belum di root.

Sekilas sangat mudah untuk mengetahui hp sudah di root atau belum tanpa menggunakan aplikasi yaitu hanya mengecek keberadaan dari aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas.

Metode 2 : Menggunakan Aplikasi

Aplikasi yang di rekomendasikan untuk mengecek hp sudah di root atau belum adalah dengan menggunakan aplikasi Root Checker dan aplikasi Terminal. Kedua aplikasi ini cukup bagus dan prosesnya sangat mudah dilakukan tanpa harus mengatur ulang setelan perangkat. Bahkan langkah-langkahnya juga tidak sulit. Cek ulasan cara mengetahui hp sudah di root dengan aplikasi di bawah ini :

1. Aplikasi Root Checker

Aplikasi Root Checker terbukti sangat akurat pada hp yang akan di cek statusnya apakah sudah di root atau belum. Perlu kalian ketahui, bahwa cara pertama untuk mengecek hp yang sudah di root bisa melihat 2 aplikasi yang terpasang pada bagian aplikasi. Akan tetapi, tidak semua smartphone akan menampilkan aplikasi KingUser atau SuperSU pada menu ponsel.

Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Root Checker merupakan sebuah langkah tepat untuk mengetahuinya. Untuk lebih jelasnya, simak pengecekan untuk mengetahui hp sudah di root dengan menggunakan aplikasi root checker di bawah ini :

  • Download terlebih dahulu aplikasi root checker pada Google Play Store.
  • Carilah nama aplikasinya pada kolom pencarian sehingga bisa langsung ketemu.
  • Silakan untuk download terlebih dahulu lalu akan secara otomatis terinstal pada perangkat hp kalian.
  • Buka aplikasi root checket yang sudah terpasang lalu pilihlah tombol Agree pada tampilan halaman pertama. Lalu diikuti dengan klik Verify Root.

  • Selanjutnya, pilihlah opsi ‘Grant’ dan tunggula beberapa saat hingga proses pengecekan selesai.
  • Jika sudah selesai, maka pada layar akan terlihat informasi mengenai hasil dari analisa yang telah dilakukan oleh aplikasi root checker terkait sudah di root atau belum.
  • Apabila sudah di root, maka kalian bisa melakukan tindakan selanjutnya apakah akan di ubah ke dalam setelan default tanpa root atau ingin tetap melanjutkan agar bisa dengan mudah mengubah sistem perangkat hp.

2. Aplikasi Terminal

Cara mengetahui hp sudah di root berikutnya adalah dengan memakai Terminal. Aplikasi ini cukup sederhana dengan hanya mengoperasikan beberapa instruksi di dalamnya saja. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini :

  • Bagi yang belum memiliki aplikasinya, pertama-tama download terlebih dahulu aplikasi Terminal di Google Play Store.

  • Setelah aplikasinya terpasang pada hp, selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  • Silakan perhatikan tulisan yang ada pada tampilan pertama aplikasi dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Apabila ada tanda #, maka hp smartphone tersebut sudah pernah di lakukan root, sedangkan
    • Jika ada tanda $, maka hp smartphone belum pernah dilakukan root sama sekali.

Bagi kalian yang penasaran ingin mengetahui hp sudah di root atau belum, lebih baik download salah satu aplikasi di atas dari 2 aplikasi rekomendasi agar hasilnya bisa segera di ketahui.

Kesimpulan :

penggunaan root sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya kalian bisa mengakses penuh sistem operasi di dalamnya, seperti bisa menghapus aplikasi bawaan hingga custom ROM. Namun ada juga kekurangannya, seperti akan menyebabkan garansi hp hilang, hp menjadi cepat panas, bootloop, dan rentan akan virus.

Demikin cara mengetahui hp sudah di root baik dengan memakai aplikasi ataupun tanpa aplikasi yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat!

Related posts