Cara Cek Samsung J2 Prime

Bagaimana sih cara cek Samsung J2 Prime asli atau palsu? Pengecekan keaslian Hp Samsung penting sekali untuk diketahui saat Kamu hendak membeli Hp besutan Korea Selatan ini.

Samsung J2 Prime adalah salah satu Hp Samsung low end karena masih memakai sistem operasi Marshmallow v6.0.1. Meskipun demikian, Hp besutan Samsung ini memiliki performa yang bagus dan stabil.

Adapun tujuan Samsung meluncurkan J2 Prime sendiri ialah untuk membidik market kalangan menengah, hal tersebut juga dikarenakan semakin ketatnya pesaing yang menawarkan Hp murah, sebut saja Lenovo, Xiaomi, Huawei, dan lain sebagainya.

Sempat menjadi Hp populer di zamannya, tentu wajar jika banyak pihak yang memanfaatkan kesempatan ini dengan meluncurkan Hp abal-abal alias replika. Oleh karena itu, agar terhindar dari pembelian Hp Samsung J2 Prime replika penting sekali mengetahui keaslian Samsung J2 Prime.

Cara Cek Samsung J2 Prime

Cara Cek Samsung J2 Prime
Mengecek Hp Samsung J2 Prime

Mengecek Hp Samsung J2 Prime Asli atau Palsu

Mengecek Hp Samsung J2 Prime asli atau palsu dapat dilakukan dengan membandingkan antara Hp Samsung yang Kamu beli dengan spesifikasi aslinya. Jika Kamu penasaran dengan cara cek Samsung J2 Prime, berikut Kami bagikan ulasannya :

1. Cek Hp Samsung J2 Prime : Spek Kamera Belakang

Spesifikasi pertama yang bisa Kamu cek dari Samsung J2 Prime ialah kameranya. Seperti kita ketahui bahwa Samsung J2 Prime mempunyai kamera belakang bereslusi 8 MP f/2.2, dilengkapi oleh fitur LED flashautofocus, serta kemampuannya dalam merekam video sampai 720@30 fps (frame per second).

Jadi saat memakai kamera utama J2 Prime untuk video dan foto, maka hasilnya akan sangat baik, terutama dalam kondisi cahaya alami. Oleh karena itu, cek Hp Samsung J2 Prime asli atau palsu akan lebih mudah. Pada Hp Samsung J2 Prime palsu biasanya disematkan kamera dengan kualitas cukup buruk bila dibandingkan produk yang aslinya.

2. Cek Hp Samsung J2 Prime : Spek Kamera Depan

Selain itu, cara cek Samsung J2 Prime bisa dilakukan dengan melihat spek kamera depan. J2 Prime telah dilengkapi oleh kamera depan beresolusi 5 MP f/2.2 dengan LED flash, sehingga memungkinkanmu untuk memakainya di tempat yang kondisi cahayanya minim sekalipun. Jadi, apabila Hp Samsung Galaxy J2 Prime milikmu sangat berbeda dari spesifikasi yang telah dijelaskan, bisa dipastikan bahwa HP tersebut ialah KW atau replika.

3. Cek Hp Samsung J2 Prime : Spek OS Android

Spek yang sering diincar pelaku penipuan. Perlu diketahui bahwa spek OS android yang disematkan oleh Samsung Galaxy J2 Prime adalah OS Android 6.0. Untuk mengecek Hp Samsung J2 Prime asli atau palsu, biasanya pada produk J2 Prime palsu OS android yang digunakan ialah versi Kitkat atau Jelly Bean.

4. Cek Hp Samsung J2 Prime : Spek RAM J2 Prime

Umumnya produk-produk Smartphone palsu selalu memakai kapasitas RAM minim, sekitar 512-768 MB. Sedangkan Samsung J2 Prime yang asli memakai kapasitas RAM 1,5 GB. Jadi, Kamu bisa lakukan pengecekan jumlah free RAM pada hp samsung J2 Prime milikmu. Jika kapasitasnya jauh lebih rendah, maka harus curiga bahwa Hp Samsung J2 Prime-mu palsu.

5. Cek Hp Samsung J2 Prime : Spek Memori Internal

Cara cek Samsung J2 Prime berikutnya ialah dengan melihat spesifikasi memri interal yang dimiliki oleh Samsung J2 Prime milikmu. Pada Samsung J2 Prime ori, internal memory yang digunakan adalah sebesar 8 GB. Sedangkan pada J2 Prime abal-abal, biasanya memakai internal memory paling maksimal itu hanya 4GB. Sebab jika kapasitasnya melebihi 4GB mereka tentu takut merugi.

6. Cek Hp Samsung J2 Prime : Dukungan Jaringan

Pada Samsung J2 Prime asli umumnya mendukung jaringan mulai dari 2G/4G, mendukung akses Wifi dan dapat dipakai untuk Hotspot. Sementara itu, pada J2 Prime replika biasanya hanya menggunakan jaringan paling maksimal 3G saja bahkan tanpa dukungan Wifi dan hostspot. Jadi, Kamu bisa cek Hp Samsung J2 Prime milikmu sekarang juga!

7. Cek Hp Samsung J2 Prime : Fitur Tambahan Radio

Cara cek Samsung J2 Prime selanjutnya ialah dengan mengecek fitur tambahan lainnya, seperti radio. Biasanya pada Galaxy J2 Prime asli mempunyai fitur pemutar radio bawaan Samsung, sementara pada Samsung Galaxy J2 prime replika biasanya tidak menyematkan fitur pelengkap ini. Jadi silahkan cek pada Samsung J2 Prime milikmu.

8. Cek Hp Samsung J2 Prime : Chipset, GPU dan CPU

Spesifikasi hardware pada Samsung Galaxy J2 Prime ori, menggunakan Chipset versi Mediatek MT6737T,  GPU Mail T720MP2, dan CPU Quad Core 1.4 GHz. Oleh karena itu, Kamu bisa bandingkan dengan Hp Galaxy J2 Prime milikmu, jika hardware-nya berbeda, maka bisa dipastikan Hp-mu palsu.

9. Cek Hp Samsung J2 Prime : Koneksi Bluetooth

Samsung Galaxy J2 Prime ori biasanya memakai koneksi Bluetoth 4.2, jadi jika Kamu mengecek Hp Samsung J2 Prime milikmu tapi ternyata versi bluetooth yang digunakan lebih rendah maka Kamu patut curiga.

10. Cek Hp Samsung J2 Prime : Kode IMEI

Cara cek Samsung J2 Prime paling efektif ialah dengan melakukan pengecekan kode IMEI. Metodenya cukup tekan *#06# lalu Kamu akan melihat tampilan kode unik tertentu yang biasanya hanya dimiliki perangkat HP-mu saja.

Jadi, Kamu bisa mencocokkan dengan kode IMEI yang terdapat pada boox dus pembelian Hp lalu cocokkan dengan website resmi dari Samsung. Jika Galaxy J2 Prime yang Kamu miliki asli, keduanya tentu saja akan cocok.

Cek Keaslian Samsung J2 Prime Lainnya

Selain cara cek Samsung J2 Prime di atas, Kamu bisa mencoba panduan berikut untuk mengetahui keaslian Samsung J2 Prime milikmu, berikut ulasannya :

  • Red, artinya Kamu dapat melakukan pengecekan terhadap kontras warna merah Hp Galaxy J2 Prime milikmu. Apabila tingkat kecerahan yang dihasilkan maksimal, maka bisa dipastikan jika kontras warna merahnya tidak bermasalah.
  • Green, artinya Kamu bisa memeriksa kontras warna hijau dari Hp Galaxy J2 Prime. Apabila tingkat kecerahannya maksimal, bisa dipastikan kontras green color pada HP tersebut tidak bermasalah.
  • Blue, artinya Kamu bisa melakukan pengecekan kontras blue color pada Hpmu. Apabila tingkat kecerahannya maksimal, kondisinya normal.
  • Sensor, yaitu sesuatu yang dipakai untuk mengecek perubahan lingkungan kimia atau fisika. Pada Galaxy J2 Prime biasanya terdiri atas Proxymiti, Sound Sensor dan Accelermeter. Adapun yang diuji dari general test mode tersebut ialah sensor accelerometer. Sensor ini berguna untuk pengecekan akselerasi pada perangkat Hp Galaxy J2 Prime, apakah smartphone tersebut bisa merespot cepat saat layar dalam kondisi landscape dan portrait. Apabila lancar, ini artinya sensor ini masih aman.
  • Mega Cam, ialah kamera utama yang terdapat pada Samsung Galaxu J2 Prime apabila Kamu tekan opsi Mega Cam tersebut, maka secara otomatis akan dialihkan langsung untuk membuka kamera utama. Kamu bisa ambil beberapa foto memakai kamera untuk mengujinya.

Itulah beberapa pengujian yang bisa dilakukan untuk mengecek masalah atau keaslian Hp Samsung Galaxy J2 Prime yang Kamu miliki.

Dengan mengetahui cara cek Samsung J2 Prime asli atau palsu di atas, Kamu tak perlu lagi khawatir saat membeli Hp Samsung J2 Prime. Sehingga terhindar dari pembelian Hp Samsung abal-abal alias kw. Semoga bermanfaat!

Baru Diulas:

Related posts