Cara Reset Printer Canon MP287

Cara Reset Printer MP287
Cara Reset Printer MP287

Cara reset printer Canon MP287 dapat kamu lakukan jika ada beberapa masalah atau kendala yang terjadi pada printer. Printer Canon MP287 merupakan salah satu produk printer all in one dengan kemampuan bisa mengcopy, mencetak dan scan dokumen, karenanya anda tidak lagi harus membeli perangkat dengan terpisah untuk dapat menjalankan setiap fungsi.

Canon MP287 juga termasuk salah satu perangkat printer terjangkau yang bisa diakses lebih banyak pengguna. Menawarkan kualitas cetak yang baik dan hemat energi. Namun dalam setiap penggunaan alat elektronik termasuk printer, terkadang ada saja kendala yang terjadi.

Read More

Misalnya saja, terjadi pesan kesalahan atau kesalahan sistem, buruknya kinerja printer dan sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, tidak ada opsi lain selain melakukan cara reset printer Canon MP287.

Cara Reset Printer Canon MP287

Cara Reset Printer MP287
Cara Reset Printer MP287

Kamu bisa melakukan reset printer Canon MP287, kamu dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini :

  • Silahkan matikan perangkat printer Canon MP287, cabut kabel printer dari stop kontak.
  • Tekan lalu tahan stop/reset hingga 5 detik, sembari menahan tombol reset, tekan serta tahan lagi tombol power hingga lampu indikator mulai menyala.
  • Sesudah lampu indikator mulai menyala, kamu tinggal melepaskan tombol reset dan power bersamaan sampai lampu indikator mati.
  • Tekan stop atau reset sampai berturut-turut empat kali.
  • Tekan power dan nyalakan printer lagi. Kini printer Canon MP287 kamu telah direset.

Jika printer Canon MP287 sudah direset, kamu hanya perlu melakukan pengaturan ulang untuk preferensi dan konfigurasi printer sesuai kebutuhan. Printer nantinya akan menghapus seluruh informasi dan pengaturan yang telah tersimpan pada printer.

Kapan Sebaiknya Reset Printer dilakukan?

Sebaiknya reset printer dilakukan ketika masalah terjadi pada printer, misalnya saja terjadi pesan kesalahan atau kesalahan sistem, kinerja printer tidak baik atau tidak merespon. dengan reset printer bisa membantu mengatasi semua masalah tersebut.

Akan tetapi, sebelum reset printer, kamu harus pastikan tidak ada kendala yang terjadi pada perangkat keras atau hardware, misalnya kerusakan pada kabel printer atau terjadinya masalah pada kertas atau toner. Apabila masalah terjadi pada perangkat printer, maka reset bukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah.

Di samping itu, simpan semua informasi penting dan pengaturan terlebih dahulu sebelum reset, sebab reset bisa menghapus seluruh informasi dan pengaturan tersimpan pada printer. Apabila kamu merasa tidak bisa menyimpan informasi dan pengaturan, bisa mengeceknya lewat buku manual printer atau bisa langsung cari informasi selengkapnya dan lebih lanjut.

Bagaimana Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi printer tidak bisa ngeprint, yang paling penting adalah harus mengecek kondisi printer terlebih dahulu. Berikut ulasannya :

  • Cek lampu indikator printer, apakah terlihat nyalanya tidak bermasalah atau justru ada lampu yang lain yang menyala, seperti lampu indikator kertas atau tinta.
  • Lakukan test printer tanpa harus terhubung pada komputer.
  • Walaupun sangat jarang, namun kemungkinan printer kamu tidak mau ngeprint adalah dikarenakan kabel USB rusak. Bisa juga disebabkan oleh kabel yang terlalu panjang. Maka dari itu, kamu harus memastikan kondisi kabel pastikan apakah kabel USB masih berfungsi dengan baik ataukah tidak. Jika tidak, maka ganti kabel USB printer kamu.

Untuk mengatasi masalah pada printer memang salah satunya dapat dilakukan dengan cara reset printer Canon MP287. Namun sebelumnya, kamu harus memastikan kerusakan atau masalah yang terjadi pada printer Canon terlebih dahulu.

Related posts