Cara Cek Spek Hp Samsung

Bagaimana cara cek spek Hp Samsung? Spek atau spesifikasi ponsel adalah hal dasar yang harus diketahui para pengguna. Dimana spesifikasi akan berpengaruh terhadap performa dan penggunaan smartphone itu sendiri.

Untuk mengetahui spesifikasi Hp Samsung sendiri, masih banyak pengguna yang cukup kesulitan. Belum lagi mengingat variannya yang cukup banyak, dengan model dan tipe yang serupa. Jadi yang dapat membedakan tiap-tiap varian Hp Samsung ialah dengan mengecek dan memastikan spek Hp samsung itu sendiri.

Selain itu, harga jual Hp tak terlepas dari yang namanya spek HP itu sendiri. Sebab biasanya tolak ukur nilai jual smartphone paling utama ialah dilihat berdasarkan kemampuannya, yakni spesifikasi.

Tentang Spesifikasi dan Jenis-Jenis Spek Hp

Pada produk-produk smartphone baru saat ini memang banyak sekali yang RAM-nya berkapasitas besar. Kapasitas RAM sendiri biasanya menggunakan satuan byte. Selain itu, banyak pengguna gadget yang mencari kapasitas RAM besar, mengingat kecepatan akses dan performa multi tasking yang dimilikinya.

Adapun salah satu spek Hp utama yang paling utama dicari ialah RAM. Selain itu, ada beberapa poin mendasar yang harus diketahui terkait spek Hp itu sendiri.

Sebelum kita membahas cara cek spek Hp Samsung, berikut beberapa spesifikasi yang harus Kamu ketahui saat membeli Hp, diantaraya :

1. Tipe dan Ukuran Layar

Hp Samsung sendiri terdiri dari berbagai macam tipe layar. Biasanya Samsung menyematkan tipe layar IPS untuk smartphone kelas middle end. Sementara pada produk andalan alias flag ship-nya sendiri biasanya sudah dibekali oleh layar bertipe Super AMOLED.

Kedua jenis/tipe layar tersebut mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itulah, Kamu harus tahu apa saja keunggulan dan kelemahan tersebut untuk mengetahui acuan harganya. Di samping jenisnya, para pengguna biasanya juga melihat ukuran layar yang disematkan pada HP Samsung yang dibidiknya.

2. Sektor Kamera

Sektor kamera adalah poin kedua dari banyaknya spesifikasi yang paling dicari oleh pengguna. Umumnya ukuran kamera tertera dalam satuan Pixel. Selain itu, semakin besar ukuran lensanya, maka akan semakin baik juga kemampuan atau performa pengambilam gambar maupun videonya.

Selain itu, biasanya pengguna juga melihat fitur tambahan lainnya yang tersemat di dalam kamera Hp samsung yang mereka cari. Seperti halnya teknologi AI, aperture dan lain sebagainya.

3. Dapur Pacu/Prosessor

Prosessor atau dapur pacu adalah otak utama yang mendukung pengoperasian maupun kinerja Hp itu sendiri. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui prosessor yang menyokong performa HP yang akan Kamu beli.

Dewasa ini, kita sering menjumpai banyak sekali tipe danjenis prosessor, seperti Snapdragon yang saat ini bahkan sudah mencapai series ke 800 sebagai seri terbaiknya.

Selain itu, ada pula Mediatex. Diantara keduanya tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Biasanya serinya disesuaikan berdasaran urutan keluarnya.

4. Kapasitas RAM

Selain mengecek prosessor HP, poin yang tak kalah penting lainnya ialah kapasitas RAM. Hal ini dikarenakan kapasitas RAM juga berperan sangat penting bagi kinerja ponsel. Umumnya satuan RAM dalam bentuk byte dan paling besar dalam GB (giga byte).

5. Daya Baterai

Baterai berguna sebagai sumber untuk menampung daya yang nantinya akan disalurkan atau didistribusikan menuju seluruh komponen perangkat. Dimana semuanya bergantung dari kemampuan daya baterai. Sebab semakin besar daya baterai yang diusungnya, maka smartphone tersebut memiliki daya tahan yang semakin lama.

Berbeda dengan satuan pada RAM, daya baterai biasanya tertera dalam satuan mAh. Namun sayangnya kita tidak bisa langsung melihat spek daya baterai ponsel begitu saja tanpa mengecek spesifikasinya.

6. Sistem Operasi Android

Kita tahu bahwa sistem operasi android sejak awal kemunculannya sampai saat ini sudah banyak sekali serinya. Bahkan versi terbaru yang menjadi penutup penamaan dengan istilah nama makanan tersebut kini bernama Android 10.

Cara Cek Spek HP Samsung

Cara Cek Spek Hp Samsung
Mengecek Spek Hp Samsung

Mengecek Spek Hp Samsung

Setelah kita mengenal beberapa spesifikasi penting yang terdapat dalam ponsel di atas, tentu saja kini saatnya Kamu harus tahu  cara cek spek Hp samsung. Sebagai vendor smartphone populer, wajar rasanya jika tipe smartphone Samsung yang beredar di Indonesia sudah sangat banyak. Sebut saja seperti J3 Pro, Note 8, A10s, dan lain sebagainya memiliki spek yang berbeda.

Diantara banyaknya tipe Hp Samsung, sudah pasti spek yang mereka bawa tidak sama walaupun tampilannya memang tidak jauh berbeda.

Oke, Jika Kamu ingin mengecek spek Hp Samsung,  silahkan ikuti panduan di bawah ini!

1. Cek Spek Hp Samsung Melalui IMEI

Cara pertama untuk cek spek Hp Samsung ialah dengan menggunakan nomor/kode IMEI dan Kamu bisa mengetahuinya secara online. Metode ini dapat dilakukan apabila Kamu tidak mengetahui tipe smartphone tersebut.

Silahkan cek IMEI smartphone Samsung menggunakan kode unik *#06# lalu catat kode IMEI yang tertera.

Jika sudah, Kamu bisa mengunjungi web resmi IMEI.info lalu inputkan nomornya dan ceklis kode captcha dilanjutkan dengan memilih “cek”. Nah, setelah itu Kamu akan memperoleh informasi mengenai  spesifikasi dan model Hp Samsung  tersebut.

2. Cek Spek Hp Samsung Menggunakan Tipe atau Serinya

Jika Kamu sudah mengetahui seri dan tipe Hp Samsung yang diinginkan, maka Kamu bisa lakukan cara cek spek Hp Samsung via online. Sebenarnya ada banyak website yang me-review tentang spesifikasi Hp Samsung.

Langkahnya cukup simpel, Kamu hanya perlu mencatat jenis/tipe HP lalu silahkan kunjungi web yang menjelaskan spesifikasi Hp Samsung tersebut di kolom pencarian. Selain itu, Kamu juga bisa mengunjungi situs resmi Samsung. Jika Kamu sudah menemukan tipe Hp samsung yang Kamu inginkan, silahkan cek speknya.

3. Cek Spek Hp Samsung Melalui Menu “Setting”

Tidak sedikit pengguna yang masih belum tahu jika dalam menu “Setelan” atau “Setting” Hp selain dapat mengatur konfigurasi ponsel, Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengecek spesifikasi Hp Samsung dan tipenya.

Biasanya informasi tersebut ada dalam opsi “About Phone”. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka menu “Setting” di Hp Samsung milikmu.
  • Lalu gulir layar ke bawah, silahkan cari “System”.
  • Setelah itu, masuk ke pilihan “About Phone”.
  • Kini Kamu lihat ada informasi detail tentang Nama perangkat, dan speknya di sana.

4. Cek Spek Hp Samsung Melalui Aplikasi CPU Z

Cara cek spek Hp Samsung keempat memang sangat cepat dan mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi CPU-Z di Hp-mu saja. Lalu install di perangkat dan buka aplikasi.

Selanjutnya Kamu bisa mengecek informasi mengenai spesifikasi HP-mu, seperti versi android, kapasitas internal memory, kapasitas RAM, hingga layar ponsel.

Di samping itu, aplikasi yang satu ini juga bisa membantu mengecek kerusakan pada layar ponsel, mengetahui kondisi baterai dan informasi lainnya.

Nah, itulah cara cek spek Hp Samsung yang bisa Kamu coba untuk mengetahui performa dan kemampuan Hp Samsung yang Kamu miliki. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

Related posts