Cara Aktivasi Mandiri Online

Cara Aktivasi Mandiri Online
Aktivasi Mandiri Online

Apa itu Mandiri Online? Bagaimana cara aktivasi Mandiri online? Seperti apa sih prosess mendaftar Mandiri Online?

Sebagai salah satu BANK terbesar di Indonesia dengan jumlah nasabah yang cukup banyak, mandiri selalu hadir memberikan kemudahan nasabahnya dalam melakukan transaksi dan juga kebutuhan keuangan. Dengan beragam fitur dan juga produk yang dimiliki mandiri, pengguna tak lagi kesulitan ketika ingin melakukan transaksi keuangan seperti transfer, cek mutasi, melakukan pembayaran, dan yang lain-lain.

Read More

Menurut saya pribadi, menjadi nasabah dari Bank Mandiri merupakan sebuah keberuntungan untuk saya. Bagaimana tidak? Ketika membuka rekening Mandiri baru, saya diarahkan dengan baik oleh Customer Services yang melayani saya. Dan belum lagi, semua notifikasi dan pembaruan bisa seketika masuk melalui email kita.

Selain itu, ada juga produk dari Mandiri yang sangat banyak digunakan oleh para Nasabah Mandiri itu sendiri. Yakni Mandiri Online. Untuk yang belum tau, Mandiri Online sendiri merupakan salah satu produk dari Bank Mandiri, yang hampir mirip dengan BCA Mobile, atau mBCA. Hanya saja, fitur yang dihadrikan dalam Mandiri Online lebih lengkap.

Kalian bisa melakukan transaksi seperti Transfer Antar Bank, Transfer ke Lain Bank, Melakukan Pembayaran Cicilan, Pendidikan, Pembelian Pulsa, dan tak lupa, Andalan saya ketika menggunakan Mandiri Online adalah pembayaran Virtual Account yang bisa disimpan dalam menu favorit.

Sehingga, ketika mungkin kita sering kali melakukan pembayaran Virtual Account yang sama, kita tinggal mengaksess menu Favorit, dan pilih menu pembayaran Virtual Account yang biasa kita gunakan. Sehingga, ini amat sangat mempermudah kita dalam urusan belanja online.

Belum lagi dengan adanya beragam pilihan Top Up dan pembayaran lain yang bisa kamu gunakan. Seperti misalnya Top Up Gopay Customer, Top Up Dana, Top  Up LinkAja, dan masih banyak lagi. Wah, gak kebayang deh gimana lengkapnya Aplikasi ini.

Oh iya, selain fitur yang beragam, Mandiri Online juga sangat menjaga keamanan dan juga kerahasiaan data nasabah. Sehingga, jika kamu menggunakan Android ataupun iOS, kamu bisa melakukan pengaturan login dengan menggunakan Sidik Jari, tanpa harus menginput password, yang bisa saja diintip atau dilihat orang tak bertanggung jawab.

Dan gak sampe situ aja, kamu juga bisa mengatur bagaimana kartu atau tabungan kalian diatur. Kalian bisa melakukan pemblokiran kartu tanpa harus datang ke Bank Mandiri terdekat, membuat Rekening Tabungan (rencana) baru, melakukan Auto Debit, dan masih banyak lagi.

Wah, kalau dijabarkan disini semua, pasti gak akan muat deh, hehe.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana Cara Aktivasi Mandiri Online, yang mungkin saja kerap menjadi pertanyaan para Nasabah Bank Mandiri, ketika mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan Mandiri Online.

Tapi sebelumnya, ada beberapa spesifikasi pada Smartphone yang harus diperhatikan, sebelum melakukan Aktivasi Mandiri Online.

  • Smartphone harus memiliki RAM Minimal 2 GB
  • Menggunakan Nomor yang terdaftar pada slot SIM 1
  • Kondisi Smartphone belum di Root atau Jailbreak
  • Memiliki rekening tabungan Mandiri

Nah, itu hanya sekilas saja sebenarnya, namun tetap penting loh. Daripada berlama-lama, berikut ini adalah Cara Aktivasi Mandiri Online, yang bisa kamu coba.

Cara Aktivasi Mandiri Online

Cara Aktivasi Mandiri Online
Aktivasi Mandiri Online

Cara Aktivasi Mandiri Online lewat teller

Cara pertama yang bisa kalian lakukan, adalah dengan melalui teller bank Mandiri itu sendiri. Biasanya cara ini dilakukan, ketika pengguna baru saja melakukan pembukaan rekening Bank Mandiri.

Jika dirasa semua sudah siap, dan rekening sudah bisa digunakan, maka kalian bisa meminta pada teller atau customer service untuk melakukan pendaftaran Mandiri Online.

Setelah itu kalian akan diminta untuk mengisi beberapa data yang diperlukan, seperti:

  • user ID
  • password Mandiri Online

Catatan penting! Kalian melakukan penginputan password, kalian harus menggunakan kombinasi antara huruf besar atau kapital, angka, dan juga karakter atau simbol. Hindari penggunaan password yang mudah ditebak, seperti misalnya tanggal lahir, kota kelahiran, dan lain sebagainya.

Setelah mengisi data yang dibutuhkan, nasabah akan diminta untuk melakukan login, dan mendownload aplikasi Mandiri Online di Ponsel pintar kalian.

Setelah Itu cobalah untuk login, dengan menggunakan ponsel kalian dan menggunakan User ID dan Password yang sudah dibuat sebelumnya

Pada laman selamat datang, kalian akan diminta untuk memasukkan informasi kartu, seperti

  • 16 digit nomor kartu debit
  • tanggal lahir
  • masa berlaku kartu debit

Kemudian, kalian akan diminta untuk melakukan verifikasi lanjutan, yakni dengan mengirim SMS dengan menggunakan nomor yang terdaftar di Mandiri Online, ke 3636.

Pesan ini bersifat otomatis. Jadi ketika kalian menekan tombol ‘verifikasi’ makan akan dibawa langsung ke Apps pesan, dan tinggal tekan kirim saja.

Tapi perlu dicatat. Proses verifikasi ini dibebankan biaya oleh pengguna. Jadi, pastikan pulsa kalian masih tersedia, setidaknya 5.000, dan menggunakan nomor yang terdaftar di Mandiri Online, pada Slot SIM 1

Dan untuk SIM Card yang didukung menggunakan Mandiri Online antara lain adalah

  • Telkomsel
  • Indosat
  • XL
  • Smartfren
  • 3 (Tri)

Pastikan juga kartu yang kalian gunakan, sudah diaktivasi sehingga mempermudah proses pendaftaran dan Aktivasi Mandiri Online.

Cara Aktivasi Mandiri Online lewat call center Mandiri

Cara kedua yang bisa kalian lakukan, adalah dengan menghubungi layanan Call Center Mandiri. Dalam penggunaan cara ini, nasabah diwajibkan memiliki pulsa untuk melakukan panggilan ke nomor call center Bank Mandiri. Caranya adalah

Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi panggilan atau telepon di ponsel kalian. Setelah itu lakukan panggilan ke nomor 14000.

Setelah terhubung dengan layanan call center Bank Mandiri, kalian bisa meminta atau memilih nomor sesuai instruksi yang tertera. Misalnya ” Tekan nomor 2 untuk melakukan panggilan dengan call center”. Maka kalian bisa menekan angka 2, pada keypad ponsel kalian.

Tunggu beberapa saat, sampai akhirnya kalian terhubung dengan call center atau customer care Mandiri Online. Lalu, ceritakan bahwa kalian ingin melakukan Aktivasi Mandiri Online, setelah itu pihak call center akan meminta data-data yang dibutuhkan, seperti misalnya nomor rekening, nomor kartu debit, tanggal lahir, dan juga nama.

Pastikan kalian sudah melengkapi semua data yang diminta, dan setelah itu pihak call center akan mengarahkan kalian, untuk membuat m-pin yang nantinya akan digunakan pada aplikasi Mandiri Online.

Setelah proses aktivasi selesai, kalian bisa langsung melakukan login ke aplikasi Mandiri Online, ataupun melalui situs Mandiri Online di browser kalian. Masukkan user ID dan juga password yang sudah didaftarkan, untuk mengetahui status aktivasi kalian.

Cara Aktivasi Mandiri Online melalui email

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan layanan Email atau surat elektronik. Biasanya cara ini kerap dipakai ketika pengguna mengalami kendala dalam Aktivasi Mandiri Online. Oleh karena itu jika Mungkin kalian juga mengalami hal yang sama ataupun ingin melakukan Aktivasi Mandiri Online, kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

  • Pastikan kalian memiliki akun email di perangkat Android atau bahkan komputer kalian
  • Buat sebuah pesan email baru, lalu isikan email [email protected], dan kemudian buat sebuah judul atau subjek email dengan format “Aktivasi Mandiri Online”
  • Pada bagian isi pesan, kalian bisa mencantumkan beberapa informasi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivasi, seperti misalnya, nama yang terdaftar pada rekening Bank Mandiri, nomor kartu ATM atau kartu debit Mandiri, tanggal lahir nasabah atau pengguna Bank Mandiri, nomor telepon yang terdaftar, serta masa expired dari kartu debit kalian.
  • Setelah itu Kalian juga bisa menambahkan beberapa kalimat pembuka, sebagaimana kalian meminta bantuan untuk melakukan Aktivasi Mandiri Online. Setelah itu kalian bisa mengirimkan pesan email tadi, sampai mendapatkan balasan.

Jika sudah mengirimkan email, pihak Mandiri akan melakukan proses aktivasi paling lambat 3 hari, untuk itu kalian bisa rutin melakukan pemeriksaan pada email masuk, atau bahkan notifikasi email.

Pastikan juga semua data sudah valid dan benar, agar tidak terjadi kesalahan pada proses Aktivasi Mandiri Online.

Dengan menggunakan Mandiri Online, tentu saja pengguna akan lebih dimudahkan, untuk urusan transaksi keuangan mereka. Maka dari itu, penting untuk nasabah baru ataupun nasabah bank Mandiri yang sudah lama untuk melakukan aktivasi. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pemblokiran pada Mandiri Online yang digunakan.

Yap, itulah tadi beberapa cara aktivasi Mandiri online yang bisa kamu coba ketika akan melakukan pendaftaran, ataupun Aktivasi Mandiri Online. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga artikel ini menjadi referensi yang baik untukmu. Semoga bermanfaat.

Related posts