Cara Aktivasi Kartu Smartfren

Cara Aktivasi Kartu Smartfren
Aktivasi Kartu Smartfren

Seperti apa cara aktivasi kartu Smartfren? Apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan registrasi kartu Smartfren? Bagaimana cara aktivasi kartu Smartfren sendiri?

Beragam pertanyaan diatas sering kali ditanyakan oleh pengguna kartu dari Provider Smartfren. Tentu bukan tanpa sebab, melainkan masih saja ada pengguna yang tiba tiba tidak bisa menggunakan kartu Smartfren mereka, padahal masa aktif dan juga pulsa nya masih tersedia.

Read More

Nah, buat yang belum tau, sejak 2017 lalu, pemerintah dan KEMENINFO sudah mengeluarkan kebijakan baru untuk para pengguna SIM Card atau kartu Ponsel, yakni dimana pengguna harus mendaftarkan kartu mereka sesuai dengan NIK dan juga KK yang dimiliki, agar bisa diaktivasi atau digunakan seperti biasa.

Sebab, jika pengguna tidak melakukan pendaftaran, maka pihak Operator dan Menkominfo akan melakukan pemblokiran kartu, setelah 15 hari dari peringatan terakhir yang dikirimkan melalui SMS.

Hal ini juga diperkuat dengan maraknya penipuan yang dilakukan via SMS, dan tidak bisa dilacak siapa pemilik nomor tersebut, sebab tidak mendaftarkan data diri didalamnya. Maka dari itu, tentunya untuk pengguna Smartfren yang sudah lama dan memilik banyak kontak penting, hal ini sangat harus diperhatikan.

Sebab ketika mungkin kalian telat melakukan registrasi dan aktivasi kartu Smartfren, maka otomatis semua kontak akan hilang, dan kalian sebagai pemilik kartu tidak bisa melakukan panggilan keluar, menerima panggilan masuk, berkirim SMS, dan juga menerima pesan SMS dari pengguna lain.

Oleh karena itu, Smartfren sebagai salah satu raksaksa provider jaringan data seluler dan telpon yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, juga ikut menghimbau para penggunanya untuk tidak lupa melakukan aktivasi kartu Smartfren mereka.

Karena dengan melakukan registrasi dan Aktivasi, hal ini bisa mencegah pengguna dari tindak kejahatan yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab, yang menyalah gunakan kartu. Baik dalam urusan penipuan, ataupun menerror seseorang dengan nomor yang kalian gunakan.

Seperti yang sudah dijabarkan tadi, masih saja ada pengguna yang belum mengerti dan paham bagaimana Cara Aktivasi Kartu Smartfren yang mereka miliki. Tapi sebelum masuk lebih jauh, ada baik nya sembari membaca artikel ini, kalian menyiapkan beberapa hal penting dalam aktviasi kartu Smartfren, seperti

  • Nomor Induk Kependudukan (KTP)
  • Nomor KK (Kartu Keluarga)
  • Ponsel

Cara Aktivasi Kartu Smartfren

Cara Aktivasi Kartu Smartfren
Aktivasi Kartu Smartfren

Dan berikut ini adalah cara registrasi kartu Smartfren, yang bisa kamu coba.

Cara Aktivasi Kartu Smartfren lewat SMS ke 4444

Cara pertama ini gak jauh beda dengan cara aktivasi kartu simPATI yang sudah kami ulas sebelumnya. Sebab, cara ini hanya membutuhkan layanan SMS yang tentunya bisa ditemukan di semua smartphone milik pengguna. Baik itu ponsel ‘jadul’ ataupun ponsel yang masuk dalam jajaran Smartphone.

  • Buka aplikasi Perpesanan / SMS yang ada di ponsel kalian
  • Buat sebuah pesan baru dengan format seperti ini
    • NIK#Nomor KK (Kartu Keluarga)#
    • Contoh : 368402030319950013#1545151515263521#
  • Kirim pesan tersebut ke 4444

Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai kalian menerima pesan yang berisikan bahwa kalian sudah berhasil melakukan pendaftaran dan juga aktivasi kartu Smartfren kalian. Pastikan nomor KK dan juga Nomor KTP kalian sesuai, sebab jika ada salah satunya tidak sesuai, maka prosess aktivasi dan registrasi akan gagal dan harus mengulang kembali.

Cara Aktivasi Kartu Smartfren lewat Situs Prepaid Registration

Langkah selanjutnya yang bisa kalian coba adalah dengan mengunjungi situs smartfren untuk bagian registration. Untuk cara ini terbilang cukup mudah, hanya saja akan lebih mudah lagi jika kalian menggunakan perangkat desktop seperti komputer ataupun laptop yang terhubung dengan internet.

Caranya adalah:

  • Buka browser pada perangkat desktop kalian
  • Kunjungi situs https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php
  • Setelah itu, isi semua data yang dibutuhkan, seperti
    1. Nomor Smartfren yang akan diaktivasi
    2. Nomor Induk Kependudukan (NIK) / Upload foto e-KTP
    3. Jenis Metode Verifikasi (disarankan menggunakan Kode yang dikirimkan lewat SMS)
    4. Nomor KK (Kartu Keluarga) / upload foto Kartu Keluarga
    5. Email
    6. Nomor Handphone lainnya
  • Setelah semua data dirasa lengkap dan valid, klik pada tombol Saya telah membaca dan menyetujui semua syarat & ketentuan
  • Masukkan kode Chapta yang muncul, dan terakhir
  • Tekan Lanjut

Pastikan semua data sudah valid dan benar, jika mungkin kalian menggunakan fitur Upload e-KTP dan upload KK, usahakan hasil foto atau scan dari data tersebut jelas terbaca, dan hilang fokus atau blur. Sebab, jika hasil upload tidak terbaca, maka prosess pendaftaran akan tertunda dan harus mengulang lagi.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran dan Aktivasi, kalian akan menerima notifikasi bahwa pendaftaran kalian sudah berhasil, dan kalian bisa langsung melakukan Restart untuk selanjutnya menggunakan Kartu Smartfren kalian seperti biasa.

Cara Aktivasi Kartu Smartfren dengan Mengunjungi Gerai Smartfren

Langkah ketiga yang juga tak kalah mudah adalah dengan mengunjungi gerai smartfren terdekat. Kalian bisa menemukannya dengan mengetikkan kata kunci “gerai smartfren terdekat”, dan pastikan lokasi kalian aktif, sehingga saat melakukan Googling, Google akan memberikan rekomendasi terdekat untuk kalian.

Dan sebelum mengunjungi Gerai Smartfren, pastikan kalian membawa persyaratan yang dibutuhkan seperti

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Ponsel dengan Kartu Smartfren yang akan diaktfikasi

Setelah sampai di Gerai Smartfren, kalian bisa langsung menuju ke bagian Customer Services, dan meminta Customer Service Smartfren untuk melakukan Aktivasi Kartu Smartfren yang kalian gunakan.

Prosess aktivasi ini sebenarnya tidak berlangsung lama kok, mungkin hanya sekitar 10 – 15 menit, namun jika mungkin keadaan di Gerai Smartfren agak ramai, maka kalian harus mengantri sedikit lebih lama daripada biasanya.

Biasanya, setelah prosess Aktivasi yang dilakukan Customer Services Smartfren selesai, kalian akan diberikan arahan selanjutnya dalam menggunakan Kartu Smarfren. Tak lupa, Customer Services Smartfren juga akan memberikan imbauan agar kalian tak lupa untuk mengisi pulsa.

Setelah semua nya selesai, kalian bisa me-restart ponsel kalian yang memiliki kartu smartfren didalamnya, dan kemudian bisa langsung menggunakan Kartu Smartfren kalian seperti biasa, dan sudah teraktivasi. Gimana? Gampang banget kan caranya?

Selain melakukan Aktivasi pada kartu, pengguna Smartfren juga perlu memperhatikan masa aktif kartu mereka. Tentunya, cara yang paling ampuh untuk mengetahui sisa masa aktif adalah dengan melakukan pengisian pulsa secara rutin.

Dengan begitu, kartu Smartfren kalian akan memiliki masa aktif yang lebih lama, dan juga sudah ter-registrasi dengan data diri kalian. Sehingga, jika sewaktu waktu terjadi masalah, kalian bisa langsung mengunjungi Gerai Smartfren terdekat, untuk meminta bantuan perihal masalah kartu.

Itulah tadi beberapa cara aktivasi kartu Smartfren yang bisa teman teman sekali coba. Silahkan gunakan cara yang paling mudah, dan jika masih ada kendala, kalian bisa menghubungi Customer Care dari Smartfren, untuk membantu kalian dalam proses pendaftaran. Sekian untuk informasi kali ini, semoga bermanfaat.

Related posts