Cara Aktivasi Kartu Indosat

Cara Aktivasi Kartu Indosat
Aktivasi Kartu Indosat

Kenapa kita harus melakukan aktivasi kartu Indosat? Bagaimana cara aktivasi kartu Indosat? Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan aktivasi kartu Indosat?

Sebagai pengguna ponsel Mungkin kita sudah tidak asing dengan SIM Card. Dengan menggunakan SIM Card tentunya kita bisa dengan mudah melakukan komunikasi kepada pengguna ponsel lain ataupun yang lainnya.

Read More

Sebagaimana kita tahu saat ini SIM Card tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon ataupun SMS saja, melainkan juga untuk mengakses internet. Dengan menggunakan pulsa, pengguna bisa melakukan pembelian Paket Internet ataupun melakukan panggilan telepon dan juga pengiriman SMS.

Sebab itulah para pengguna SIM Card harus mengetahui betul kapan masa aktif dan juga sisa pulsa yang tersedia, Hal ini bertujuan agar kartu SIM Card tidak mengalami pemblokiran akibat habis masa tenggang.

Sesuai peraturan MENKOMINFO pada tahun 2017 lalu, dikatakan bahwa para pengguna SIM Card juga harus melakukan aktivasi, agar mereka bisa menggunakan kartu tersebut, seperti biasanya. Jadi bisa dikatakan, penyebab kartu terblokir dan tak lagi dapat digunakan, bukan hanya karena habis masa tenggang, ya.

Hal ini juga sudah diatur oleh pemerintah, tentang pengaktifan atau aktivasi SIM Card yang mengharuskan pengguna mendaftarkan nomor induk kependudukan atau nomor induk KTP, dan juga nomor KK atau nomor kartu keluarga.

Hal ini tentu bukan tanpa tujuan, selain untuk mendaftarkan kartu SIM Card kita agar bisa digunakan, proses aktivasi ini juga bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan nomor, oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dan apabila pengguna tidak melakukan aktivasi pada kartu, maka kartu yang digunakan akan terblokir jika tidak didaftarkan pada waktu yang telah ditentukan.

Biasanya pemblokiran yang dilakukan, tidak pada saat itu juga, melainkan secara bertahap.

Pertama pihak kominfo akan mengingatkan kalian melalui pesan SMS, untuk melakukan registrasi kartu. Kemudian apabila pengguna tidak melakukan aktivasi kartu dengan mendaftarkan nomor induk kependudukan KTP dan juga nomor kartu keluarga, pihak provider akan melakukan pembatasan sinyal, sehingga pengguna tidak dapat melakukan panggilan keluar ataupun pengiriman pesan.

Dan apabila setelah peringatan ke-2 muncul (dari pihak provider) pengguna juga masih tidak mendaftarkan atau mengaktivasi kartu mereka, maka kartu tidak lagi dapat digunakan yang biasanya ditandai dengan munculnya tulisan tidak ada jaringan, pada sim card yang kalian gunakan.

Jika kartu sudah terblokir seperti ini, maka pengguna harus mendatangi gerai Indosat terdekat, untuk melakukan pembukaan blokir, dan melakukan restore pada semua kontak yang ada didalamnya. Kebayang gak? Kalau misalnya kartumu diblokir, dan harus kehilangan semua kontak yang ada? Wah, sedih banget pasti.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui cara aktivasi kartu, terlebih untuk pengguna Indosat, dan juga operator lain.

Namun sayangnya, tidak semua pengguna kartu seperti Indosat, paham mengenai cara aktivasi kartu Indosat. Padahal, hal ini sangat penting untuk diketahui. Oleh sebab itu, kali ini kita akan membagikan beberapa cara, yang bisa kalian lakukan untuk melakukan aktivasi kartu, terutama Indosat. Seperti :

Cara Aktivasi Kartu Indosat

Cara Aktivasi Kartu Indosat
Aktivasi Kartu Indosat

Cara Aktivasi Kartu Indosat Melalui situs Indosat Ooredoo

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk melakukan aktivasi kartu Indosat, adalah dengan mengunjungi situs resmi milik Indosat Ooredoo. Cara ini terbilang mudah dan juga simple, karena bisa dilakukan di berbagai macam perangkat, selama masih terhubung dengan internet. Langkahnya adalah

  1. Buka browser di perangkat Android atau bahkan komputer dan laptop kalian, lalu kunjungi situs mycare.indosatooredoo.com/registration
  2. Masukkan nomor Indosat yang ingin diaktivasi
  3. Input atau masukan NIK atau nomor induk kependudukan KTP kalian
  4. Setelah itu jangan lupa untuk memasukkan nomor kartu keluarga yang sesuai, dengan KTP kalian.
  5. Centang pada chapta “I am not a robot”
  6. Dan terakhir tinggal klik pada tombol periksa, untuk memastikan bahwa data yang kalian masukkan sudah benar.

Penting untuk dicatat, memasukkan nomor induk KTP dan juga nomor KK, pastikan kalian menggunakan data yang valid dan masih aktif. Gunakan nomor induk KTP dan juga Kakak yang sesuai dengan nama kalian, dan bukan milik orang lain.

Cara Aktivasi Kartu Indosat Melalui pesan SMS ke 4444

Cara yang kedua juga terbilang cukup mudah dan banyak digunakan oleh para pengguna ponsel. Dengan menggunakan cara ini, tentunya semua pengguna ponsel baik itu smartphone ataupun bukan, bisa melakukannya dengan mudah. Namun pastikan terlebih dahulu, kalian memiliki pulsa minimal Rp1.000, untuk berjaga-jaga apabila dikenakan biaya pada saat pengiriman SMS.

  1. Buka aplikasi perpesanan atau SMS yang ada di ponsel kalian
  2. Lalu buat pesan baru, dan ketikkan pesan NIK#Nomor KK
  3. Terakhir, kirim pesan tersebut ke nomor 4444

Setelah mengirim pesan tersebut, kalian akan mendapatkan balasan pesan dari KOMINFO, mengenai status aktivasi kartu kalian.

Cara Aktivasi Kartu Indosat Melalui Gerai Indosat Terdekat

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengaktivasi kartu Indosat adalah dengan mengunjungi gerai Indosat terdekat. Pastikan kalian membawa beberapa persyaratan penting yang harus ada sebagai pelengkap, seperti :

  1. Membawa SIM Card yang akan diaktivasi
  2. Membawa KTP asli
  3. Membawa Kartu Keluarga asli atau fotocopy

Setelah itu kalian tinggal mengunjungi customer service yang ada di gerai Indosat terdekat, Jelaskan maksud dan tujuan kalian adalah untuk melakukan aktivasi kartu Indosat.

Nantinya kalian akan dibantu, untuk proses aktivasi kartu Indosat kalian, dan proses ini biasanya tidak terlalu lama. Mungkin hanya memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja.

Penting untuk dicatat, tiap data diri seperti KTP dan kartu keluarga, memiliki batas maksimal pendaftaran atau aktivasi yakni untuk 4 kartu saja. Apabila kalian memiliki kartu SIM Card selain Indosat, pastikan kalian juga mendaftarkan kartu tersebut, sesuai identitas kalian.

Namun apabila terjadi kesalahan, bisa melakukan pengecekan Nomor Induk Kependudukan KTP, dan juga Nomor Kartu Keluarga kalian apakah sudah terdaftar di lebih dari 4 kartu, atau belum.

Dengan begitu kalian bisa menggunakan kartu pada ponsel, tanpa khawatir terkena blokir, ataupun tidak bisa digunakan kembali. Untuk itu, jangan sampai lupa untuk melakukan aktivasi kartu, terlebih untuk pengguna baru.

Namun, ada juga beberapa pengguna ponsel pintar yang sekali pakai kartu. Maksudnya adalah, mereka bisa membeli kartu SIM Card Indosat, yang dikhususkan untuk internet / sudah ada paket Internet didalamnya. Sehingga, ketika digunakan, maka akan otomatis memiliki kuota.

Tapi kekurangannya adalah, kartu sejenis itu (sekali pakai) tidak bisa digunakan untuk melakukan telfon menggunakan pulsa reguler, ataupun sms. Sebab ketika kuota dari kartu Indosat tersebut habis, maka pengguna tinggal menggantinya dengan yang baru.

Demikianlah artikel tentang cara aktivasi kartu Indosat, Semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts