Cara Check In Apartemen Mudah Tanpa Ribet (2 Metode)

Cara Check In Apartemen
Cara Check In Apartemen

Cara booking hotel mungkin sudah sangat akrab di telinga dengan langkah-langkah reservasi yang sangat mudah. Tapi, gimana dengan cara check in apartemen? Tentu gak semua orang tahu gimana langkah-langkahnya!

Sebagian besar orang ingin merasakan gimana tinggal di sebuah apartemen. Sebab apartemen menyuguhkan hunian yang praktis dan juga berada di tempat-tempat strategis.

Tapi hal yang perlu kamu persiapkan buat tinggal di apartemen adalah lokasi, budget dan juga fasilitas yang kamu butuhkan.

Cara Check-in Apartemen

Cara Check In Apartemen
Cara Check In Apartemen

Jika kamu memang mau booking apartemen per hari biar lebih hemat dan praktis, caranya pun sangat mudah. Booking atau sewa apartemen juga bisa per hari, per bulan atau per tahun. Semuanya tergantung kebutuhan.

Menyewa apartemen harian biasanya dilakukan untuk keperluan proyek bisnis maupun pekerjaan, sehingga memerlukan tempat yang strategis di pusat kota. Bermalam di apartemen yang nyaman tentu saja membuat kamu semakin bersemangat.

Ada 2 cara check in apartmen yang bisa kamu lakukan, baik secara offline maupun online. Berikut ini :

Metode 1 : Check In Apartemen Offline

Bagi kamu yang mau check in apartemen lebih mudah, sebenarnya bisa langsung mendatangi apartemen yang mau kamu sewa. Ini langkah-langkahnya :

1. Langsung Hubungi Pemilik Apartemen

Pastikan bahwa kamu telah melakukan konfirmasi pemesanan apartemen dengan tuan rumah atau manajemen apartemen yang dimaksud melalui email atau telepon yang bisa dihubungi.

Silakan konfirmasi terkait jadwal check in maupun check out sewa apartemen. Tujuanya biar kamu bisa menetapkan berapa biaya yang mesti kamu bayarkan buat sewa apartemen harian.

2. Datang ke Apartemen

Jika sudah konfirmasi pesanan, kamu bisa mendatangi apartemen sesuai dengan waktu check-in yang telah ditentukan.

Kamu juga bisa ke meja resepsionis untuk memberitahukan kepada mereka jika kamu sudah melakukan konfirmasi buat check-in di apartemen.

Sebaliknya, jika tidak ada resepsionis, pastikan kamu sudah punya nomor kontak tuan rumah atau manajemen apartemen untuk komunikasi lebih lanjut.

3. Identifikasi dan Pembayaran

Saat melakukan check-in, kamu akan diminta oleh manajemen apartemen agar menunjukkan kartu identifikasi resmi, seperti paspor atau kartu identitas (KTP).

Selain itu, kamu juga bakal dimintai melakukan pembayaran yang wajib dipenuhi. Kamu bisa lakukan deposit sesuai kebijakan dari apartemen yang akan kamu tinggali.

4. Tanyakan Kebijakan dan Fasilitas

Kamu bisa menanyakan lebih detail lagi terkait kebijakan dan fasilitas apa saja yang didapat. Misalnya, seperti kunci akses, wifi yang dapat diakses sepanjang waktu, peralatan rumah tangga, dan layanan tambahan lainnya.

Pastikan pula buat menanyakan lebih detail terkait kebijakan apartemen. Contoh, seperti tidak merokok, tidak membawa hewan peliharaan atau jika membawa agar dititipkan pada tempat penitipan hewan. Termasuk juga aturan berlaku jika kamu mendatangkan tamu tambahan.

5. Penerimaan Kunci

Langkah cara check in apartemen selanjutnya sesudah jika semua proses administrasi sudah selesai, selanjutnya kamu akan menerima kunci apartemen atau kartu akses elektronik.

Pastikan agar selalu menjaga kunci tersebut dengan baik, karena kamu bertanggung jawab atas keamanan apartemen yang ditinggali selama masa menginap.

Metode 2 : Check-in Apartemen Secara Online

Cara check in apartemen yang kedua yaitu kamu bisa check in dengan cara online. Di sini kamu bisa langsung kunjungi web resmi apartemen yang dituju.

Selain itu, bisa juga mengunjungi situs web khusus buat booking apartemen seperti Travelio.com dan Booking.com.

Berikut ini akan dijelaskan cara buat check-in apartemen memakai situs web Travelio.com yang akan dijelaskan berikut ini :

  • Masuk ke web browser yang kamu pakai di perangkat.
  • Selanjutnya akses menu pencarian yang ada dibagian atas lalu ketik alamat : https://www.travelio.com/
  • Jika belum buat akun Travelio, di halaman depan kamu tinggal buat akunnya lebih dulu dengan cara tekan tombol buat akun di samping kanan atas.
  • Tapi jika kamu sudah punya akunnya, cukup tekan tombol Masuk di sebelah tombol Buat Akun.
  • Masuk ke pencarian apartemen yang ada dihalaman utama.
  • Masuk ke kolom lokasi terlebih dahulu, lalu ketik kota atau daerah yang ingin kamu cari apartemen di lokasi tersebut. Misalnya saja kamu ingin mencari apartemen di kota Surabaya, maka ketik Surabaya pada kolom pencarian tersebut.
  • Selanjutnya, pilih lamanya tinggal di apartemen, misalnya Harian, Bulanan, atau Tahunan. Sebagai contoh, misalnya kamu memilih Bulanan, maka klik tombol Bulanan.
  • Disampingnya pilih tanggal pertama ingin check-in lalu tanggal terakhir ingin check-out. Karena kamu memilih durasi Bulanan, maka tentukan 30 hari kalender dimulai tanggal pertama kamu check-in.
  • Sesudah semuanya diisi, klik tombol “Cari Sekarang”, maka dibagian bawah akan muncul apartemen pilihan kamu.
  • Jumlah apartemen dari pencarian tergantung ketersediaan di kota yang kamu pilih.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman lain yang berhubungan dengan detil apartemen tersebut, jika sudah yakin maka cukup klik tombol “Pemesanan Baru”.
  • Pada tahapan berikutnya, silakan lakukan pandaftaran terlebih dahulu yaitu bisa dengan menggunakan alamat email baru. Lalu login menggunakan akun Google, menggunakan akun Apple, atau login menggunakan Facebook.
  • Ikuti instruksi selanjutnya sampai berhasil melakukan transaksi pemesanan apartemen selama satu bulan penuh.
  • Jika sudah, kamu tinggal pergi ke lokasi apartemen yang dimaksud untuk mulai tinggal disana.

Itulah care check-in apartemen secara online yang dapat kamu lakukan. Selanjutnya, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi apakah ingin check-in secara offline atau online.

Aturan Setelah Check-in

Setelah berhasil check-in ke apartemen, penting sekali untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh tuan rumah atau manajemen apartemen yang akan kamu tinggali.

Ini dia beberapa aturan umum yang wajib kamu perhatikan sesudah check in apartemen :

1. Perawatan Apartemen

Jaga kebersihan dan kerapihan apartemen. Gunakan selalu peralatan rumah tangga dengan bijaksana dan hindari kerusakan yang bisa menyebabkan property apartemen tidak bisa digunakan karena kelalaian.

2. Larangan Merokok

Banyak apartemen melarang merokok di dalam unit. Jika ada kebijakan larangan merokok di apartemen yang kamu tempati sebaiknya taati aturan tersebut.

3. Hewan Peliharaan

Jika kamu penyuka binatang dan mau bawa hewan peliharaan misalnya. Maka pastikan kamu mematuhi apartemen yang berhubungan dengan hewan peliharaan.

Beberapa apartemen mungkin tidak mengizinkan hewan peliharaan untuk diikutkan didalam apartemen. Setidaknya kamu punya batasan tertentu terkait jenis dan ukuran hewan yang diperbolehkan.

4. Tetangga dan Kebisingan

Hormatilah privasi dan kenyamanan tetangga yang sama-sama booking apartemen. Hindarilah membuat kebisingan yang berlebihan, terutama di waktu malam hari.

5. Tamu Tambahan

Periksa ketentuan apartemen apakah ada batasan atau biaya tambahan yang berlaku jika membawa tamu tambahan.

Pastikan pula untuk selalu patuhi kebijakan apartemen terkait jumlah dan durasi tinggal, jika tamu tambahan diperbolehkan menginap di apartemen.

6. Waktu Check-out

Perhatikan waktu check-out yang telah ditentukan sebelumnya. Kamu juga perlu memastikan agar meninggalkan apartemen tepat waktu. Tujuannya yaitu untuk memberikan kesempatan kepada tuan rumah atau tim kebersihan agar melakukan persiapan untuk tamu selanjutnya.

Kamu bisa ikuti langkah-langkah cara check in apartemen jika mau memesan apartemen secara harian, baik via online maupun offline.