Cara Mengatasi Hp Ngeblank

Ketika tampilan layar LCD pada ponsel atau hp mengalami ngeblang secara tiba-tiba, tentu hal ini sangat menjengkelkan. Inilah yang akhirnya membuat pengguna penasaran dengan cara mengatasi hp ngeblank. Biasanya kondisi hp ngeblank, memungkinkan hp tidak dapat dioperasikan. Bahkan ada pula gejala layar hp yang menampilkan gambar namun tidak dapat digerakkan sama sekali.

Kenapa Ponsel Android Mengalami Blank?

Kalian harus tahu bahwa ponsel android yang mengalami ngeblank, biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut :

Read More

1. Sistem Bermasalah

Hp ngeblank umumnya disebabkan oleh masalah pada sistem, seperti kurang stabil. Penyebab layar yang tiba-tiba putih atau hitam pada hp telah dipahami para pengguna android.

2. Mengalami Bootlop

Hp yang mengalami bootlop juga bisa membuatnya ngeblank secara tiba-tiba. Bootlop merupakan suatu kondisi perangkat yang tiba-tiba hidup dan mati sendiri, atau ngeblank. Sehingga bootlop inilah yang membuat layar hp menghitam.

3. Layar Hp Error

Penyebab hp ngeblank selanjutnya adalah dikarenakan kondisi pada layar hp, seperti pada LCD dan masalah pada fleksibel layar. Faktor penyebab tersebut adalah faktor yang paling sering terjadi.

4. Kerusakan Komponen Baterai

Kerusakan yang terjadi pada komponen baterai hp juga bisa mengakibatkan hp ngeblank, karena pada saat inilah tegangan hp menjadi tidak kuat. Sehingga hp menjadi ngeblank dan layar pada hp tidak bisa menampilkan gambar.

Terkait:  Cara Menghapus Virus di Android

5. Sistem Gagal Loading

Saat hp android baru saja dinyalakan, biasanya sistem akan langsung memuat otomatis, inilah kenapa hp mengalami blank keitka pemuatan mengalami kegagalan. Inilah yang membuat perangkat android menampilkan layar putih atau hitam tiba-tiba.

Cara Mengatasi Hp Ngeblank

Cara Mengatasi Hp Ngeblank
Tutorial Mengatasi Hp Ngeblank

Jika sebelumnya, ketika ada masalah pada hp cukup melakukan restart saja. Jika tidak dapat dilakukan, kalian hanya perlu melepas baterai kemudian memasangnya lagi untuk dinyalakan. Akan tetapi, kebanyakan hp saat ini telah memakai baterai tanam. Inilah yang membuat cara mengatasi hp ngeblank saat ini berbeda. Begini tutorialnya :

1. Restart Paksa

Sumber : imobie.com

Melakukan restart secara paksa termasuk salah satu opsi mudah untuk mengatasi perangkat hp yang ngeblang. Ada beberapa langkah untuk force restart pada perangkat hp tanpa harus melepas baterai. Berikut triknya :

  • Silahkan tekan power sampai 10 detik.
  • Bisa juga dengan menekan tombol power dan volume up/down bersamaan.
  • Atau menekan power dan home bersamaan pada perangkat iphone 8 atau di bawahnya.

Pada beberapa hp android, melakukan restart paksa atau force restart dapat dilakukan dengan menekan power sampai 10 detik. Jika sudah dilepas, perangkat akan langsung menyala ulang atau memulai sistem kembali.

Sementara itu, beberapa jenis android lainnya, dapat menekan power dan volume down bersamaan hingga 10 detik. lalu tunggu sampai perangkat menyala.

2. Mode Recovery

Cara mengatasi hp ngeblank selanjutnya adalah kalian bisa mencoba mengakses mode recovery ketika hp mengalami ngeblank. Caranya tinggal tekan power bersamaan dengan volume up atau down bersamaan. lalu, hp secara otomatis akan langsung masuk ke dalam mode recovery.

sumber : meccaoftech.com

Kalian saat ini bisa mengakses mode reset jika ingin mengembalikan setelan atau pengaturan seperti sedia kala. Opsi kedua ini dianggap efektif dalam mengatasi ponsel yang ngeblank agar bisa berfungsi normal.

3. Melepas Eksternal Memori

Kalian juga bisa mengatasi ponsel yang ngeblank dengan melepas MicroSD. Sebenarnya opsi ini termasuk metode yang sederhana. Jika hp ngeblank disebabkan oleh file atau data pada memori eksternal, maka bisa berpengaruh apabila melepas memori eksternal.

Terkait:  Cara Mengganti Background Foto di Hp Tanpa Aplikasi
Sumber : kepoindonesia.id

Kemungkinan bisa dikarenakan oleh kerusakan file yang tersimpan pada memori eksternal, karenanya membuat hp ngeblank. Jadi, kalian hanya perlu melepas memori eksternalnya saja. Jika ingin memakai memori tersebut kembali, kalian bisa menghapus atau memformat semua data yang ada terlebih dahulu. Jika terdapat data penting, kalian tinggal memindahkan data tersebut ke laptop.

4. Flash Hp

Cara mengatasi hp ngeblank selanjutnya yaitu flash hp. Teknik flashing ini merupakan tindakan instal ulang dalam sistem perangkat smartphone. Jika di PC biasanya berupa install WIndows.

sumber : pascokitchen.com

Proses flashing adalah alternatif saat hp ngeblank bahkan tidak dapat dioperasikan sama sekali. Namun sayangnya, jika kalian melakukan flash hp bisa membuat semua data di perangkat menjadi hilang. Jika sudah blank, tentu saja pencadangan tidak dapat dilakukan.

5. Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Ketika hp berhasil menyala, untuk menghindari masalah hp yang ngeblank juga bisa dilakukan dengan cara mengosongkan ruang penyimpanan. Tentu saja, tidak perlu semua data kalian bersihkan. Cukup pastikan saja hp kalian memiliki ruang penyimpanan lebih lega dari sebelumnya.

Sebab salah satu faktor penyebab hp mengalami blank yaitu penyimpanan pada memori hp terlalu penuh. Silahkan hapus aplikasi atau data-data yang tidak terlalu diperlukan, entah itu eksternal memori atau internal memori.

6. Clear Cache

Cara mengatasi hp ngeblank lainnya adalah dengan membersihkan cache. Cache adalah penyimpanan sementara file atau data untuk mempermudah para pengguna mengakses layanan aplikasi tertentu.

Pada Youtube misalnya, perangkat hp akan langsung menyimpan gambar thumbnail maupun data lainnya. Jadi, ketika hendak membuka aplikasi tersebut, maka perangkat tidak  mengunduh data atau file yang telah disimpan berbentuk cache.

Biasanya hp android telah dilengkapi fitur bawaan berupa clear cache. Kalian dapat memakai tambahan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan file sampah atau cache. Jika kalian tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan, bersihkan satu per satu data cache pada tiap aplikasi.

Terkait:  Cara Cek IMEI

7. Membersihkan Socket Layar

Sumber : qoala.app

Untuk mengatasi ngeblank, kalian bisa membersihkan socket pada layar android. Cara ini dapat dilakukan sebelum kalian membawa hp ke jasa service. Berikut tutorial membersihkan socket pada layar hp :

  • Lepas casing pada hp bagian belakang.
  • Cek bagian samping ponsel, dari situ kalian akan menemukan socket layar.
  • Lepas kabel lalu periksa ujung konektor.
  • Apabila ada kotoran, bersihkan memakai penghapus.
  • Jika sudah dibersihkan, pasang lagi seperti semula.

8. Scan Malware

Kalian bisa memproteksi perangkat hp dengan cara memindai semua file di perangkat. Hal tersebut dapat dicoba dengan memakai aplikasi antivirus di App Store atau Play Store. Apabila ditemukan file yang terindikasi malware atau virus, langsung hapus. Sebab dapat mengakibatkan hp ngeblank kembali. Salah satu file berbahaya ketika kalian mendownload file ilegal adalah APK MOD.

Sumber : avg.com

Sebaiknya, jangan mengunduh aplikasi atau file dari sumber tidak dikenal. Sebaiknya pakai aplikasi resmi atau ori di App market.

9. Membawa ke Service Center

Jika semua cara di atas tidak bisa membuat hp kalian bekerja karena masih ngeblank, maka kalian bisa membawanya langsung ke service center hp atau layanan resmi perbaikan hp sesuai merk hp kalian. Selain aman, jika kalian masih memiliki garansi resmi bisa meminimalisir biaya perbaikan hp.

Dengan 9 cara mengatasi hp ngeblank di atas, tentu saja kalian bisa mengupayakan untuk mengatasi hp bermasalah sendiri sebelum mengeluarkan uang untuk membayar jasa service!

Related posts