Cara Mengetahui ID Pelanggan PDAM

Bagi kalian yang ingin membayar tagihan PDAM, biasanya membutuhkan nomor ID Pelanggan atau IDPEL. Maka dari itu, seringkali para pelanggan mencari nomor IDPEL PDAM ketika mereka lupa. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mengetahui ID Pelanggan PDAM yang dapat kalian lakukan.

Nomor ID Pelanggan PDAM terdiri atas beberapa digit nomor atau angka penting wajib disimpan baik. Dengan kata lain, IDPEL PDAM merupakan identitas, terdiri atas alamat, nama, golongan pelanggan dan nomor pelanggan. Pastinya para pelanggan PDAM sudah tahu jika nomor pelanggan ini berfungsi ketika melakukan pembayaran tagihan PDAM per bulannya.

Sekilas ID Pelanggan PDAM

ID Pelanggan PDAM adalah identitas khusus yang diperuntukkan bagi pelanggan pengguna air yang bersumber dari PDAM sebagai ciri bahwa orang tersebut merupakan pengguna yang terdaftar secara resmi.

Selain itu, IDPEL PDAM juga dapat digunakan untuk melakukan pengecekan pembayaran PDAM yang telah kalian lakukan. Namun tidak sedikit pelanggan terutama pelanggan baru PDAM yang lupa nomor ID Pelanggan PDAM.

Terebih sebagian besar pelanggan seringkali lupa mencatat nomor IDPEL atau bahkan kehilangan nomor pelanggan tersebut. Apabila kalian mengalaminya sendiri, ada cara mengetahui ID Pelanggan PDAM lewat meteran dengan sangat praktis.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PDAM

Cara Mengetahui ID Pelanggan PDAM
Tutorial Mengetahui ID Pelanggan PDAM

Tutorial Mengetahui ID Pelanggan PDAM

Mengingat nomor IDPEL PDAM sangat unik, maka digit angka di dalamnya bisa bervariasi untuk setiap daerah, dari yang hanya 7 digit, 8 bahkan ada yang 10 digit. Selain itu, IDPEL PDAM biasanya hanya dalam bentuk angka, bukan berupa kombinasi angka dan huruf.

Ada banyak cara mengetahui ID Pelanggan PDAM yang bisa kalian coba, berikut ini :

1. Mengetahui ID Pelanggan PDAM Dengan Menggunakan Struk Pembayaran

Bagi kalian yang ingin mengetahui ID pelanggan PDAM, sebenarnya sudah tersedia pada struk pembayaran untuk tagihan air setiap bulannya. Cobalah untuk melihat kembali struk yang telah ada, lalu lihatlah di bagian paling atas ada tulisan No Pelanggan atau No Pel yang berarti Nomor pelanggan (ID Pelanggan).

Sebenarnya bukan hanya ID pelanggan saja yang bisa kalian ketahui pada struk pembayaran, namun ada beberapa informasi lainnya yang bermanfaat bagi kalian untuk diketahui. Beberapa diantaranya seperti nama, harga air, alamat, ADM PDAM, golongan, periode, tanggal bayar,  stand meter, denda, pemakaian, maintenance, ttal PDAM, dan lainnya.

Di antara beberapa informasi di atas, tentu saja yang paling penting untuk diketahui selain ID pelanggan adalah harga air, pemakaian, dan total bayar. Keempat informasi tersebut cukup diketahui oleh pengguna air PDAM sebagai dasar komplain jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait ketersediaan air dari PDAM.

2. Mengetahui Pelanggan PDAM Dengan Melihat Pada Meteran Air

Cara mengetahui ID pelanggan PDAM adalah dengan melihat meteran air PDAM. Biasanya meteran ini akan memperlihatkan ID pelanggan secara permanen pada bagian badannya. Karena letaknya berbeda-beda tergantung dari jenis dan merek meteran, maka kalian harus mencari sendiri ID pelanggan pada meteran air tersebut.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu melihat di sekitar lingkaran pada meteran yang berjalan. Maka di sana akan ada deretan angka unik yang mencirikan bahwa angka-angka tersebut merupakan ID pelanggan dari air PDAM yang digunakan.

Pada kasus tertentu, karena nomor ID pelanggan menyatu dengan besi dari meteran air tersebut dan lambat laun terkikir oleh korosi, maka bisa saja ID pelanggan menjadi sulit terbaca baik 1 atau 2 angka. Bahkan lebih parahnya lagi semua angka tidak terbaca. Jika demikian, maka cara ini tidak cocok diterapkan pada meteran air yang sudah berkarat.

3. Mengetahui ID Pelanggan PDAM Dengan Menghubungi Call Center PDAM

PDAM adalah perusahaan pemerintah yang bergerak dalam bidan pelayanan jasa, maka sudah pasti akan ada call center untuk mendengarkan keluhan ataupun ada hal-hal yang ingin di tanyakan seperti ingin mengetahui ID Pelanggan.

Cara mengetahui ID Pelanggan PDAM selanjutnya adaah, bisa dengan menghubungi call center tersebut yang bisa kalian dapatkan baik pada akun resmi atau pada media sosial resmi PDAM. Apabila sudah mendapatkan call centernya, silakan untuk mencoba menelepon dan tanyakan tujuan untuk meminta memberitahukan ID pelanggan.

Mungkin pada awalnya kalian akan diminta untuk verifikasi diri terlebih dahulu, mulai dari nama, alamat, dan identitas lainnya yang dibutuhkan. Fungsi dari verifikasi adalah untuk mempermudah pihak PDAM dalam melacak ID pelanggan yang kalian minta.

4. Mengetahui ID Pelanggan PDAM Dengan Datang Langsung Ke Kantor Cabang Tedekat

Setiap wilayah tentunya akan ada kantor cabang PDAM yang membawahi wilayah tersebut. Oleh karena itu, jika kalian membutuhkan ID pelanggan yang sifatnya urgent. Sedangkan cara-cara sebelumnya cukup sulit dilakukan, maka bisa menggunakan cara ini.

Agar prosesnya berhasil, berikut ada cara mengetahui ID Pelanggan PDAM dengan mendatangi kantor cabang PDAM terdekat, berikut ini :

  • Sebelum berangkat ke kantor cabang PDAM, pastikan untuk membawa kartu Identitas Diri terutama Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Jika diharuskan untuk mengisi form, isilah dengan jelas terutama pada tulisannya agar cepat di proses.
  • Sampaikan maksud kedatangan kalian dengan jelas dan tujuan dari meminta ID pelanggan. Karena dengan memberitahukan alasan yang jelas justru akan membuat petugas bisa lebih cepat tanggap atas permintaan kalian yang membutuhkan ID pelanggan.

Itulah beberapa cara mengetahui ID pelanggan PDAM yang bisa kalian ketahui. Mengingat pentingnya ID pelanggan, tentunya membuat kalian harus mengetahui IDPEL PDAM terutama bagi kalian yang ingin membayar tagihan PDAM. Salah satu manfaat yang paling terasa dari ID pelanggan adalah bisa melakukan pembayaran yang sangat cepat dan bisa dilakukan secara online.

Keuntungan Membayar Tagihan PDAM Secara Online

Sebagai pelanggan setia PDAM, tentunya sudah pernah merasakan rumitnya peraturan yang harus kalian lewati sehingga bisa membayar tagihan PDAM setiap bulannya di kantor cabang PDAM. Kalian harus mengantri, lalu selanjutnya menunggu panggilan petugas untuk membayar tagihan bulanan PDAM tersebut.

Karena cukup melelahkan jika dilakukan pembayaran langsung ke kantor cabang, maka ada alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pembayaran secara online. Ada beberapa keuntungan melakukan pembayaran online yang bisa kalian dapatkan, yaitu :

  • Tidak perlu antri panjang di kantor cabang PDAM.
  • Waktu lebih hemat karena tidak perlu keluar rumah.
  • Bisa menggunakan berbagai Financial Technology (fintech) yang menyediakan pembayaran tagihan bulanan PDAM, seperti cermati, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, dan lain-lain.
  • Bisa menggunakan aplikasi resmi PDAM dengan nama aplikasi : PDAM Info – Tagihan dan Pembayaran.
  • Dapat memakai pembayaran PDAM dengan menggunakan m-Banking.

Jika dilihat dari manfaat membayar PDAM secara online di atas, rasanya tidak alasan lagi jika kalian tidak membayar tagihan PDAM bulanan.

Di bawah ini akan dijelaskan salah satu contoh pembayaran melalui salah satu fintech yaitu Blibli :

  • buka aplikasi Blibli kalian.
  • Lalu pada beranda, bukalah menu pembayaran di mana di dalamnya ada opsi Penyedia air PDAM.
  • Masukan nomor ID Pelanggan yang telah diketahui sebelumnya.
  • Selanjutnya, klik ‘Lihat Tagihan’ untuk melihat tagihan bulanan.
  • Lakukan pembayaran dengan beberapa metode yang tersedia.

Itulah cara mengetahui ID Pelanggan PDAM dengan menggunakan 4 metode mudah ketika ingin membayar tagihan PDAM.

 

Related posts