Cara Mengaktifkan Adzan di HP OPPO

Cara Mengaktifkan Adzan di HP OPPO
Cara Mengaktifkan Adzan di HP OPPO

Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, dan seperti yang kita ketahui sebagai seorang muslim suara adzan adalah panggilan untuk melakukan ibadah sholat. Dan kemajuan dibidang teknologi memudahkan kita untuk mendengarkan azan pada saat sudah waktunya melakukan sholat. Jika kamu pengguna smartphone OPPO kamu perlu mengetahui cara mengaktifkan adzan di HP OPPO.

Kesibukan pekerjaan sehari-hari atau berada ditempat yang jauh dari masjid, membuat aplikasi adzan menjadi sangat dibutuhkan oleh seorang muslim. Dengan adanya aplikasi adzan inilah banyak umat muslim bisa mengetahui waktu sholat secara tepat waktu dan otomatis setiap harinya, sebab suara adzan akan secara otomatis berkumandang jika sudah waktunya sholat.

Ada banyak aplikasi yang menyediakan layanan adzan seperti halnya aplikasi Muslim Pro, Jadwal Sholat, Umma, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bisa digunakan oleh semua merek smartphone tidak hanya untuk smartphone OPPO.

Akan tetapi pada artikel kali ini, akan secara khusus dibahas cara mengaktifkan adzan di HP OPPO. Karena apapun aplikasi adzan yang kamu gunakan di handphone OPPO milikmu, akan tetapi jika suara adzan tersebut tidak berbunyi saat sudah jadwalnya sholat maka hal tersebut akan percuma.

Oleh sebab itu kamu bisa menyimak cara mengaktifkan suara adzan pada smartphone OPPO yang akan dibahas disini.

Penyebab suara adzan diaplikasi menjadi tidak bunyi atau tidak aktif bisa disebabkan oleh berbagai hal. Jika kamu pengguna OPPO dan ingin mengatasi permasalahan suara adzan dihandphone kamu tidak bunyi. Maka kamu bisa mengaktifkan adzan tersebut dengan mengikuti cara-cara yang akan dibahas berikut ini.

Aplikasi-aplikasi Adzan Untuk Android

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ade beberapa aplikasi yang dapat kamu pilih jika kamu sedang mencari aplikasi yang memiliki layanan suara adzan. Dengan adanya aplikasi adzan inilah yang akan memudahkan kita untuk mengetahui jadwal sholat, arah kiblat, dan lain sebagainya sesuai dengan lokasi terkini kamu.

Berikut ini aplikasi-aplikasi yang bisa kamu pilih untuk layanna adzan dengan peforma terbaik, dan pastinya bisa digunakan secara offline. Simak penjelasannya :’

1. Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Aplikasi pertama yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone untuk mendengarkan suara adzan adalah aplikasi Waktu Salat, Imsakiyah, dan Qibla. Aplikasi ini mememiliki fitur utama yaitu alarm adzan ketika waktu sholat telah tiba, ada juga petunjuk arah kiblat yaitu dengan Qiblaa Compass yang bisa kamu gunakan ditempat asing yang kamu belum tahu arah kiblat untuk melaksanakan sholat.

2. Muslim Pro : Prayer Times Quran

Aplikasi berikutnya yang juga tidak kalah populer dan memiliki banyak pengguna adalah aplikais Muslim Pro : Prayer Times Quran. Jika sebelumnya aplikais Muslim Pro ini hanya menyajikan fitur jadwal sholat dan alarm adzan. Kini aplikasi ini sudah memiliki lebih banyak fitur lain.

Aplikasi Muslim Pro ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Kompat kiblat, menampilkan informasi mengenai waktu berpuasa selama bulan Ramadhan, Al-Qur’an dilengkapi dengan audio berbagai bahasa, Tasbih digital, informasi masjid terdekat, dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang bermanfaat untuk umat Islam.

3. Umma

Selanjutnya aplikasi yang sudah dikenal luas untuk layanan adzan yaitu aplikasi Umma. Umma adalah aplikasi adzan untuk smartphone Android yang nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi berserta alarm adzan. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan konten-konten ceramah maupun kajian keagamaan.

Selain itu ada juga fitur lain yang tentunya juga bemanfaat untuk seorang muslim yaitu Al-Qur’an didital, mendengarkan murottal, arah kiblat, hingga do’a harian.

Itulah beberapa aplikasi adzan yang bisa kamu install di HP OPPO milikmu, selain ketiga aplikasi yang telah disebutkan diatas sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan adzan lainnya yang memiliki keunggulannya masing-masing. Kamu tinggal memilih mana yang akan kamu gunakan untuk mengaktifkan adzan di HP OPPO punyamu.

Cara Mengaktifkan Adzan di HP OPPO

Cara Mengaktifkan Adzan di HP OPPO
Cara Mengaktifkan Adzan di HP OPPO

Apabila kamu pengguna smartphone OPPO dan sedang mencari cara mengaktifkan adzan di HP OPPO, maka artikel ini cocok untuk kamu. Kamu bisa menyimak langkah-langkah untuk mengaktifkan alarm adzan di HP OPPO milikmu supaya kamu bisa mengetahui jadwal untuk ibadah sholat tepat waktu dimanapun kamu berada.

Selain itu rata-rata aplikasi adzan sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur kompas arah kiblat, jadi jika kamu berada ditempat asing, kamu tidak perlu khawatir lagi tidak mengetahui arah kiblat saat akan melaksanakan ibadah sholat.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan adzan pada smartphone OPPO, simak penjelasannya !.

  • Langkah pertama adalah buka fitur atau aplikasi Clock yang sudah ada di handphope OPPO terlebih dahulu.
  • Berikutnya kamu bisa memilih menu Alarm, lalu pilihlah tombol Add yang memiliki ikon tanda Plus (+) yang terdapat dibagian kanan bawah tampilan aplikasi.
  • Setelah itu pada halaman New Alarm, kamu bisa memilih nada adzan di bagian System Ringtones yang kamu miliki. Dan jika kamu belum memiliki Ringtones adzan kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu.
  • Jika sudah pilih nada adzan yang telah kamu unduh sebelumnya.
  • Lalu jika kamu sudah selesai memilih nada adzan yang kamu inginkan. Kamu bisa kembali ke halaman new alarm.
  • Kemudian atur waktu kapan adzan akan berbunyi, beri nama alarm adzan tersebut.
  • Apabila kamu sudah selesai mengaturnya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan maka kamu bisa memilih tombol centang atau selesai.
  • Nantinya suara adzan akan berbunyi secara otomatis sesuai dengan waktu yang kamu atur.

Itu dia cara mengaktifkan adzan secara manual di smartphone OPPO. Jika kamu merasa cara tersebut agak ribet, maka kamu bisa langsung mengunduh aplikasi-aplikasi adzan yang telah disarankan sebelumnya karena dengan mengunduh aplikasi adzan kamu hanya perlu mengaktifkan lokasi supaya aplikasi bisa menyesuaikan jadwal sholat dan alarm adzan dengan lokasimu.

Dengan menggunakan aplikasi layanan adzan seperti Muslim Pro kamu bisa mengaktifkan adzan di handpphone OPPO dengan mudah dan anti ribet.

Penyebab Aplikasi Adzan Tidak Berbunyi

Selanjutnya jika kamu sudah mengaktifkan suara adzan di handphone OPPO milikmu, akan tetapi kamu mengalami kendala alarm adzan tidak berbunyi maka mungkin ada beberapa penyebab kenapa adzan tidak berbunyi dari aplikasi yang telah kamu unduh.

Dan berikut ini akan dibahas apa saja penyebab aplikasi adzan tidak berbunyi :

1. Periksa Profil Umum atau Suara

Penyebab pertama bisa jadi karena handphone OPPO kamu memiliki pengaturan mode diam atau getar saja, jadi suara alarm adzan tidak terdengar di handphone kamu. Oleh karena itu periksa terlebih dahulu pengaturan handphone kamu.

2. Aplikasi Telah Terhenti

Berikutnya suara adzan dari aplikasi juga bisa tidak berbunyi apabila aplikasi ditutup paksa oleh sustem sehingga aplikasi terhenti dan tidak berjalan dilatar belakang.

3. Pengaturan Yang Salah

Berikutnya aplikasi adzan memiliki pengaturannya sendiri-sendiri oleh karena itu kamu harus melakukan tes terlebih dahulu apakah suara adzan akan berbunyi tepat waktu atau tidak. Kamu jjuga bisa memeriksa pengaturan aplikasi.

Demikianlah informasi terkait cara mengaktifkan adzan di HP OPPO. Jadi jika kamu pengguna OPPO dan kesulitan mengaktifkan notifikasi adzan kamu bisa mengikuti cara yang telah dibahas pada artikel ini.

Related posts